7+ Cara Memperbaiki Remote TV yang Rusak dan Tidak Merespon (Semua Merek)

Konten [Tampil]

Cara Memperbaiki Remote TV yang Rusak dan Tidak Merespon (Semua Merek)


Menonton televisi (TV) telah menjadi sebuah kebiasaan yang dilakukan orang-orang untuk mendapatkan berita dan hiburan. Di Indonesia sendiri hampir mayoritas masyarakatnya memiliki TV agar mereka tidak ketinggalan informasi berupa berita serta hiburan dalam kehidupannya.

Ada berbagai varian macam merek TV yang ada di Indonesia antara lain: Polytron, LG, Sony, Samsung, Panasonic, Sharp, Xiaomi dan lain sebagainya.

Dalam paket pembelian sebuah televisi terdapat sebuah komponen penting yang tak bisa dipisahkan dari televisi itu sendiri yaitu remote TV. Ya melalui remot TV, Anda dapat dengan mudah berpindah saluran satu ke saluran yang lainnya atau Anda dapat mengatur settingan yang berhubungan langsung dengan televisi tersebut.

Dengan begitu vital fungsi dari remot TV, maka apa jadinya jika remot TV yang Anda miliki saat ini mengalami kerusakan serta tidak merespon saat Anda mencoba menekan semua tombol-tombolnya. Tidak hanya susah dipencet – pencet bahkan pada beberapa kasus, remot TV ini bisa dikatakan mati total karena tidak bisa berfungsi sama sekali.

Mungkin disini Anda akan jengkel terhadap remot tersebut bahkan mungkin saja saat ini Anda berinisiatif untuk membeli remot TV baru di kemudian hari.

Namun tunggu dulu Anda tidak perlu gusar dan mengambil keputusan untuk membeli remot TV baru secepatnya karena sebenarnya semua pemilik TV pasti pernah mengalami hal yang sama seperti hal yang Anda alami saat ini terkait kerusakan pada remot TV tersebut.

Kejadian remot TV rusak dan tidak merespon ketika tombol-tombolnya ditekan memang kerap terjadi terhadap para pemilik TV. Akan tetapi jangan lantas Anda secara cepat menyimpulkan jika remot TV Anda rusak total, karena bisa saja remot TV Anda hanya mengalami error atau disebabkan oleh faktor lainnya yang sebenarnya masih bisa diperbaiki tanpa harus Anda membeli remot TV yang baru.

Penyebab Remote TV Tidak Merespon

Namun sebelumnya ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu faktor-faktor penyebab remot TV Anda menjadi rusak dan tidak merespon ketika ditekan. Baiklah langsung saja, berikut ini merupakan beberapa penyebab remot TV rusak dan tidak merespon yang harus Anda ketahui:

Kondisi Baterai Buruk

Tentu saja jika baterai remot TV Anda sedang habis atau kurang daya maka remot TV tidak akan bisa berfungsi dan bisa digunakan. Untuk itu diperlukan adanya penggantian baterai remot TV secara berkala agar fungsi remot TV dapat berjalan dengan semestinya.

Remot Terkena Air

Anda pasti sudah tahu sejak lama jika benda elektronik itu sangatlah tidak bersahabat dengan apa yang dinamakan air. Hal tersebut juga berlaku terhadap remot TV karena masuk ke dalam kategori barang elektronik. Remot TV yang kena air tentu saja rentan mengalami konslet pada komponen-komponen yang ada didalamnya.

Metal Plat Spring Battery yang Korosi

Metal plat spring battery biasa disebut sebagai per terminal baterai merupakan sebuah per penghubung antara baterai dengan remot TV. Apabila komponen tersebut berkarat maka dapat menyebabkan terhambatnya aliran arus listrik pada remot TV. Hal ini pula yang terkadang mengakibatkan remot TV tidak mau merespon perintah penggunanya.

Kesalahan Setting Kode Remote

Anda harus tahu jika setiap merek dan model televisi memiliki kode yang berbeda-beda untuk melakukan settingnya. Kesalahan dalam memasukkan kode merek TV dapat menyebabkan remot TV tidak mau merespon perintah pengguna. Misalnya merek TV Anda adalah Polytron tetapi Anda memasukkan kode remot TV merek Samsung maka hal ini akan mengakibatkan ketidaksinkronan sistem sehingga remot TV tidak akan mau merespon sama sekali.

Sensor Remot Rusak

Ketika remote TV Anda tidak mau merespon perintah pengguna. Maka ada baiknya Anda memeriksa terlebih dahulu sensor pada remote TV tersebut. Hal ini diperlukan untuk mengetahui apakah ada kerusakan pada sensor remot TV Anda.

Mengenai cara mengetahui rusak atau tidaknya sensor remot TV. Anda bisa menggunakan cara sebagai berikut:

  • Silahkan buka kamera pada smartphone Anda.
  • Kemudian arahkan remote TV sejajar ke kamera Anda.
  • Lalu tekan salah satu tombol pada remote TV.
  • Apabila sensor berfungsi dengan normal maka Anda akan melihat kilatan cahaya pada layar smartphone Anda ketika salah satu tombol pada remote ditekan. Namun sebaliknya jika Anda menekan tombol remote TV dan Anda tidak melihat cahaya pada layar smartphone maka bisa dipastikan remote TV Anda mengalami masalah pada bagian sensor.


Cara Mengatasi Remot TV yang Tidak Merespon

Apabila Anda tadi telah mengetahui beberapa hal yang menyebabkan remot TV Anda rusak dan tidak merespon. Maka sekarang adalah waktu yang tepat bagi Anda mengetahui cara membetulkan remot TV dengan cara yang akan kami bagikan melalui artikel ini.

Oke langsung saja, berikut ini langkah-langkah memperbaiki remot TV sebelum Anda memutuskan untuk membeli remot TV yang baru.


1. Ganti Baterai Lama dengan Baterai Baru

Seperti yang telah kami singgung sebelumnya di atas, bahwa baterai merupakan sebuah komponen yang sangat penting pada remot TV. Baterai memiliki fungsi untuk menyediakan arus listrik pada perangkat elektronik.

Oleh karena itu Anda perlu mengondisikan baterai pada remot TV Anda senantiasa dalam keadaan baik agar kinerja remot TV dalam menerima perintah bisa maksimal.

Sebaliknya jika kondisi energi pada baterai ini kurang bagus maka secara tidak langsung akan memengaruhi kinerja pada remot TV Anda. Bisa saja remot Anda akan merespon dengan lambat perintah atau mungkin tidak bisa merespon perintah Anda sama sekali.

Saat ini Anda bisa mendapatkan baterai remot TV ini di toko terdekat sekitar Anda dengan harga yang murah meriah pula.


2. Coba Bersihkan Tombol Panel Remot

Perlu Anda tahu jika partikel kecil seperti kotoran dan debu yang mengendap dibawah tombol remot TV dapat mengganggu kinerja remot TV tersebut. Alhasil saat Anda menekan tombol maka remot tidak bisa dengan cepat menangkap perintah Anda sehingga biasanya perlu dilakukan beberapa kali pemencetan pada tombol remot TV agar berfungsi.

Untuk itu Anda perlu membersihkan kotoran serta endapan debu yang terdapat dibawah tombol panel remot TV yang biasanya terdiri dari karet.  Berikut ini merupakan langkah membersihkan tombol panel remot TV dengan baik dan benar.

  • Siapkan tisu kering setengah basah yang nantinya berguna untuk mengelap kotoran.
  • Silahkan ambil remot TV yang hendak dibersihkan, lalu bongkar remot tersebut dengan cara Anda copot hanya pada bagian panel karetnya saja.
  • Berikutnya bersihkan satu persatu bagian panel pada remot TV tersebut.
  • Setelah itu angin-anginkan remot agar cepat kering.
  • Apabila telah kering Anda bisa pasang kembali bagian tombol panel seperti sedia kala.
  • Terakhir silahkan coba gunakan kembali remot TV Anda.


3. Periksa Sensor Remot TV

Jika remot TV Anda telah berusia cukup lama maka biasanya akan muncul permasalahan pada bagian sensor remot TV. Sensor pada remot TV biasanya terdiri dari sensor infra merah yang berguna untuk mengirimkan sinyal perintah pada receiver-nya sehingga program yang di instal pada televisi dapat berjalan sesuai dengan perintah.

Apabila sensor pada remot TV ini bermasalah maka tentunya remot tidak akan bisa merespon perintah pengguna. Umumnya pada banyak kasus sensor yang bermasalah ini disebabkan oleh adanya partikel debu yang menyelimuti sensor ini sehingga sensor tidak akan bisa mengirimkan sinyal pada TV.

Untuk itu Anda perlu membersihkan debu-debu pada sensor remot TV tersebut dengan cara membongkar total remot TV Anda secara manual. Berikut ini langkah-langkah membersihkan sensor TV dengan benar.

  • Silahkan lepaskan semua baut pada remot TV Anda.
  • Setelah itu copot bagian bodi remot, lalu lepaskan unit papan rangkaian elektronik.
  • Berikutnya bersihkan semua sensor-sensor yang ada pada unit papan rangkaian elektronik menggunakan lap mikro fiber hingga benar-benar bersih.
  • Jika sudah bersih, maka Anda dapat memasang unit papan rangkaian elektronik tersebut ke dalam bodi remot TV seperti sedia kala.
  • Terakhir, silahkan coba kembali gunakan remot TV Anda.


4. Bersihkan Metal Plat Spring Battery

Biasa disebut sebagai per terminal baterai yang berfungsi menghubungkan baterai dengan remot TV. Periksa per terminal baterai Anda, apakah dalam keadaan baik atau justru dalam keadaan berkarat dan korosi.

Jika memang per terminal baterai dalam keadaan berkarat serta korosi maka mau tidak mau Anda harus membersihkan karat pada bagian tersebut. Barangkali kondisi karat pada per terminal baterai yang menjadi penyebab utama mengapa remot TV Anda tidak bisa berfungsi dengan baik.

Berikut ini langkah-langkah untuk membersihkan karat pada per terminal baterai remot TV.

  • Siapkan cairan anti karat terlebih dahulu, Anda bisa membeli cairan ini di market place online.
  • Berikutnya silahkan buka bagian belakang tutup remot lalu keluarkan baterai remot TV Anda.
  • Setelah itu silahkan bersihkan bagian per terminal besi yang memiliki karat tersebut. Pastikan Anda membersihkan karat hingga benar-benar bersih agar nantinya penyaluran energi dari baterai ke remot TV bisa maksimal.
  • Jika sudah, pasang kembali baterai dan tutup bagian belakang remot TV Anda.


5. Coba Lakukan Reset Remot

Jika Anda pengguna remot TV universal, biasanya Anda akan mengalami masalah ini hanya ketika Anda salah melakukan setting kode remot pada televisi Anda. Remot universal artinya remote control yang dapat di program untuk mengoperasikan berbagai merek hanya dengan memasukkan kode ditiap masing-masing merek TV.

Apabila Anda salah sedikit saja melakukan setting kode remote maka remot TV Anda juga tidak akan merespon atau berfungsi dengan semestinya.

Untuk mengatasi hal tersebut Anda perlu melakukan peresetan pada remot TV Anda dengan cara sebagai berikut.

  • Silahkan tekan dan tahan tombol set pada remote TV.
  • Lalu tekan tombol power beberapa saat hingga lampu indikator pada remote TV menyala.
  • Jika lampu indikator telah menyala maka Anda dapat melepaskan tombol set yang sebelumnya Anda tekan tersebut.
  • Berikutnya masukkan kode berdasarkan merek dan model TV Anda.
  • Jika berhasil, maka lampu indikator pada remote TV akan mati dengan sendirinya dan Anda bisa menggunakan remote TV itu kembali.


6. Pergi ke Jasa Service

Apabila cara-cara di atas telah Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan remote TV Anda. Namun kondisi remote TV tidak kunjung normal maka kami menyarankan Anda untuk membawa remote TV tersebut ke jasa service elektronik terpercaya. Dengan begitu Anda tidak akan bersusah payah membongkar pasang remote TV secara mandiri yang mana bagi sebagian orang hal tersebut adalah kegiatan yang cukup menyusahkan serta ribet.

Melalui jasa service Anda dapat dengan cepat mengetahui letak permasalahan yang ada pada remote TV Anda.

Namun sebaiknya pastikan Anda memilih jasa service elektronik yang terpercaya dan bersertifikasi demi keamanan serta kenyamanan Anda selaku konsumen.


7. Mengganti Unit Remot Baru

Jika membawa remote TV ke jasa service tidak memberikan solusi maka hal terakhir yang bisa Anda lakukan ialah mengganti unit remot lama dengan unit remot yang baru. Terlebih lagi saat ini harga remote TV sudah sangat murah dipasaran sehingga memudahkan Anda untuk lebih leluasa memilih model remot yang di inginkan.

Dengan mengganti unit remot lama ke remot yang baru tentunya membuat segala permasalahan yang remot TV Anda alami akan segera terselesaikan. Namun ketika Anda telah memiliki remot TV baru ada baiknya Anda menghindari penyebab terjadinya kerusakan pada remot TV agar kelak remot TV Anda bisa menjadi lebih awet dan tahan lama.


Akhir Kata

Itulah sedikit tips dari kami untuk memperbaiki remote TV yang rusak dan tidak merespon. Semoga informasi yang kami berikan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Jika berkenan bantu juga kami untuk share artikel ini pada yang lain ya. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "7+ Cara Memperbaiki Remote TV yang Rusak dan Tidak Merespon (Semua Merek)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel