Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengecilkan Mengompres File JPG Dan PDF Di Bawah 200 Kb

Cara Mengecilkan  Mengompres File JPG Dan PDF Di Bawah 200 Kb

Cara Mengecilkan File JPG dan PDF Di Bawah 200 Kb memang menjadi tutorial yang banyak dicari belakangan ini. Hal ini dikarenakan penerimaan CPNS tahun anggaran 2022 yang salah satunya diwajibkan mengunggah Photo Pass format JPG dengan ukuran maksimal 200 Kb dan minimal 120 Kb. Dan juga diwajibkan mengunggah berkas dokumen lainnya seperti Ijazah, Transkrip Nilai dan lain-lain sesuai ketentuan instansi pilihan pelamar dalam format PDF yang ukuran maksimalnya juga 200 Kb dan minimal 120 Kb.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan mencoba berbagi cara mengecilkan file jpg dan compress pdf 200kb agar dapat membantu sobat yang ingin mengecilkan file tersebut sendiri tanpa bantuan orang lain.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mengecilkan file jpg dan pdf di bawah 200 Kb, baik dengan menggunakan bantuan aplikasi atau dengan menggunakan situs kompresi. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menggunakan cara yang menurut saya paling mudah, langsung saja kita simak dibawah ini.


Cara Mengecilkan File JPG di compress pdf 200kb

Salah satu syarat yang harus diunggah saat melakukan pendaftaran CPNS 2018 secara online di situs tersebut adalah mengunggah foto dengan latar belakang merah dalam format JPG dengan ukuran Min. 20 Kb dan compress pdf 200kb. File foto biasanya memiliki ukuran yang cukup besar, oleh karena itu agar foto tersebut dapat kita gunakan untuk mendaftar CPNS 2018, kita harus mengecilkan / mengompresnya menjadi ukuran yang lebih kecil.

Nah untuk mengecilkan file jpg ini saya akan menggunakan bantuan aplikasi pengolah gambar yaitu adobe photoshop yang menurut saya paling mudah dan efektif, berikut caranya :

1. Pertama, perhatikan ukuran file Pas Photo kamu, seperti pada gambar di bawah ini yang saya lingkari merah. Foto itu sepertinya memiliki ukuran 373 Kb, jadi kami harus mengurangi ukurannya menjadi di compress pdf 200kb.

2. Langkah selanjutnya adalah membuka file paspor dengan cara klik kanan pada foto dan pilih "Open With" > Adobe Photoshop. Lihat gambar di bawah ini.

3. Setelah dibuka, silahkan pilih “File” dan pilih “Save for Web and Devices”. Maka akan muncul seperti pada gambar berikut.

Pada gambar terlihat bahwa ada beberapa jenis ukuran file dengan kualitas gambar yang berbeda, Anda dapat mengubah ukuran kembali sesuai keinginan Anda dengan mengubah "Ukuran Gambar" yang terletak di kanan bawah. Seperti Mengubah W: 900 px dan H: 1200 px. Untuk mengecilkan file lagi, Anda bisa mengurangi jumlahnya dan sebaliknya. Lihat gambar.


Pada gambar di atas, saya memilih ukuran yang paling sesuai dengan kebutuhan saya untuk mengajukan CPNS tahun anggaran 2022, yaitu ukuran file 144,3 Kb sambil saya lingkari garis hijau.

4. Terakhir, silakan klik simpan dan simpan foto terkompresi Anda di mana pun Anda mau.

Sangat mudah bukan, cara mengecilkan file jpg hingga di bawah 200 kb menggunakan aplikasi Adobe Photoshop ini. Saya pikir siapa pun dari Anda dapat melakukannya dengan mudah selama ada kemauan untuk belajar sendiri.

Jadi di atas adalah cara mengompres file Jpg, lalu bagaimana dengan mengompresi file Pdf? yuk simak caranya dibawah ini.


Cara Mengecilkan File Pdf Di Bawah 200 Kb

Selain meminta pas foto ukuran paspor, Max. 200Kb. Dalam pendaftaran CPNS 2022, berkas lamaran lain yang harus diunggah oleh calon peserta seleksi, seperti ijazah, transkrip nilai, surat lamaran CPNS 2022, surat pernyataan bebas narkoba dan lain sebagainya sesuai dengan ketentuan institusi yang dipilih pelamar. (setiap instansi memiliki ketentuannya masing-masing).

Nah, file atau dokumen ini harus di scan terlebih dahulu, anda bisa menggunakan layanan Scan di tempat fotocopy. File yang dipindai ini harus dalam bentuk PDF dengan compress pdf 200kb dan Min. 120Kb. Dan biasanya hasil scan tersebut cukup besar, sehingga kita harus mengecilkannya kembali agar bisa di upload di situs saat melakukan proses registrasi online.

Bagi anda yang mungkin sudah memiliki file dokumen hasil scan namun ukurannya masih besar, maka silahkan ikuti langkah-langkah mengecilkan file pdf hingga compress pdf 200kb dibawah ini :

1. Pertama kunjungi situs Mengapa saya memilih situs ini? karena menurut saya dengan menggunakan situs ini kita bisa menentukan ukurannya sesuai selera.

2. Setelah terbuka, silahkan pilih “SELECT PDF FILE” tunggu sampai proses upload selesai.

3. Kemudian selanjutnya silahkan atur kualitas gambar dan klik “Compress PDF”. Dengan mengatur kualitas menjadi gambar menjadi tinggi, maka ukuran file juga akan besar, begitu sebaliknya. Lihat gambar di bawah

4. Terakhir tinggal download saja file hasil kompres tadi.

Hasil download tadi silahkan dilihat apakah sudah sesuai dengan kebutuhan kita, yakni berukuran Min. compress pdf 200kb. Jika masih belum sesuai, silahkan ulangi kembali cara di atas, dan alami kembali kualitas gambar sesuai keinginan anda.

Nah itulah tadi Cara Mengecilkan File Jpg dan Pdf di Bawah 200 Kb yang bisa saya bagikan kali ini. Semoga berguna bagi anda yang sedang mencari panduan kompres file Jpg dan Pdf. Nah jika menurut anda cara di atas ini kurang efektif, maka anda bisa langsung menggunakan jasa orang lain yang biasanya ada di tempat-tempat fotokopi. Terima kasih dan semoga diterapkan dalam mempersiapkan segala persyaratan dalam mengikuti seleksi CPNS 2022.


Posting Komentar untuk " Cara Mengecilkan Mengompres File JPG Dan PDF Di Bawah 200 Kb"