8 Cara Menghemat Kertas Dalam Kehidupan Sehari-hari

8 Cara Menghemat Kertas Dalam Kehidupan Sehari-hari

Seperti yang kita tahu, keberadaan sebuah kertas sangat dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari manusia. Kertas digunakan untuk menujang sekaligus mempermudah pekerjaan-pekerjaan seseorang misalnya sebagai media utama untuk menulis, mencetak serta melukis dan masih banyak kegiatan lain yang membutuhkan kertas sebagai alatnya seperti pembersih, hidangan dan perlengkapan toilet.

Bagi pelajar kertas berfungsi sebagai sarana untuk menulis dan menggambar sesuatu hal yang berkaitan dengan pelajaran secara langsung. Biasanya para pelajar menggunakan kertas untuk mencatat semua poin-poin dan penjelasan yang telah disampaikan oleh guru mereka dengan tujuan agar tidak mudah lupa.

Kertas sendiri sebenarnya adalah sebuah lembaran kering dari serat tanaman dan sebagian besar bubur kertas berbahan baku dari serat pohon, terutama pohon yang dikenal memiliki pertumbuhan yang cepat dan tumbuhan runjung hijau.

Selain itu kertas dapat juga dibuat dari serat kapas, bambu, goni, rami, dan berbagai bahan tanaman lainnya.

Alasan Mengapa Kita Harus Menghemat Kertas


Pertanyaan ini memang kerap muncul pada buku-buku pelajaran sekolah yang pernah kita pelajari. Namun terkadang meski pertanyaan ini terlihat sederhana, nyatanya banyak juga dari para siswa yang tidak tahu mengapa mereka harus menghemat kertas.

Dalam ajang untuk menyadarkan dan mengajak siswa secara suka rela agar mereka mau menghemat kertas walau hanya satu sobekan kecil sekalipun. Ada baiknya anda sebagai pengajar mengetahui konsep dasar tentang asal usul pembuatan kertas seperti yang telah saya singgung di atas.

Kemudian ceritakan sedikit tentang asal usul pembuatan kertas secara berkesinambungan dan dampak apa saja yang ditimbulkan apabila para siswa ini semena-mena serta cenderung boros dalam menggunakan sebuah kertas. Ajak mereka berpikir kritis.

Sebagai seorang pengajar, anda dapat memulai cerita pada siswa dengan penjelasan bahwa kertas yang kita pakai itu terbuat dari bahan-bahan yang memanfaatkan tumbuhan hidup seperti pohon, bambu, kapas dan bahan lainnya, dimana tumbuhan dan pepohonan ini juga berfungsi menjadi tempat tinggal sekaligus makan bagi satwa-satwa liar agar mereka bisa melakukan survive di alam bebas.

Lantas jika kebutuhan kertas ini secara ugal-ugalan dan tidak dapat dikontrol maka yang terjadi ialah munculnya penebangan pohon-pohon baru yang akan semakin banyak, mengingat permintaan pasar terhadap  kertas yang semakin tinggi akan membuat pihak produsen kertas juga ikut menyesuaikan produksi berdasarkan permintaan pasar terhadap kertas tersebut.

Penebangan yang dilakukan secara masif tentu saja secara tidak langsung akan berdampak pada masalah lingkungan seperti pemanasan global dan sebagainya. Ketidakstabilan antara pohon yang tumbuh dengan pohon yang dimanfaatkan sebagai bahan baku utama kertas akan berdampak pada penurunan kemampuan hutan sebagai pemasok oksigen, penahan air dan beberapa masalah lain yang akan timbul dimasa mendatang.

Cara Menghemat Kertas Secara Efektif


Mungkin langkah-langkah terkait cara menghemat kertas secara efektif ini menjadi cara sederhana yang begitu mudah untuk dilakukan, akan tetapi hal tersebut memiliki andil yang berperan penting pada kelangsungan hidup ekosistem alam. Berikut langkah-langkah kecil yang dapat anda mulai untuk menghemat kertas.

1. Tidak Mudah Membuang Kertas

Sebelum membuang sebuah kertas, ada baiknya pastikan terlebih dahulu apakah memang kertas tersebut sudah tidak dapat digunakan lagi. Jika masih bisa digunakan maka tidak ada salahnya untuk memanfaatkan kembali kertas tersebut untuk keperluan lain.

2. Maksimalkan Penggunaan Kertas

Ketika menulis dalam sebuah kertas, anda dapat melakukan penghematan kertas dengan cara mengisi bilah sisi kertas yang kosong dan masih layak untuk membuat catatan.

3. Mendaur Ulang Kertas

Mengumpulkan sisa-sisa kertas yang sudah tidak terpakai untuk dilakukan pendauran ulang menjadi kertas yang baru merupakan salah satu cara yang efektif sekaligus efisien sebagai cara menghemat kertas.

4. Manfaatkan Bekas Kertas Koran, Kalender dan Majalah

Jika anda tahu, bekas kertas koran, kalender dan majalah dapat dimanfaatkan sebagai pembungkus barang-barang tertentu.

5. Menimbang Prioritas dengan Kebutuhan

Sebelum anda mencetak sebuah dokumen, ada baiknya anda menimbang dari segi prioritas dan kebutuhan. Jika dokumen perlu dicetak, pastikan selalu gunakan ke dua sisi kertas.

6. Manfaatkan Kertas Bekas Pakai

Sering kali kita temui kertas bekas pakai yang tergeletak begitu saja, anda dapat memanfaatkan kertas tersebut menjadi sebuah aneka karya kerajinan atau yang semacamnya.

7. Menghemat Penggunaan Tisu Makan dan Toilet

Anda dapat mulai menggunakan tisu pembersih seperlunya saja dan jangan berlebihan dalam menggunakannya.

8. Mengubah Bentuk Undangan dan Tagihan Kertas Menjadi File Digital

Jika anda tahu, sekarang ini sudah marak mengirimkan undangan atau tagihan dalam bungkus file video atau pdf, dimana cara ini tidak membutuhkan media kertas sama sekali sehingga anda dapat turut serta berpartisipasi dalam menghemat kertas.

Demikian artikel mengenai “8 Cara Mudah Menghemat Kertas Dalam Kehidupan Sehari-hari”. Semoga kita semua dapat dengan konsisten melakukan langkah-langkah kecil di atas sebagai upaya untuk menghemat kertas dan juga menyelamatkan lingkungan sekitar. Share jika bermanfaat. Terimakasih.

Posting Komentar untuk "8 Cara Menghemat Kertas Dalam Kehidupan Sehari-hari"