Cara Mengatasi Layar HP yang Bergaris Vertikal/Horizontal dengan Cepat

Konten [Tampil]

Bagaimana Cara Mengatasi Layar HP yang Bergaris


Apakah Anda pernah mengalami suatu kejadian yang kurang menyenangkan, dimana secara kebetulan pada layar handphone Anda mendadak muncul garis-garis halus dengan gradien warna warni pelangi yang bervariasi mulai dari hitam, kuning, merah, putih, hijau dan ungu, yang mana hal itu cukup mengganggu penglihatan Anda saat memandang layar tersebut.

Terlebih lagi pola garis yang muncul tersebut tidaklah beraturan, kadang  pola hanya searah vertikal dan horizontal, akan tetapi bisa juga campuran diantara keduanya, dimana layar dalam kondisi seperti itu bisa dibilang mirip dengan monitor TV/PC yang rusak.

Sebenarnya masalah layar HP bergaris ini bukanlah satu-satunya masalah yang kerap menghantui para pemilik smartphone. Masih ada banyak lagi permasalahan yang muncul seperti layar HP berkedip atau goyang bahkan blank alias kondisi layar hanya menunjukkan warna putih saja.


Namun disini kami hanya akan membahas mengenai cara mengatasi layar HP yang bergaris atau rusak dengan harapan pembahasan kami kali ini agar lebih fokus sehingga Anda dapat dengan mudah memahaminya.

Berbicara mengenai layar HP Android yang bergaris tentu tidak akan terjadi begitu saja melainkan pasti ada penyebab atau pemicunya mengapa layar HP Android Anda menjadi bergaris seperti itu.

Jika Anda memang belum tahu mengenai sebab kenapa layar HP menjadi bergaris, maka Anda bisa menyimak berbagai faktor penyebab munculnya garis di layar HP sebagai berikut:


Penyebab Layar HP Android Bergaris-garis

Berikut ini merupakan faktor-faktor yang disinyalir menjadi penyebab terjadinya layar bergaris pada HP Anda.

Bug Sistem Operasi

Terjadinya bug pada OS smartphone bisa mengakibatkan error yang bermacam-macam. Salah satunya layar HP yang tiba-tiba bergaris ini bisa juga disebabkan oleh hal itu.

Terutama jika Anda memiliki hobi rooting ponsel, tentu saja akan lebih rentan terkena masalah layar bergaris karena aktivitas rooting biasanya cukup beresiko membuat error pada seluruh OS ponsel Anda.

HP Terbentur

Jika Anda pernah tanpa sengaja menjatuhkan HP Anda lalu tidak berselang lama Anda melihat kemunculan garis-garis pada layar HP maka bisa dipastikan penyebab utamanya adalah benturan yang terjadi antara layar LCD dengan permukaan lantai yang keras saat jatuh.

Jika benturan yang terjadi bersifat ringan mungkin saja tidak akan menimbulkan rusak pada LCD dan hanya menimbulkan keretakan pada permukaan layar saja.

HP Terkena Air

Anda mungkin pernah dengar istilah jika musuh utama barang elektronik adalah air. Ya memang tidak bisa dipungkiri antara air dan elektronik tidak bersahabat. 

Begitupun HP yang masuk dalam kategori elektronik tentu saja komponen didalamnya tidak bisa menerima jika harus kontak langsung dengan air karena hanya akan menyebabkan konsleting pada seluruh komponennya dan itu termasuk layar LCD yang ada didalamnya.

Kecuali jika HP Anda telah tersertifikasi tahan air kemungkinan tidak akan menjadi suatu masalah yang berarti pada ponsel yang Anda miliki.

HP Terkena Tekanan Berlebih

Jika Anda suka menaruh ponsel di saku bagian belakang lalu tanpa disadari bersamaan dengan itu, Anda juga sering membawanya untuk duduk. Maka ada baiknya hentikan kebiasaan buruk itu sekarang juga.

Mengapa demikian? Penjelasannya ialah karena tekanan antara beban tubuh Anda dengan ponsel yang Anda simpan dibagian saku belakang menghasilkan gesekan pada layar. Apalagi jika Anda membawanya untuk duduk, tekanan itu akan semakin besar dan berpotensi merusak layar LCD Anda. Selain itu resiko kerusakan pada layar HP menjadi lebih besar jika Anda duduk pada permukaan yang keras dan kasar.

Socket Layar Rusak

Munculnya garis-garis pada layar ponsel bisa disebabkan oleh rusaknya komponen socket pada ponsel tersebut. Socket yang pola pemasangannya tidak  presisi atau longgar dapat mengakibatkan munculnya garis-garis.

Selain itu ada kebiasaan yang turut meningkatkan potensi kerusakan pada socket ponsel yaitu seringnya mencolokkan ponsel ke layar monitor.

Oke jika sekarang Anda telah mengetahui mengenai berbagai faktor penyebab layar HP bergaris-garis maka sekarang waktunya Anda mengetahui solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut.


