Cara Menghapus Akun Prakerja Dengan Mudah dan Permanen

Konten [Tampil]

Cara Menghapus Akun Prakerja Dengan Mudah dan Permanen

Kartu Prakerja? mendengar nama itu tentunya sudah tidak asing bagi kita sebagai masyarakat Indonesia. Kartu Prakerja merupakan suatu bentuk program pemerintah yang bertujuan untuk mendukung pertumbuhan perekonomian Indonesia dengan harapan memberikan dampak kenaikan pada kehidupan ekonomi masyarakat pada khususnya.

Program kartu Prakerja telah dibuka sejak 11 April 2020 lalu dan telah merekrut berjuta-juta masyarakat Indonesia yang telah memenuhi syarat dan ketentuan untuk turut andil bergabung bersama Prakerja.

Ketika dinyatakan lolos dan mendapatkan kartu Prakerja berarti anda akan mendapatkan total dana sekitar Rp 3.550.000, dana ini merupakan gabungan antara uang pelatihan, insentif pelatihan, dan survey pelatihan.

Tak terasa program kartu Prakerja kini telah sampai pada gelombang 11 dan telah terealisasi dengan baik dan lancar, mimin ucapkan selamat bagi peserta yang lolos dan yang belum lolos jangan mudah menyerah karena masih ada pendaftaran pada gelombang selanjutnya.

Tapi kini buat anda yang ingin mendaftar di gelombang selanjutnya yakni gelombang 12 harap sabar dulu dan harus bersedia untuk menunggu untuk sementara waktu. Rumornya, pmerintah akan membuka pendaftaran kembali kartu Prakerja gelombang 12 pada April 2021 nanti.

Meski program pembagian kartu Prakerja dinilai bermanfaat bagi masyarakat Indonesia pada umumnya.

Namun ada juga masyarakat yang memberikan respon kurang baik atau setidaknya memberikan apresiasi terhadap kinerja pemerintah yang baik ini.

Hal ini bisa anda buktikan dengan melihat pencarian di Google Trend, dimana terdapat kata kunci baru yang berkaitan dengan kartu Prakerja yaitu tentang bagaimana cara menghapus akun kartu Prakerja.

Entah maksudnya apa kenapa muncul kata kunci baru seperti itu. Ada banyak asumsi yang dapat menjelaskan fenomena yang satu ini, tetapi asumsi ini hanya bersifat subjektif tidak bisa dijadikan sebuah kesimpulan. Berikut beberapa asumsinya:

1. Putus Asa, Tidak Lolos Kartu Prakerja

Pada beberapa kasus yang mana cukup sering ditemui dikalangan pendaftar kartu Prakerja adalah mereka yang telah mengikuti pendaftaran dari gelombang awal tetapi tidak pernah lolos seleksi Prakerja. Padahal pendaftar ini sangat membutuhkan bantuan dari Prakerja dan telah memenuhi kualifikasi sebagai pendaftar.

Nah para pendaftar dengan kasus seperti ini merasa mereka tidak mempunyai kesempatan lagi karena telah mencoba beberapa kesempatan yang pada akhirnya tidak lolos juga sehingga mereka merasa kecewa dan menginginkan agar akun Prakerjanya dihapus.

2. Merasa Tidak Memiliki Hak Menerima Kartu Prakerja

Berbeda dari kasus diatas, ada kasus lainnya yang lebih unik dan lucu. Pendaftar ini awalnya hanya sekedar iseng-iseng saja mendaftarkan dirinya pada program kartu Prakerja tetapi waktu pengumuman malah dinyatakan lolos.

Dulu ada kasus pengusaha besar mencoba mendaftar Prakerja dan dinyatakan lolos. Merasa tak tepat sasaran, pendaftar dengan kategori ini memutuskan untuk menghapus akun dan ingin mengembalikan dana tersebut ke negara.

3. Takut Data Disalahgunakan Pihak Tertentu

Pada kasus ketiga ini biasanya terjadi pada para pendaftar yang parnoan terhadap penyalahgunaan identitas data diri mereka.

Tipikal pendaftar satu ini bersikeras agar data mereka terjaga dan tidak disebarluaskan meskipun data ini sebenarnya sangat dilindungi oleh tim Prakerja sendiri. Oleh karena itu pendaftar ini tetap bersikeras agar akun bisa dihapus secara permanen.

4. Kesalahan Data Akun

Kasus terakhir, adalah adanya kesalahan memasukkan data identitas diri seperti nama dan alamat pendaftar kartu Prakerja atau bisa juga adanya ketidakcocokkan antara nama akun Prakerja dan nama rekening yang disambungkan. 

Dimana hal-hal tersebut bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan tidak lolos saat seleksi Prakerja. Nah pendaftar dengan tipikal ini ingin menghapus akun Prakerjanya dan ingin mendaftarkannya ulang.

Itulah asumsi-asumsi yang bersifat tidak mutlak kenapa ada orang yang ingin menghapus akun Prakerjanya. Jika ada tambahan asumsi atau alasan lainnya anda bisa menambahkannya dikolom komentar.


Cara Menghapus Akun Prakerja


Meski mimin tidak menyarankan bagi anda yang ingin menghapus akun Prakerjanya. Namun ini merupakan hak anda untuk memutuskannya, apakah ingin tetap bergabung dengan Prakerja atau tidak?

Karena opsi penghapusan akun Prakerja tidak ada dalam dashboard maka untuk melakukan penghapusan akun, anda harus menghubungi tim Prakerja lewat E-mail info@prakerja.go.id lalu utarakan saja secara terus terang terkait alasan mengapa anda ingin menghapus akun Prakerja anda.



Hal ini didasarkan dengan kebijakan privasi yang ada pada laman resmi web Prakerja. Kebijakan yang mengatur ini tertuang pada poin 7 Prakerja yang menjelaskan tentang "Bagaimana anda dapat membuat pengaduan terkait data pribadi anda". Untuk lebih jelasnya anda dapat klik link di bawah ini.

Namun yang perlu anda ketahui adalah ketika anda telah mengirimkan email ke tim Prakerja perihal penghapusan akun Prakerja maka akun anda akan melalui peninjauan terlebih dahulu dan hasil akhirnya tim Prakerja yang berhak menentukan, apakah akun Prakerja anda akan dihapus atau tidak.

Akhir Kata

Demikian artikel tentang "Cara Menghapus Akun Prakerja Dengan Mudah dan Permanen". Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian. Jangan lupa share ya. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menghapus Akun Prakerja Dengan Mudah dan Permanen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel