Ukuran Lapangan Sepak Takraw Sesuai Standar ISTF Disertai Gambar dan Penjelasan Lengkap

Ukuran Lapangan Sepak Takraw Sesuai Standar ISTF Disertai Gambar dan Penjelasan Lengkap


Sepak Takraw merupakan salah satu olahraga yang masih dikategorikan ke dalam cabang olahraga permainan bola kecil. Permainan sepak takraw ini hadir sebagai kombinasi antara sepak bola dengan bola voli yang dimainkan dengan peraturan dimana bola tidak boleh sampai menyentuh tanah. Sementara itu untuk memainkan sepak takraw hanya dibutuhkan tiga orang pemain saja.

Hal yang menarik dari permainan sepak takraw adalah bola yang digunakan berbeda dengan bola pada permainan lainnya karena bola yang terdapat pada sepak takraw hanya terbuat dari anyaman rotan yang disusun dengan sedemikian rupa hingga menyerupai sebuah bola.

Olahraga sepak takraw memiliki peraturan permainan berdasarkan ketentuan dari ISTF selaku induk organisasi sepak takraw dunia pada tingkat internasional.

Sejarah mencatat bahwa olahraga sepak takraw sendiri berasal dari zaman Kesultanan Melayu (634-713) yang dahulu dikenal dengan sebutan Sepak Raga (bahasa melayu) dan masih menggunakan bola yang terbuat dari anyaman rotan.

Nama sepak takraw diambil dari pengabungan bahasa antara bahasa Melayu dan juga bahasa Thailand. Kata sepak berasal dari kosa kata Melayu yang berarti menendang sedangkan takraw berasal dari kosa kata Thailand yang memiliki arti  bola yang dianyam.

Penetapan nama tersebut merupakan hasil dari kesepakatan antara dua negara, dimana negara-negara ini dianggap sebgai penemu permainan sepak takraw yaitu Malaysia dan Thailand. Selanjutnya permainan ini diperkenalkan di negara-negara tetangga termasuk Indonesia pada era tahun 70-an.

Namun anehnya permainan sepak takraw  mempunyai beragam nama yang berbeda-beda di setiap daerah. Misalnya di Indonesia dan Thailand permainan ini disebut takraw.

Lain lagi dengan Laos menyebut permainan ini dengan sebutan maradong sedangkan di Burma, warga disana menyebutnya chinlone. Selanjuntnya di Filipina permainan ini disebut sipa dan yang terakhir di Malaysia disebut sepak raga.

Hal tersebut terjadi karena dipengaruhi oleh latar belakang dari berbagai kultur bahasa dan budaya yang berbeda pada suatu daerah sehingga mengakibatkan penyebutan yang berbeda-beda.

Namun yang jelas meski penyebutan sepak takraw berbeda disetiap daerah, hal tersebut merujuk pada satu hal yang sama yaitu permainan sepak takraw itu sendiri.

Setelah mengetahui sedikit seluk beluk tentang asal usul olahraga sepak takraw. Kini waktunya untuk membahas "Ukuran Lapangan Sepak Bola Takraw Sesuai Standar Nasional (PSTI) dan Internasional (ISTAF)". Lapangan sepak bola takraw pada dasarnya memiliki ukuran yang sama dengan ukuran lapangan ganda olahraga bulu tangkis.

Untuk lebih jelasnya berikut kami akan memberikan ulasan mengenai "Ukuran Lapangan Sepak Bola Takraw" secara lebih rinci lengkap disertai dengan penjelasan bergambar.


Gambar Lapangan Sepak Bola Takraw Beserta Ukurannya:



1. Dimensi Ruang Lapangan Sepak Takraw

Lapangan sepak takraw memiliki bentuk persegi panjang dengan garis tengah yang dibagi menjadi dua bagian sama besar dan masing-masing memiliki bentuk lingkaran sebagai tempat untuk melakukan service. Perhatikan penjelasan mengenai dimensi ukuran tersebut.

