Cara Menghapus Media Gambar dan Video di Telegram Dengan Mudah

Cara Menghapus Media Gambar dan Video di Telegram Dengan Mudah

Agaknya memang terlihat sepele, unduhan berupa gambar dan video yang biasa kita lakukan lewat ponsel ternyata dapat berdampak kurang baik bagi penyimpanan memori ponsel kita.

Meski pada awalnya file-file yang kita unduh atau simpan tidaklah memiliki ukuran yang besar hanya beberapa kb atau mb saja, namun demikian apabila file gambar dan video ini diunduh setiap harinya tentu saja hal itu menyebabkan ruang penyimpanan ponsel akan semakin berkurang.

Pengunduhan file secara otomatis biasanya sering terjadi pada aplikasi pengirim pesan lintas pesan seperti Telegram atau WhatsApp. Sebenarnya memang bisa untuk menonaktifkan pengunduhan otomatis pada platfom tersebut.

Baca Juga: Cara Menggunakan Bot Anonymous Chat di Telegram, Dapatkan Teman Baru Secara Misterius!

Akan tetapi kebanyakan orang awam tidak mengetahui caranya atau bahkan cenderung acuh dan tidak mempermasalahkan persoalan terkait metode download file yang berjalan secara otomatis.

Karena sifatnya yang otomatis tentu saja user lepas kontrol dan tidak bisa memilah mana file berupa gambar dan video yang harus diunduh di ponselnya.

Misalnya bagi pengguna aplikasi Telegram sendiri, untuk mencukupi kebutuhan informasi harian biasanya para user Telegram akan mengikuti banyak grup dan channel di Telegram.

Jika anda tahu bahwa kegunaan antara grup dan channel di Telegram cukup berbeda, hanya saja banyak orang belum mengetahuinya dan cenderung menyamakannya kedua fitur unggulan Telegram tersebut.

Grup dalam Telegram berfungsi sama dengan grup yang ada pada aplikasi WhatsApp yaitu memungkinkan kita untuk bisa menjalin komunikasi/berdiskusi dengan banyak orang di dalam satu tempat yang sama secara realtime dan mereka yang tergabung dalam satu grup dapat menanggapi diskusi saat itu juga.

Sedangkan channel fungsinya berbeda dengan grup karena channel dalam Telegram dihadirkan untuk menjalin komunikasi dengan banyak orang bahkan tanpa batas. Namun komunikasi tersebut hanya bersifat satu arah artinya hanya pemilik channel yang dapat membuat postingan sedangkan para angggota yang tergabung dalam channel Telegram tidak bisa menanggapi isi postingan itu.

Masalah biasanya baru muncul ketika anda banyak sekali mengikuti grup dan channel Telegram terutama jika grup dan channel tersebut sering membagikan file berupa gambar dan video secara intens. Kemudian tanpa anda sadari munculah notifikasi yang menginformasikan jika memori penyimpanan telepon anda hampir penuh.

Padahal anda merasa jika file gambar dan video yang dibagikan melalui grup dan channel Telegram memiliki ukuran yang tidak seberapa tetapi mengapa sampai menyebabkan ponsel kehabisan memori.

Namun, jangan khawatir karena mimin akan memberikan tutorial cara untuk menghapus file media berupa gambar dan video di Telegram. Simak langkah-langkahnya di bawah ini.


Cara Hapus Media Gambar dan Video di Telegram

Cara delete foto dan video dari cache di Telegram:

1. Silahkan anda buka Aplikasi Telegram di HP

2. Selanjutnya pada halaman chat list, anda pilih menu yang terletak disebelah pojok kiri atas, tepat bersebelahan dengan tulisan Telegram.

3. Kemudian anda pilih menu pengaturan/settings

4. Berikutnya pilih Data dan Penyimpanan (data and storage) > Pemakaian Penyimpanan (storage usage)

5. Pada bagian Pemakaian Penyimpanan, disini anda dapat mengetahui seberapa besar penggunaan ruang penyimpanan yang disebabkan oleh media seperti gambar dan video di Telegram. 

Selain itu anda juga dapat mengatur waktu penyimpanan media yang ada di memori internal dalam jangka waktu tertentu.

Disini anda diberikan pilihan untuk mengatur waktu penyimpanan selama 3 hari, 1 minggu sampai 1 bulan dan setelah itu media berupa gambar dan video akan terhapus secara otomatis dari perangkat HP kalian.

Namun tenang saja karena file media tersimpan pada server cloud, anda dapat melakukan download ulang apabila dibutuhkan.

6. Terakhir, untuk langsung melakukan penghapusan foto, video dan beberapa media lainnya, anda bisa memilih Bersihkan Cache (clear cache).

7. Selamat anda telah berhasil menghapus media gambar dan video Telegram.


Akhir Kata

Demikian artikel tentang " Cara Menghapus Media Gambar dan Video di Telegram Dengan Mudah". Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian. Jangan lupa share dan Terimakasih.

 


Posting Komentar untuk "Cara Menghapus Media Gambar dan Video di Telegram Dengan Mudah"