8+ Cara Mengatasi Touchscreen Error di HP Android [Terbukti]

8+ Cara Mengatasi Touchscreen Error yang Tidak Bisa Disentuh di HP Android

Ada banyak sekali berbagai macam permasalahan yang kerap muncul pada smartphone. Mulai dari permasalahan yang cukup ringan hingga berat serta mengganggu para penggunanya.

Salah satu permasalahan yang sering terjadi pada smartphone adalah error pada layar smartphone yang tidak mau merespon ketika disentuh dengan jari-jari penggunanya.


Sayangnya error pada touchscreen ini juga masih terbagi-bagi lagi dengan rincian seperti berikut:

  • Touchscreen error sebagian
  • Touchscreen error kena air
  • Touchscreen tidak bisa disentuh
  • Touchscreen meleset
  • Touchscreen bergerak sendiri
  • Layar sentuh tidak merespon

Bagi sebagian pengguna tentunya hal tersebut sangatlah mengganggu mengingat keberadaan layar pada smartphone memiliki fungsi yang vital. Tanpa layar tentu saja sebuah smartphone tidak akan bisa bekerja sebagaimana mestinya.

Seperti yang Anda tahu jika saat ini semua smartphone hadir dengan dibekali layar sentuh alias tochscreen sehingga setiap aktivitas dan kontroling smartphone hanya bisa dilakukan melalui layar lcd tersebut.

Untuk itu apabila Anda menemui layar smartphone Anda saat ini sedang error dan tidak bisa digunakan sama sekali, ada baiknya Anda segera melakukan identifikasi terhadap permasalahan yang saat ini Anda alami secepat mungkin.

Sebenarnya ada banyak sekali alasan dan faktor mengapa layar ponsel Anda tidak bisa disentuh alias error, namun untuk lebih jelasnya kami nanti akan membahas faktor apa saja yang menjadi salah satu penyebab touchscreen hp menjadi error.


Penyebab Layar HP Error

Beberapa faktor penyebab terjadinya error pada layar smartphone antara lain ialah:

1. Layar Terkena Air

2. Ponsel Terjatuh

3. Kerusakan Software


Cara Memperbaiki Touchscreen HP Error dengan Mudah dan Cepat

Kami akan mencoba membagikan cara memperbaiki layar smartphone yang error dengan cara yang sederhana namun dengan tingkat akurasi keberhasilan yang tinggi. Cara yang akan kami bagikan ini bisa Anda gunakan untuk jenis ponsel Android juga iPhone. Oke langsung saja berikut langkah-langkahnya:


1. Kalibrasikan Layar

Seperti yang Anda ketahui jika penyakit layar smartphone error itu beraneka ragam. Jika secara kebetulan pada kasus Anda saat ini layar smartphone terlalu sensitif atau justru kurang peka terhadapa sentuhan, maka anda bisa langsung mencoba tips yang pertama kali ini yaitu mengkalibrasikan layar ponsel Anda untuk memperbaiki masalah pada layar smartphone.

Namun untuk melakukan kalibrasi layar ponsel, Anda perlu mendownload terlebih dahulu aplikasi kalibrasi di Play Store maupun App Store.

Instal dan buka aplikasi kalibrasi layar dan jalankan aplikasi tersebut, biarkan aplikasi kalibrasi layar bekerja untuk smartphone Anda.


2. Lepaskan SIM Card, Baterai dan MicroSD

Percaya atau tidak, komponen SIM card, baterai dan microSD untuk beberapa saat bisa saja membantu memperbaiki kondisi layar smartphone Anda yang sedang mengalami error alias tidak bisa disentuh. Alasannya memang tidak terlalu jelas tapi banyak kasus kerusakan layar pada smartphone terselesaikan hanya dengan mengikuti saran tersebut. Anda hanya butuh waktu beberapa menit untuk melakukan cara ini pada smartphone Anda.


3. Jaga Kebersihan Layar Smartphone

Perlu Anda ketahui jika smartphone dan tablet rawan sekali terkena kotoran dan debu yang menempel pada komponen-komponen penting didalam smartphone tersebut terutama dibagian permukaan layar kerap kali menjadi sarang kotoran dan debu yang dapat mengacaukan sistem respon layar smartphone.

Mengenai cara membersihkannya sangatlah mudah, Anda hanya perlu menuangkan sedikit cairan alkohol pada tisu, lalu kemudian usapkan pada permukaan layar smartphone yang kotor tersebut.


4. Perhatikan Penggunaan RAM

Pada beberapa kasus tertentu, kerusakan pada layar smartphone disebabkan oleh penggunaan RAM yang melebihi kapasitasnya sehingga menyebabkan error pada sistem yang biasanya ditandai dengan lag pada layar smartphone ketika disentuh.

Kejadian seperti ini kerap kali terjadi pada smartphone berspesifikasi rendah yang biasanya smartphone tersebut juga memiliki kapasitas RAM yang sangat rendah pula. Untuk mengatasi layar sentuh ponsel error karena RAM yang penuh maka Anda harus bisa memanajemen RAM ponsel Anda dengan cara sebagai berikut:

  • Pergi ke Developer Option > buka Settings > About Phone lalu kemudian ketuk sebanyak 7 kali pada bagian Build Number.
  • Berikutnya, buka pengaturan atau Settings > Developer Option > Running Services.
  • Kemudian pada menu tersebut, Anda bisa melihat penggunaan RAM terhadap aplikasi yang berjalan dilatarbelakang pada smartphone.
  • Anda juga bisa menggunakan cara yang lain dengan cara masuk ke Setelan > Penyimpanan & Memori.
  • Dibagian ini Anda akan menjumpai informasi berupa penggunaan RAM smartphone, namun tidak akan serinci jika Anda melihat melalu Developer Options.


5. Aktifkan GPU 2D Rendering

Perlu Anda tahu jika salah satu penyebab layar sentuh smartphone yang bermasalah ialah karena transisi smartphone yang buruk. Namun tenang saja karena hal tersebut bisa diatasi dengan cara yang sederhana yaitu menggunakan salah satu fitur bawaan smartphone GPU 2D Rendering. Simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Tahap pertama Anda harus pergi ke menu Developer Option dengan cara buka Settings > About Phone lalu kemudian klik sebanyak 7 kali pada bagian Build Number.
  • Berikutnya, silahkan buka pengaturan atau Settings > Developer Options.
  • Jika Anda telah berhasil masuk ke menu Developer Options maka silahkan Anda pilih Force GPU Rendering untuk mengaktifkannya.


6. Manfaatkan Aplikasi MultiTouch Tester

Aplikasi MultiTouch Tester memiliki kemampuan yang unik yaitu dapat mendeteksi kerusakan pada layar smartphone yang mengalami kerusakan seperti tidak merespon saat disentuh.

Jika Anda belum mengetahui terkait cara penggunaan aplikasi MultiTouch Tester maka silahkan simak baik-baik tutorial cara penggunaannya sebagai berikut.

  • Tahap pertama silahkan download dan install aplikasi MultiTouch Tester terlebih dahulu. Anda bisa mengunduhnya di Play Store atau App Store.
  • Jika sudah, silahkan buka aplikasi dan ikuti langkah-langkah selanjutnya.
  • Ditahap ini nantinya, Anda akan disuruh untuk mengecek layar dengan cara menekan layar sesuai dengan urutan nomor yang tertera pada aplikasi.
  • Apabila semua perintah telah terlaksana dengan baik dan layar bisa disentuh dengan sempurna maka bisa dipastikan kondisi layar smartphone Anda sedang dalam keadaan yang baik-baik saja alias normal. Begitupun sebaliknya.


7. Masuk Ke Safe Mode

Memasuki kondisi Safe Mode menjadi salah satu cara yang dapat diandalkan untuk sekedar mengatasi kerusakan ringan pada layar sentuh smartphone Anda. Pasalnya dengan memasuki Safe Mode berarti sistem smartphone hanya menjalankan aplikasi bawaan saja sehingga kinerja smartphone akan jauh lebih ringan.

Jika Anda belum tahu bagaimana caranya memasuki Safe Mode maka silahkan simak dan pahami langkah-langkah berikut ini:

  • Jika ponsel Anda masih Android versi 4.0 ke bawah, maka silahkan tekan dan tahan Tombol Power disaat logo boot muncul pada layar.
  • Berikutnya, tekan dan tahan Tombol Volume Up and Down secara bersamaan hingga proses booting selesai.
  • Pada tahap ini, smartphone Anda telah masuk dalam kondisi Safe Mode.
  • Jika ponsel Anda sudah Android versi 4.0 ke atas, maka silahkan tekan dan tahan Tombol Power untuk waktu beberapa saat hingga muncul sebuah Pop up.
  • Berikutnya klik OK untuk reebot lalu masuk ke menu Safe Mode.
  • Jika ponsel Anda Android versi 5.0, maka silahkan terlebih dahulu masuk ke opsi pengembang atau Developer Options.
  • Cara mengaktifkan opsi pengembang atau Developer Option dengan cara pergi ke Settings > About Phone lalu tap 7 kali dibagian Build Number.
  • Setelah itu, tekan dan tahan Tombol Power hingga Pop up muncul.
  • Berikutnya, klik dan tahan lalu pilih Reboot lalu pilih opsi OK.
  • Selamat sekarang Anda telah berhasil masuk ke menu Safe Mode.


8. Factory Reset

Banyak pengguna smartphone yang mengalami error pada layarnya mengatakan jika mereka berhasil memperbaiki layar smartphonenya hanya dengan melakukan Factory Reset. Factory Reset merupakan sebuah tindakan mengembalikan pengaturan smartphone ke pengaturan awal pabrik. Hal ini berarti semua data-data yang tersimpan pada smartphone juga akan hilang atau terhapus.

Maka dari itu ada baiknya sebelum melakukan tindakan ini, Anda harus melakukan backup data-data penting yang tersimpan di smartphone. Anda bisa memindahkan data-data penting itu ke laptop atau PC untuk sementara waktu.

Berikut ini langkah-langkah melakukan Factory Reset di smartphone Android.

  • Silahkan matikan terlebih dahulu ponsel Anda.
  • Berikutnya silahkan tekan dan tahan tombol Volume Up + Home + Power secara bersamaan.
  • Setelah itu tekan Volume Up untuk memilih menu Factory reset / Wipe data.
  • Jika sudah, silahkan Anda tekan tombol Home untuk memulai reset smartphone.
  • Silahkan tunggu proses reset hingga selesai.
  • Terakhir, Anda hanya perlu pilih menu Reboot System Now.

Seperti yang telah sedikit kami singgung di atas, jika tindakan Factory Reset ini tidaklah disarankan. Sebaiknya Anda bisa mencoba cara alternatif lainnya untuk mengatasi touchscreen yang error ini.

Namun apabila segala cara telah Anda coba lakukan dan tidak berhasil mengatasi permasalahan yang Anda alami maka saran dari kami adalah silahkan bawa smartphone Anda ke tempat service terpercaya langganan Anda.

Kesimpulan

Ternyata ada banyak sekali faktor yang menyebabkan terjadinya error pada layar smartphone mulai dari beban RAM, kerusakan software, ponsel terjatuh serta terkena air yang bisa menjadi penyebab utama error pada layar smartphone tersebut.

Oleh karena itu Anda harus bisa menemukan benang merah dari permasalahan yang sedang smartphone Anda alami saat ini. Beda kasus tentu beda solusinya.

Posting Komentar untuk "8+ Cara Mengatasi Touchscreen Error di HP Android [Terbukti]"