Cara Daftar Shopee Food Untuk Merchant dan Driver Lengkap

Konten [Tampil]

Cara Daftar Shopee Food Untuk Merchant dan Driver Lengkap


Shopee Food sebagai pendatang baru dalam bidang pesan antar makanan online cukup menyita perhatian masyarakat Indonesia belakangan ini. Pasalnya Shopee Food digadang-gadang bisa menjadi saingan berat dari GoFood dan GrabFood di masa yang akan datang.

Potensi nama Shopee Food akan menjadi saingan utama platform GoFood dan GrabFood mungkin saja akan terjadi di depan mata, mengingat Shopee Food sendiri merupakan layanan yang dihadirkan oleh market place terkemuka di Indonesia yaitu Shopee.

Mungkin saat ini Shopee Food belum terlihat bisa bersanding atau menyaingi 2 perusahaan besar di Indonesia tersebut karena memang layanan Shopee Food ini masih tergolong baru.

Kendati demikian, layanan Shopee Food telah berhasil memancing antusiasme masyarakat untuk berbondong-bondong mendaftarkan diri di layanan Shopee Food baik sebagai merchant atau driver.

Hal ini terbukti dari banyaknya pencarian di Google dengan kata kunci umum “Bagaimana Cara Daftar Shopee Food”. Bahkan pencarian tersebut hingga saat ini masih berada diposisi puncak di Google Trend.

Dengan demikian, secara dini kita bisa menyimpulkan jika saat ini banyak masyarakat yang ingin mendaftar menjadi mitra layanan Shopee Food.

Anda sendiri yang membaca tulisan ini mungkin saja juga memiliki tujuan yang sama yaitu ingin turut serta bergabung bersama Shopee Food. Apalagi saat ini musim pandemi yang bikin sebagian orang kehilangan pekerjaannya dan mencari pekerjaan kesana-kemari juga susah.

Oleh karena itu dengan hadirnya Shopee Food di publik, diharapkan turut membantu pemerintah dalam membuka peluang kerja atau lapangan kerja bagi mereka yang membutuhkan.

Perlu Anda tahu, Shopee Food saat ini membuka dua jalur partner/kemitraan yaitu sebagai merchant dan driver, silahkan pilih salah satu atau keduanya sesuaikan dengan kenyamanan dan kemantapan hati Anda masing-masing.

Melalui artikel ini, kami ingin memberikan informasi terkait prosedur cara daftar Shopee Food baik sebagai merchant atau driver. Kami sebisa mungkin akan mengupas tuntas topik kali ini dengan serinci mungkin agar Anda bisa dengan lebih mudah memahaminya.


Cara Daftar Shopee Food Merchant untuk Resto

Prosedur pendaftaran program Shopee Food Merchant/Seller sangat gampang dan cepat, tetapi sebelumnya Anda perlu menyiapkan beberapa dokumen sebagai syarat untuk mendaftar Shopee Food Merchant. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Pertama Anda harus mengisi formulir pada [Google Dokumen] dengan lengkap dan sesuai data yang diperlukan.

2. Berikutnya, tim Shopee akan segera memproses permintaan formulir yang telah Anda kirimkan tadi.

3. Kemudian silahkan menyiapkan dokumen usaha yang sedang Anda jalankan, seperti gambar di bawah:

4. Selanjutnya tim Shopee akan mengirimkan surat perjanjian kerja sama ke email merchant yang Anda gunakan sebelumnya pada formulir tadi.

5. Jangan lupa lengkapi kembali dokumen yang diminta oleh pihak Shopee Food. Lalu Anda dapat mengirimkan kembali dokumen tersebut dalam bentuk file ke email Shopee Food atau dalam bentuk hardcopy untuk dikirimkan ke kantor Shopee.

6. Setelah dokumen yang dikirimkan telah diterima dan disetujui oleh pihak Shopee maka sekarang Anda bisa mulai untuk berjualan di Shopee Food .

Itulah langkah-langkah mudah untuk mendaftar di Shopee Food untuk merchant. Semoga Anda bisa dengan mudah memahami step-stepnya. Selanjutnya pembahasan kita akan langsung mengarah ke cara mendaftar Shopee Food untuk driver.

Mengingat profesi driver di Indonesia masih cukup banyak peminatnya sehingga membuat kami sekalian saja memberikan informasi berupa tutorial cara menjadi mitra driver Shopee Food lengkap dengan syarat, ketentuan dan bagaimana cara pendaftarannya.


Syarat dan Ketentuan Mendaftar Shopee Food Driver/Pengemudi

Apabila Anda ingin menjadi mitra driver/delivery pada layanan Shopee Food, maka Anda wajib memenuhi segala persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pihak Shopee.

Berikut ini merupakan syarat dan ketentuan yang harus Anda penuhi untuk mendaftar sebagai driver atau pengemudi Shopee Food:

  • Anda wajib berkewarganegaraan Indonesia (WNI) dalam status kependudukan.
  • Anda harus dalam kondisi sehat dan tidak sakit baik secara jasmani maupun rohani.
  • Anda harus bisa membaca dan menulis alias tidak buta huruf.
  • Anda harus memiliki smartphone Android dengan spesifikasi minimal RAM 2 GB.


Dokumen Yang Perlu Anda Siapkan Untuk Daftar Shopee Food Driver

Jika sebelumnya Anda telah memenuhi persyaratan utama sesuai seperti yang telah kami sebutkan, maka kini Anda perlu melengkapi dokumen tambahan untuk menjadi mitra driver Shopee Food.

Berikut ini merupakan dokumen yang harus Anda persiapkan untuk daftar Shopee Food Driver:

1. KTP

2. SIM C

3. STNK dan Pajak Kendaraan

4. SKCK (Boleh Menyusul)

5. Buku rekening tabungan BNI/BRI/BCA/Mandiri dengan nama Anda sendiri (Boleh Menyusul)


Cara Daftar Shopee Food Driver

Bagi Anda yang ingin melakukan pendaftaran secara offline, Anda bisa langsung pergi datang ke kantor Shopee Food dengan alamat berikut:

Jakarta Pusat : Jln. Johar No. 20 RT 05 RW 03 Kebon Sirih, Menteng

Jakarta Barat : Jln. Tomang Raya No. 47 Jatipulo, Palmerah

Jakarta Utara : Jln. Danau Sunter Utara RT 10 RW 14, Sunter Agung, tanjung Priok

Jakarta Selatan : Jln. Cilandak Raya Kko No. 101 Ragunan, Pasar Minggu

Jakarta Timur : Jln. Tebet Timur Raya No. 9 RT 01 RW 07 Tebet Timur, Kecamatan Tebet

Namun berdasarkan informasi terbaru yang kami dapatkan perihal Shopee Food, saat ini Anda harus melakukan pendaftaran via online terlebih dahulu untuk menjadi driver Shopee Food.

Anda bisa langsung mendaftar online Shopee Food dengan cara mengisi Google Form di bawah ini: 

[Formulir Pendaftaran Online Shopee Food Driver]

Agar lebih jelas berikut ini tutorial cara daftar Shopee Food Driver mulai dari awal hingga akhir.

1. Kunjungi link Google dokumen pendaftaran Shopee Food Driver yang linknya ada di atas. Lalu nanti Anda akan menampilkan halaman seperti di bawah ini.

2. Berikutnya silahkan isi alamat email Anda, nama lengkap sesuai KTP dan jenis kelamin.

3. Geser ke bawah, lalu isi tempat dan tanggal lahir Anda menggunakan format Lokasi tanggal/bulan/tahun, misalnya Bogor 09/05/1996.

4. Selanjutnya isikan juga nomor ponsel, tahun kendaraan dibawahnya dengan minimal tahun pembuatan 2012.

5. Silahkan geser ke bawah lagi, lalu pilihlah salah satu domisili antara Jakarta Pusat, Selatan, Utara, Timur dan Barat. Lalu cek status Anda terdaftar pada platform ojek lainnya atau tidak. Anda hanya perlu menekan Ya atau Tidak. Jika memang terdaftar silahkan pilih Ya dan pilih Gojek, Grab atau yang lainnya.

6. Berikutnya tekan Ya untuk menyatakan jika Anda memiliki KTP asli. Lalu klik Ya untuk mengonfirmasi kepemilikan SIM Anda.

7. Silahkan tekan YA untuk pernyataan Anda memiliki STNK asli dan juga SKCK.

8. Silahkan pilih salah satu rekening bank yang Anda miliki dan gunakan saat ini semisal BNI, BRI atau BCA.

9. Tekan Ya untuk mengonfirmasi kepemilikan ponsel Android dengan spesifikasi minimal RAM 2 GB serta pengguna menyatakan bisa membaca dan menulis.

10. Setelah itu, tekan YA jika Anda bersedia ditempatkan pada wilayah operasional Jakarta.

11. Berikan email agen Shopee dan isi referensi dengan nama teman Anda jika ada.

12. Tahap terakhir, silahkan masukkan nomor ponsel teman Anda. Setelah itu tekan Kirim, jika memang semua data formulir telah diisikan.

13. Selanjutnya Team Shopee akan melakukan verifikasi dan akan memberitahukan hasilnya melalui SMS terkait diterima atau tidaknya Anda.

14. Jika diterima, maka Anda wajib pergi  ke kantor operasional Shopee Food dengan membawa semua dokumen asli dan setelahnya mengikuti training.


Atribut Shopee Food Driver

Jika Anda dinyatakan berhasil menjadi kurir Shopee Food Driver maka Anda juga harus membeli segala atribut resmi sebelum beroperasi.

Atribut resmi Shopee Food harus Anda pakai ketika mengirimkan orderan ke pelanggan. Hal ini juga telah sesuai dengan kode etik perusahaan yang wajib dipatuhi oleh mitranya.

Anda dapat membeli atribut Shopee Food Driver dengan harga yang cukup terjangkau, itupun Anda sudah mendapatkan beberapa item antara lain jaket, helm, tas makanan, masker dengan harga Rp. 100.000 saja.

Namun pembelian atribut baru bisa Anda lakukan setelah Anda mendapatkan SMS undangan dari pihak Shopee Food


FAQ

Dimana area operasional Shopee Food?

Untuk sementara layanan Shopee Food hanya dapat beroperasi di wilayah Jakarta.

Daftar Shopee Food bayar atau tidak?

Pendaftaran Shopee Food secara resmi tidak dipungut biaya apapun alias gratis. Anda hanya akan dikenakan biaya pembelian atribut resmi khusus driver . 

Bisa tidak daftar Shopee Food tanpa SKCK atau SKCK dalam keadaan mati?

Kemungkinan besar tidak akan bisa mengingat melampirkan SKCK merupakan syarat dokumen yang harus dilengkapi oleh mitra Shopee Food , Anda tetap harus mengurus kembali SKCK yang telah mati secara manual di Polsek atau Polres setempat.

Prediksi area operasional Shopee Food tambahan yang akan segera hadir?

Meski ini hanyalah sebuah prediksi semata, namun tidak menutup kemungkinan jika layanan Shopee Food sukses dalam karirnya tentu saja pihak Shopee Food akan membuka cabang pada kota-kota besar berikut.

  • Bogor
  • Depok
  • Tangerang
  • Tangsel
  • Bekasi
  • Bandung
  • Cikarang
  • Sukabumi
  • Lampung
  • Semarang
  • Purwokerto
  • Yogyakarta
  • Solo
  • Surabaya
  • Malang
  • Palembang
  • Medan
  • Pekanbaru
  • Denpasar

Akhir Kata

Itulah beberapa informasi yang dapat kami rangkum dan sampaikan kepada Anda semua terkait "Cara Daftar Shopee Food Untuk Merchant dan Driver Lengkap". Semoga informasi yang kami sampaikan melalui artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda semua.

Semoga keinginan Anda untuk bergabung bersama layanan Shopee Food baik selaku merchant atau driver dapat segera terwujud. Jangan lupa share artikel ini pada yang lain. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Daftar Shopee Food Untuk Merchant dan Driver Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel