Cara Ganti Nomor LinkAja dengan Mudah dan Cepat

Konten [Tampil]

Cara Ganti Nomor LinkAja dengan Mudah dan Cepat


Anda mungkin sudah tahu sejak lama jika LinkAja merupakan salah satu platform layanan dompet digital yang cukup populer di Indonesia setelah OVO, Dana, dan Gopay.

Tak heran bila aplikasi dompet digital LinkAja banyak digunakan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan jumlah unduhan sebanyak 10 juta download di Google Play Store Android serta mendapatkan rating sebanyak 4.4 bintang.

Dengan demikian para user atau pengguna aplikasi LinkAja telah cukup puas dengan pelayanan yang diberikan oleh pihak LinkAja.

Selain itu dalam pengelolaannya, LinkAja secara langsung dikelola dan diawasi dengan ketat oleh HIMBARA yaitu sebuah himpunan bank milik negara, dimana untuk urusan kemanan serta kenyamanan pengguna menjadi prioritas yang paling diutamakan.

Melalui LinkAja Anda dapat melakukan berbagai kegiatan transaksi online dengan lebih mudah seperti membeli token listrik, tiket, voucher, pulsa atau transaksi yang lainnya.

Tidak hanya itu saat ini dalam aplikasi LinkAja turut dihadirkan fitur KAI Access yaitu sebuah fitur yang berguna bagi pengguna yang hendak memesan tiket dengan pembayaran LinkAja.

Saking praktisnya dalam bertransaksi, Anda hanya perlu memasukkan PIN akun LinkAja maka proses pembayaran akan segera terselesaikan serta terkonfirmasi.


Disamping itu proses pendaftaran akun LinkAja termasuk dalam kategori yang mudah untuk dilakukan karena Anda hanya perlu menyiapkan nomor telepon baru untuk pembuatan akun LinkAja.

Meski LinkAja adalah aplikasi besutan dari Telkomsel yang sebelumnya bernama T-Cash akan tetapi sebenarnya dalam pembuatan akun Anda dapat dengan bebas menggunakan semua nomor telepon dari provider lain dan tidak harus Telkomsel.

Namun sayangnya banyak juga dari pengguna yang telah terdaftar memutuskan untuk mengganti nomor telepon mereka dengan alasan yang bermacam-macam seperti pergantian identitas diri hingga nomor yang digunakan sudah tidak aktif/hilang sehingga tidak bisa menerima kode OTP untuk verifikasi pemilik akun.

Jika Anda secara kebetulan mengalami hal yang sama dan ingin mengganti nomor telepon LinkAja maka Anda dapat mengikuti tutorial yang akan kami berikan di bawah ini.


Cara Ganti Nomor Telepon di LinkAja

Bagi Anda pengguna baru LinkAja mungkin akan sedikit kebingungan tentang bagaimana cara mengganti nomor telepon yang telah terdaftar di LinkAja. Mengingat dalam aplikasi LinkAja ini tidak disediakan opsi ganti nomor telepon pada pengaturannya.

Fitur layanan ganti nomor telepon LinkAja mungkin saja akan dihadirkan nantinya guna menunjang kenyamanan dan keamanan penggunanya. Namun untuk saat ini layanan tersebut belum ada pada aplikasi LinkAja.

Akan tetapi sebenarnya ada tiga cara alternatif agar Anda bisa mengganti nomor telepon di akun LinkAja yaitu dengan cara sebagai berikut.

1. Ganti Nomor LinkAja Lewat GraPari

Bagi Anda pengguna kartu Telkomsel yang ingin mengganti nomor telepon di LinkAja maka Anda bisa langsung mendatangi kantor GraPari Telkomsel terdekat di kota Anda. Namun sebelum pergi kesana, persiapkan terlebih dahulu kartu identitas berupa KTP/SIM/Paspor dan nomor baru yang hendak digunakan.

Pada tahapan ini,  Anda bisa menanyakan langsung kepada petugas GraPari terkait prosedur ganti nomor LinkAja. Disana nantinya Anda akan dijelaskan oleh petugas dan ikuti instruksi mereka agar proses pergantian nomor lama ke nomor baru dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala apapun.

Untuk Anda pengguna kartu dari provider lain juga tetap bisa mengunakan cara ini yaitu dengan mengunjungi GraPari sesuai dengan provider yang saat ini Anda gunakan.


2. Ganti Nomor LinkAja Lewat Customer Service

Tidak memiliki waktu pergi ke kantor Grapari? Tenang karena ada lagi satu cara mengganti nomor LinkAja melalui customer service. Anda bisa menghubungi customer service langsung melalui aplikasi LinkAja.

Katakan saja kepada customer service tersebut jika Anda ingin memperbarui data di akun LinkAja. Kemudian apabila permintaan Anda telah disetujui serta lolos validasi maka biasanya pihak LinkAja akan menawarkan pada Anda untuk downgrade akun.

Downgrade akun hanya bisa dilakukan atas persetujuan pihak pengguna. Selanjutnya ketika proses downgrade berlangsung maka akun LinkAja Anda akan berubah menjadi akun Basic Service. Berikut ini merupakan cara menghubungi customer service Linkaja.


  • Silahkan buka aplikasi LinkAja.
  • Berikutnya pilih Akun lalu gulir ke menu paling bawah.
  • Selanjutnya, klik Bantuan dan pilih Hubungi Kami.


Setelah Anda telah selesai menghubungi pihak LinkAja melalui opsi hubungi kami tersebut. Maka tidak lama kemudian Anda akan mendapatkan sebuah email resmi dari LinkAja yang berisi persetujuan pengisian data diri seperti Nomor ponsel LinkAja, Nama Lengkap, TTL, Alamat, NIK, Nama ibu kandung, Data yang hendak diubah, dan alasan mengapa Anda ingin mengubah data.

Jika semua persyaratan di atas telah Anda isikan maka tahap selanjutnya Anda hanya perlu mengirimkan email yang berisi data-data pribadi tersebut kembali menuju ke alamat email LinkAja.


3. Ganti Nomor Telepon dan Buat Akun Baru LinkAja

Ini merupakan salah satu cara bagi Anda yang tidak mau ribet mengurus kesana kemari perihal ganti nomor LinkAja. Jika Anda memilih opsi ini maka Anda hanya perlu membuat akun baru LinkAja dengan menggunakan nomor HP yang baru juga.

Namun sebelum membuat akun baru LinkAja, terlebih dahulu silahkan cek apakah akun LinkAja lama Anda terdapat saldo yang mengendap.

Jika ya maka silahkan pindahkan saldo tersebut dengan cara seperti berikut:


1. Login ke aplikasi LinkAja.

2. Berikutnya pilih Informasi Saldo.

3. Kemudian pilih Tarik Saldo.

4. Setelah itu pilih rekening penarikan yang bisa Anda gunakan seperti rekening bank, mitra LinkAja, Merchant, dan tarik tunai di bank.

Namun apabila Anda tidak memiliki sisa saldo di akun lama LinkAja. Maka Anda  bisa langsung melakukan uninstal aplikasi LinkAja atau bisa juga hapus data seperti cara berikut:

1. Silahkan pergi ke menu setelan/setting di HP Anda.

2. Lalu pilih Aplikasi > Cari aplikasi dengan nama LinkAja > Penyimpanan & Cache > Hapus Data/Penyimpanan.

3. Setelah itu buka aplikasi LinkAja lalu buat akun baru LinkAja menggunakan nomor Anda yang baru (nomor harus aktif).


Akhir Kata

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan terkait "Cara Merubah Nomor LinkAja dengan Mudah dan Cepat". Semoga informasi yang kami sampaikan melalui artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Jika berkenan bantu kami share artikel ini pada yang lain ya. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Ganti Nomor LinkAja dengan Mudah dan Cepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel