Cara Membuat Telegram Jadi Penyimpanan Online Pribadi (Cloud Storage)

Cara Membuat Telegram Jadi Penyimpanan Online Smartphone

Kehadiran aplikasi Telegram ikut meramaikan industri aplikasi digital berbasis pesan telekomunikasi online seperti WhatsApp yang mana telah lebih dulu hadir menemani para pengguna Android dan iOS.

Tidak mau kalah dari rivalnya yang menggeluti bidang yang sama. Telegram terus memberikan sebuah gebrakan inovasi teknologi baru demi kemajuan aplikasi sehingga Telegram suatu saat nanti mampu menyaingi popularitas rivalnya dalam hal jumlah pengguna.

Fitur-fitur Telegram antara lain:

  • Menggunakan lebih dari satu nomor
  • Obrolan rahasia
  • Server proxy
  • Bot
  • Share lokasi secara langsung
  • Poll 2.0
  • Mampu berjalan hampir disemua sistem OS

Namun kali ini mimin akan membahas tentang fitur yang canggih lainnya yaitu fitur ruang penyimpanan Telegram. Fitur ini merupakan fitur resmi dari aplikasi Telegram tetapi belum banyak para pengguna yang mengetahui trik ini.

Fitur ini akan membantu bagi mereka yang suka menyimpan banyak file online dengan lebih simpel dan aman. Sebenarnya basic dari penggunaan fitur penyimpanan online hanyalah memanfaatkan sebuah channel pribadi yang ada di Telegram.

Dengan memanfaatkan channel Telegram, anda dapat dengan bebas menitipkan file-file bersejarah anda pada channel Telegram. Khususnya bagi anda yang memiliki hobi mengabadikan segala aktivitas harian dengan berfoto atau video.

Dimana kebiasaan tersebut jika terlalu sering dilakukan pasti lambat laun akan menghabiskan memori baik internal maupun eksternal. Mengingat sekarang rincian size satu file foto yang dihasilkan oleh smartphone modern sudah cukup besar. Kapasitas yang besar biasanya berdampak langsung terhadap kualitas gambar yang dihasilkan smartphone.

Namun sekarang anda tidak perlu khawatir lagi, anda tidak perlu menghentikan hobi foto anda atau membeli ponsel baru berspesifikasi tinggi yang hanya menghabiskan banyak biaya. Disini anda hanya perlu menggunakan aplikasi Telegram untuk memecahkan permasalahan memori ponsel penuh akibat banyak menyimpan file pada smartphone.

Bukan kah ini bisa menjadi alternatif bagi anda yang kebetulan hanya memiliki kapasitas ruang penyimpanan ponsel yang tidak begitu besar. Namun disisi lain anda tetap ingin mengoleksi foto, video dan dokumen lain yang anda anggap sebagai momentum bersejarah dalam hidup anda.

Jika memang benar demikian, jangan sia-siakan fitur ruang penyimpanan online yang diberikan oleh Telegram secara gratis kepada semua pengguna aplikasi Telegram.

Ketika anda telah mengunggah file-file pada channel pribadi anda maka anda dapat melakukan penghapusan file asli pada penyimpanan internal dan eksternal smartphone anda.

Sebaliknya jika sewaktu-waktu anda memerlukan file asli yang telah terhapus sebelumnya maka anda dapat langsung mencarinya pada penyimpanan Telegram dengan mudah.

Untuk mengeksekusi cara menjadikan Telegram sebagai penyimpanan online pribadi, dibutuhkan channel Telegram private. Jika anda belum mempunyai channel Telegram, tentu anda harus membuatnya terlebih dahulu.

 

Cara Simpan File di Channel Telegram Private

Saya anggap anda telah membuat channel Telegram karena ini adalah modal utama anda agar dapat menyimpan file secara online di Telegram. 

Sebelumnya anda harus membuat channel ini bersifat private alias pribadi dengan tujuan agar hanya anda yang bisa mengakses channel tersebut dan melihat semua isi file yang telah anda simpan pada channel itu sebelumnya.

  1. Buka channel Telegram anda
  2. Selanjutnya klik tanda file (kawat tak beraturan) pada ruang chat
  3. Kemudian pilih file yang ingin di unggah
  4. Klik Send (kirim) file untuk memproses pengunggahan file di Telegram
  5. Setelah itu, kini hapus file asli yang berada pada memori internal atau eksternal smartphone anda
  6. Berikan nama pada setiap file yang diunggah agar mempermudah pencarian file di channel Telegram
  7. Lalu klik lama kumpulan foto yang diupload secara bersamaan
  8. Setelah itu beri caption (catatan) pada foto yang dikirm di Telegram tersebut
  9. Selamat kini anda telah menyelesaikan tutorial mengubah Telegram jadi ruang cloud/penyimpanan secara gratis


Itulah cara-cara yang bisa anda lakukan dalam rangka menghemat memori penyimpanan pada smartphone anda. Selagi masih bisa mari kita manfaatkan bersama-sama fitur ini sebagai fitur pencadangan alternatif penyimpanan online smartphone.
Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian. Jangan lupa share dan terimakasih.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Telegram Jadi Penyimpanan Online Pribadi (Cloud Storage)"