Cara Mengatasi Layar Hp Bergaris Warna-warni

Ketahuilah beberapa solusi yang kami bagikan untuk mengatasi layar HP bergaris disini mungkin tidak sebaik jika Anda langsung mengganti layar LCD yang bergaris dengan layar yang baru. Namun setidaknya ini bisa memperbaiki keadaan layar ponsel Anda dengan lebih baik.


1. Aplikasi LCD Fixer

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi layar HP bergaris adalah dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yaitu LCD Fixer. Aplikasi LCD Fixer dirancang secara khusus untuk memperbaiki pixel layar HP yang mati atau rusak sehingga tampilan layar HP akan kembali seperti sedia kala.

Sebenarnya cara ini tidaklah sepenuhnya dapat mengembalikan tampilan layar seperti sebelum terjadinya kerusakan pada layar HP, akan tetapi aplikasi LCD Fixer mampu menyamarkan cacat pada layar HP tersebut.

Aplikasi LCD Fixer yang kami rekomendasikan dan patut Anda coba adalah Dead Pixels Test and Fix. Aplikasi ini dapat Anda unduh gratis di Play Store dan berikut ini cara menggunakan aplikasinya.

1. Silahkan Anda buka Play Store melalu HP Android Anda.

2. Berikutnya silahkan cari aplikasi Dead Pixels Test and Fix.

3. Download dan Instal aplikasi tersebut.

4. Setelah itu, buka aplikasinya lalu tekan Check Dead Pixels dan Fix Dead Pixels maka tak berselang lama tampilan layar HP bergaris akan kembali seperti semula.

Aplikasi ini terbukti dapat menyamarkan tampilan garis-garis yang ada pada layar ponsel Anda, meskipun tidak mengembalikannya secara utuh tapi setidaknya ini akan memperbaiki tampilan layar tersebut.


2. Akses Opsi Developer

Seperti yang Anda tahu jika secara default, ponsel memiliki menu Opsi Developer yang keberadaannya sengaja disembunyikan oleh sistem sehingga untuk mengaksesnya Anda perlu menampilkannya terlebih dahulu.

Opsi Developer berguna untuk mengonfigurasi perilaku sistem sehingga akan membantu dalam mengatur serta membuat profil serta men-debug performa aplikasi. Jadi secara sederhana melalui Opsi Developer, Anda diberikan akses lanjutan terhadap ponsel Anda seperti misalnya melakukan penyetelan pada pengaturan Show Pointer Location yang mana salah satu fungsinya ialah untuk menghilangkan garis pada layar ponsel Anda.

Jika Anda belum tahu mengenai cara mengakses Opsi developer maka Anda bisa simak panduan di bawah ini.

1. Silahkan pergi ke menu Setelan/Pengaturan/Settings.

2. Berikutnya gulir ke bawah lalu pilih di bagian Tentang Ponsel.

3. Setelah itu, silahkan klik beberapa kali pada bagian Nomor Bentukan sampai muncul notif Anda Telah Jadi Pengembang.

4. Jika sudah, Anda bisa pergi kembali ke menu Opsi Pengembang yang ada di ponsel Anda.

5. Kemudian silahkan matikan fitur Tampilkan Penunjuk untuk menghilangkan garis-garis yang terdapat di layar HP Anda.


3. Tekan Layar LCD

Khusus cara yang satu ini sebenarnya merupakan cara yang telah lama ada dan digunakan untuk mengatasi layar LCD yang bergaris. Biasanya cara menekan LCD  pada layar ponsel dilakukan ketika layar ponsel menunjukkan tampilan error misalnya seperti layar bergaris dan berwarna sehingga prosedur menekan layar diharapkan dapat mengembalikan tampilan layar seperti sedia kala.

Cara melakukan teknik tekan layar LCD ini juga cukup mudah dan tidak memerlukan keahlian khusus, Anda hanya perlu menekan secara perlahan menggunakan jari-jari pada bagian tepi layar ponsel yang bermasalah secara searah. Lalu tak berselang lama garis yang ada pada layar ponsel akan menghilang dengan sendirinya.


4. Nonaktifkan Fitur Smart Sidebar

Ponsel saat ini telah dilengkapi oleh fitur canggih yang membantu pekerjaan penggunanya dan salah satu dari fitur canggih itu adalah Smart Sidebar, dimana berfungsi mempermudah pengguna ponsel Android dalam melakukan mutitasking aplikasi.

Kabar baiknya ada tidaknya fitur tersebut sebenarnya tidak memengaruhi kinerja ponsel Anda. Justru akhir-akhir ini kami mengetahui informasi dari pengalaman pengguna bahwa menonaktifkan Smart Sidebar dapat membantu mengurangi tampilan garis-garis yang muncul pada layar ponsel.

Selain itu jika fitur Smart Sidebar dalam kondisi mati maka dampaknya akan membuat baterai ponsel menjadi lebih hemat daya dan tentunya itu sangat menguntungkan bagi para pemilik ponsel.

Berikut ini langkah-langkah mematikan fitur Smart Sidebar untuk mengatasi layar hp bergaris-garis serta berwarna-warni:

  • Buka Setelan/Pengaturan yang ada di aplikasi lalu cari menu Kepraktisan Pintar.
  • Tap pada bagian opsi Smart Sidebar.
  • Terakhir Anda hanya perlu menonaktifkan pada smart assistant.


5. Restart HP Sekaligus Masuk ke Kondisi Safe Mode

Sudah banyak kasus error yang terjadi pada smartphone dapat diselesaikan dengan mudah hanya dengan melakukan restart HP lalu beralih ke Safe Mode. Termasuk munculnya garis-garis pada layar HP ini bisa juga dihilangkan seketika setelah Anda melakukan restart dan masuk dalam konsisi Safe Mode.

Biasanya garis-garis pada layar itu muncul dengan tiba-tiba setelah Anda menginstal berbagai macam jenis aplikasi yang cukup membebani OS smartphone tersebut. Oleh karena itu dengan memasuki kondisi Safe Mode diharapkan akan menyelesaikan segala error yang terjadi pada OS smartphone.

Berikut ini langkah-langkah memasuki Safe Mode pada smartphone:

  • Silahkan tekan tombol power selama beberapa detik hingga hp Anda dalam kondisi nonaktif.
  • Setelah itu tekan lagi tombol power dengan durasi waktu yang sedikit lebih lama.
  • Disini akan muncul pesan untuk melakukan restart ke Safe Mode.  Lalu tekan OK untuk melanjutkannya.
  • Apabila Anda tidak berhasil dalam kondisi Safe Mode maka Anda bisa mengulangi lagi langkahnya dengan cara tekan tombol power dan volume bawah. Lalu pilih Safe Mode.
  • Jika proses restart telah selesai, maka ponsel Anda sekarang dalam kondisi Safe Mode.

Biasanya masalah layar bergaris pada ponsel Anda akan hilang setelah memasuki kondisi Safe Mode. Mengingat munculnya garis-garis pada layar secara tiba-tiba dapat disebabkan error pada OS yang disebabkan oleh aplikasi yang tidak kompatibel dengan perangkat.


6. Reset HP

Jika layar ponsel tak kunjung membaik maka Anda bisa mencoba cara yang lebih ekstrim yaitu dengan melakukan peresetan pada ponsel untuk mengatasi layar ponsel bergaris serta berwarna-warni tersebut.

Reset HP berarti menghapus segala jenis data yang tersimpan di ponsel dan ini juga akan mengembalikan ponsel ke pengaturan pabrik. Maka dari itu reset HP ke pengaturan pabrik dinilai menjadi salah satu alternatif terakhir untuk menyelesaikan semua permasalahan sistem ponsel.

Sebaiknya sebelum melakukan proses reset HP, Anda harus melakukan backup terlebih dahulu seluruh data-data penting ke storage yang aman, agar nanti data tersebut dapat Anda masukkan lagi ke ponsel Anda. Tanpa perlu berbasa-basi lagi, berikut ini merupakan langkah-langkah reset HP yang dapat mengatasi garis-garis pada layar.

Pergi ke menu Setelan atau Settings.

Lalu pilih opsi Setelan Tambahan > Buat cadangan & setel ulang.

Berikutnya Anda buat pencadangan terlebih dahulu, sebelum melakukan reset hp.

Jika sudah, silahkan pilih opsi Kembali ke setelan pabrik.

Tunggu hingga proses reset selesai.


7. Ganti Layar LCD Baru

Jika semua cara di atas telah Anda lakukan dan tidak membuahkan hasil sama sekali. Maka pilihan terakhir dan terbaik menurut kami adalah dengan mengganti lcd layar hp yang bergaris itu menggunakan lcd yang baru.

Secara umum layar lcd hp yang terlanjur rusak memang sulit untuk diperbaiki sehingga tetap diperlukan penggantian unit lcd pada hp Anda.

Anda tidak perlu khawatir soal harga dan Anda bisa mengesampingkannya karena diluaran sana sudah banyak yang menjual lcd layar berkualitas namun dengan harga yang terjangkau.

Anda bisa mencari lcd layar di toko resmi elektronik maupun online dengan harga yang bervariasi tergantung dari merek serta model hp yang Anda gunakan saat ini misalnya lcd layar hp low mid tentu saja harganya akan berbeda dengan lcd layar hp high end.

Satu lagi, jangan sekali-kali mencoba memasang lcd layar hp sendiri jika memang tidak mempunyai keahlian khusus dibidang ini karena dikhawatirkan jika Anda memaksakannya maka bisa merusak komponen penting lainnya.

Lebih baik percayakan pada seseorang yang ahli dibidang ini seperti jasa service hp terpercaya, dimana mereka memang memiliki kemampuan dibidang pemasangan lcd layar hp.

Demikian informasi yang dapat kami bagikan mengenai "Cara Mengatasi Layar HP Bergaris Dengan Mudah". Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Jika berkenan bantu share informasi ini pada yang lain. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk " Cara Mengatasi Layar HP yang Bergaris Vertikal/Horizontal dengan Cepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel