Instal Aplikasi Digital Korlantas POLRI Bikin SIM Online Jadi Lebih Mudah dan Menyenangkan

Instal Aplikasi Digital Korlantas POLRI Bikin SIM Online Jadi Lebih Mudah dan Menyenangkan



POLRI baru saja merilis aplikasi multifungsi yaitu Digital Korlantas POLRI dengan tujuan agar semakin memudahkan masyarakat dalam perihal pengurusan SIM baik membuat SIM baru atau sekedar memperpanjang masa aktif dari SIM yang dimiliki.

Selain itu pelayanan dari aplikasi Digital Korlantas POLRI ini berlaku secara nasional dan bukan regional atau untuk wilayah-wilayah tertentu. 

Jika dulu Anda dalam mengurus SIM harus datang ke Polres atau satpas, kini seiring dengan munculnya aplikasi Digital Korlantas POLRI, Anda tidak perlu datang lagi ke Polres dan antri mengurus SIM disana karena sekarang Anda cukup mendaftar dirumah saja melalui smartphone yang Anda miliki.

Namun sebagai catatan bagi Anda yang ingin membuat SIM baru melalui aplikasi Digital Korlantas POLRI, Anda tidak bisa sepenuhnya mengurusnya secara online. Hal ini disebabkan karena Anda harus menjalani ujian praktek yang dijadikan sebagai salah satu tolak ukur lolos tidaknya Anda sehingga mau tidak mau, Anda harus datang ke Polres atau satpas terdekat di kota Anda.

Namun jika Anda hanya sekedar ingin memperpanjang SIM saja maka Anda bisa melakukan sepenuhnya secara online hanya melalui aplikasi Digital Korlantas POLRI. Bagi Anda yang penasaran dengan aplikasi tersebut, ada baiknya simak artikel ini hingga selesai karena kami akan mencoba mengupas tuntas mengenai aplikasi Digital Korlantas POLRI ini.


Cara Download Aplikasi Digital Korlantas POLRI

Aplikasi Digital Korlantas POLRI memang baru dirilis pada beberapa hari yang lalu sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui tentang keberadaan aplikasi ini. Bahkan mereka tidak tahu bagaimana cara download aplikasi serba guna yang diluncurkan oleh POLRI ini.

Perlu Anda tahu jika aplikasi Digital Korlantas POLRI telah resmi hadir di Play Store pada platform Android. Apabila Anda ingin mendownloadnya maka silahkan masuk ke aplikasi Play Store lalu ketikkan di pencarian “Digital Korlantas POLRI” maka aplikasi yang sedang Anda cari itu akan muncul.

Namun sayangnya untuk perangkat iOS Apple, aplikasi tersebut belum bisa dihadirkan untuk sementara waktu. Tapi yang jelas untuk ke depannya aplikasi Digital Korlantas POLRI juga akan segera disediakan untuk platform iOS.


Fitur Aplikasi Digital Korlantas POLRI

Aplikasi Digital Korlantas POLRI mempunyai segudang fitur bermanfaat yang berguna untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus SIM via online. Salah satu fitur unggulannya adalah fitur Sinar SIM Nasional Presisi.

Saat ini Digital Korlantas POLRI baru ada fitur untuk memperpanjang SIM saja baik itu kategori golongan SIM A atau SIM C. Namun untuk ke depannya aplikasi ini juga akan mendukung fitur pembuatan SIM baru sehingga memudahkan bagi siapa saja masyarakat yang ingin mengurus perihal SIM ini.

Tidak hanya itu, kabarnya Digital Korlantas POLRI juga akan mendukung fitur-fitur menarik lainnya seperti pembayaran PKB, pengurusan STNK, BPKB, dan lain sebagainya.

Tentu saja adanya fitur-fitur yang akan hadir dalam aplikasi Digital Korlantas POLRI akan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat Indonesia pada umumnya.


Cara Menggunakan Digital Korlantas POLRI

Mengenai cara menggunakan aplikasi Digital Korlantas POLRI untuk memperpanjang SIM sangatlah mudah untuk dioperasikan. Simak baik-baik tutorial yang kami rangkum seperti di bawah ini.

1. Buka Digital Korlantas POLRI yang sudah Anda download dari Play Store.

2. Berikutnya Anda akan diminta untuk memasukkan nomor telepon dan email yang berfungsi untuk verifikasi akun.

3. Silahkan masukkan data berupa NIK sesuai dengan yang tertera pada KTP Anda. Lalu Anda bisa melakukan verifikasi wajah.

4. Klik icon SIM (Sinar), kemudian pilih menu dengan keterangan Perpanjangan SIM.

5. Pilih golongan SIM yang hendak diperpanjang, lalu masukkan juga nomor SIM milik Anda.

6. Setelah itu, lengkapi data-data yang diminta oleh Digital Korlantas POLRI seperti halnya foto SIM, Foto KTP, foto diri Anda, dan juga tanda tangan digital.

7. Selanjutnya Anda bisa melakukan pemeriksaan kesehatan dan psikologi secara online hanya melalui aplikasi. Klik e-Rikkes untuk cek kesehatan dan klik e-PPSI untuk cek psikologi.

8. Masukkan wilayah POLDA dan pilih juga lokasi Satpas, lalu Anda bisa mengisi rekening pengembalian dana.

9. Berikutnya silahkan pilih metode pengiriman yang sesuai keinginan Anda. Ada 2 cara pengambilan SIM yaitu via jasa kirim atau diwakilkan pada orang lain yang diberi kuasa.

10. Silahkan lakukan pembayaran PNBP melalui virtual account yang telah tersedia, lalu Anda tinggal menunggu sampai proses pembuatan SIM selesai dan bisa Anda terima.

11. Terakhir, jika SIM telah jadi dan Anda telah menerimanya maka Anda harus melakukan konfirmasi di Digital Korlantas POLRI.

Kira-kira seperti itulah prosedur mengenai cara menggunakan aplikasi Digital Korlantas POLRI dengan mudah. Harapannya ke depan aplikasi Digital Korlantas POLRI terus berbenah dan memberikan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat Indonesia.

Semoga Digital Korlantas POLRI  mampu menjawab kendala yang mungkin dialami masyarakat dalam hal kepengurusan SIM.

Posting Komentar untuk "Instal Aplikasi Digital Korlantas POLRI Bikin SIM Online Jadi Lebih Mudah dan Menyenangkan"