  • Panjang lapangan adalah 13,4 meter
  • Lebar lapangan adalah 6,1 meter
  • Diameter untuk servis adalah 0,6 meter
  • Tebal dan Lebar dalam ukuran garis sepak takraw adalah 4 cm
  • Area bebas dari jangkauan penonton adalah 3 meter (standar internasional)
  • Jika lapangan dibuat dalam sebuah ruangan (in door), maka ukuran ketinggian atap minimal adalah 8 meter

2.  Ukuran Net Sepak Takraw

Layaknya seperti olahraga bola yang lainnya, sepak takraw juga membutuhkan sebuah net dan tiang yang posisinya terletak di tengah garis yang membagi bagian lapangan  menjadi 2 sama rata.

Satu hal yang perlu diperhatikan ialah ukuran net dan tiang tidak boleh dibuat secara asal karena dapat menghambat jalannya pertandingan sepak takraw. 

Tinggi Net Untuk Lapangan Sepak Takraw Putra

Berdasarkan ketentuan yang dibuat oleh ISTF, ukuran tinggi net sepak takraw putra adalah 1,55 meter dengan bagian samping berjarak minimal 1,52 meter pada bagian tengah-tengah lapangan.

Tinggi Net Untuk Lapangan Sepak Takraw Putri

Berdasarkan ketentuan yang dibuat oleh ISTF, ukuran tinggi net sepak takraw putri adalah 1,45 meter dengan bagian samping berjarak minimal 1,42 meter pada bagian tengah-tengah lapangan. Ukuran tinggi net sepak takraw putri memang dibuat lebih pendek dibanding ukuran tinggi net sepak takraw putri.

Lebar, Panjang, Jarak Tiang Net Untuk Sepak Takraw

Lebar net dalam olahraga sepak takraw adalah 70 centimeter (cm). Kemudian untuk panjang net sepak takraw adalah 6,1 meter sedangkan untuk jarak antara tiang net dengan garis tepi / samping lapangan adalah 0,3 meter.

Bahan dan Ukuran Mata Jala Net Sepak Takraw

Bahan dasar untuk membuat net sepak takraw adalah murni dari benang nilon yang terkenal dengan ketahanannya serta ringan dan elastis. Sementara itu mata jala net pada sepak takraw memiliki ukuran 6-8 centimeter (cm) dengan bentuk persegi.


3. Bahan dan Ukuran Pada Bola Sepak Takraw

Seperti yang kita tahu, bahwa tampilan bola yang digunakan dalam olahraga sepak takraw tampak berbeda dari permainan bola yang lain.

Bola yang digunakan dalam olahraga sepak takraw harus dibuat dengan bahan dasar serat rotan, kemudian serat rotan tersebut disusun dan dianyam melingkar sebanyak 9 dan 11 lilitan hingga menyerupai sebuah bola takraw.

Beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam pemilihan bola takraw yang sesuai dengan standar nasional maupun internasional.

  • Keliling bola adalah 42-44 centimeter (pria) dan 43-45 centimeter (wanita)
  • Jumlah lubang yang terdapat pada bola adalah 12 lubang
  • Jumlah persimpangan dalam bola adalah 20 persimpangan
  • Berat bola sepak takraw adalah kisaran 170-180 gram (pria) dan 150-160 gram (wanita)
  • Bahan bola sepak takraw adalah serat rotan berlapis 9 atau 11 lilitan yang dianyam agar membentuk sebuah bola

Semua penjelasan yang tertera di atas berdasarkan ketentuan aturan baku atau resmi sesuai dengan standar International Sepaktakraw Federation (ISTAF).


Contoh Lapangan Sepak Takraw



Akhir Kata

Demikian artikel tentang " Ukuran Lapangan Sepak Takraw Sesuai Standar ISTF Disertai Gambar dan Penjelasan Lengkap". Semoga menambah wawasan pembaca sekalian. Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Ukuran Lapangan Sepak Takraw Sesuai Standar ISTF Disertai Gambar dan Penjelasan Lengkap"