©
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi HP Mati Total Tidak Bisa Dicas Baterai Tanam

Cara Mengatasi HP Mati Total Tidak Bisa Dicas Baterai Tanam

Cara Mengatasi HP Mati Total – HP sudah menjadi kebutuhan yang tidak bisa dilepaskan dari orang-orang, tanpa HP seperti tidak bisa beraktifitas. Pernahkah HP Anda mati total dan tidak bisa dicas? Lebih parahnya lagi HP yang anda pakai adalah baterai tanam.

Masalah ini sering terjadi pada pengguna HP saat ini. Nah, untuk anda yang ingin mengatasi masalah ini, tidak ada salahnya mengikuti panduan dan cara mengatasi HP mati total yang akan kami jelaskan dibawah ini.


Bagaimana Cara Mengatasi HP Mati Total?

HP mati total biasanya terjadi karena ada beberapa hal yang bisa mengakibatkan hal tersebut, biasanya paling banyak kasusnya adalah karena pemakaian yang tidak sesuai dengan prosedur pemakaian yang disarankan.

Selain itu jika HP anda menggunakan baterai tanam akan sedikit sulit untuk menjangkaunya karena butuh beberapa alat, dan jika salah maka akan mengakibatkan kerusakan lainnya.


Bagaimana Cara Untuk Mengatasi HP yang Mengalami Mati Total

HP mati total sangat merugikan dan sangat mengesalkan jika terjadi saat anda sangat membutuhkannya. Kalau sudah jengkel mungkin kita akan menjualnya atau pergi ke tempat service. Tapi jangan terburu-buru dalam melakukan itu.

Jika HP anda pernah mengalami kejadian diatas, maka jangan merasa khawatir, karena ada beberapa cara memperbaiki hp mati total yang sederhana dan dapat anda coba dirumah. Langsung saja bagi anda yang ingin tahu cara menghidupkan hp yang mati total, ikuti beberapa panduan dibawah ini:


Identifikasi Penyebab HP Mati Total

Sebelum Anda membongkar HP anda, coba anda identifikasi terlebih dahulu kapan dan dimana dan bagaimana HP anda bisa mati total. Dengan mengetahui akar masalahnya mungkin anda bisa mencari tahu langkah apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Tekan Tombol Power

lakukan cara ini dimulai dari 5-7 detik, jika HP merestart, maka artinya masalah mungkin dari baterai yang sudah habis. Namun jika tidak bisa maka tekan sampai 60 detik, jika masih tidak bisa juga maka anda bisa menggunakan cara selanjutnya.

Coba Isi Daya Baterai

Yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi ponsel mati total yang tidak dapat diisi adalah dengan mengisi daya baterai. Jika ponsel merespons saat mengisi daya, baterai ponsel mungkin mati dan kehabisan daya. Artinya Kondisi ini bukan karena kerusakan sistem atau komponen.

Tentu saja, ponsel yang dimatikan tidak akan merespon meskipun Anda mencoba menyalakannya berkali-kali dengan tombol power. Namun, jika ponsel cepat menjadi panas atau kepanasan saat mengisi daya,  segera cabut dan jangan lanjutkan pengisian untuk menghindari hal-hal yang tidak perlu. Gunakan cara selanjutnya.

Ganti Charger

HP baterai tanam anda mati total mungkin bisa jadi karena ada kerusakan charger yang mengakibatkan HP anda tidak bisa di isi daya. Kerusakan pada charger bisa terlihat dari pengisian daya yang tidak stabil, pelan atau bahkan presentase baterai menurun saat mengisi HP.

Apabila charger terus dipakai akan mengakibatkan baterai pada hp tidak terisi optimal, dan bahkan bisa mengakibatkan kerusakan komponen lainnya yang mengakibatkan mati total. Coba pasangkan charger ke HP temanmu, jika bisa jadi ada masalah dengan hpmu dengan ini anda bisa lanjut ke metode selanjutnya.

Bongkar HP dan Ganti Baterai Dengan yang Lain

Coba bongkar HP anda dengan beberapa alat service yang bisa anda gunakan. Jika anda tidak bisa maka jangan mengambil resiko dan membawanya ke tempat service HP. Jika anda bisa maka coba bongkar HP andam cabut baterai yang ada dan ganti dengan yang lain.

Jika cara ini berhasil maka artinya anda hanya perlu mengganti baterai saja. Kalau tidak bisa maka dibawah ini adalah metode terakhir.

Bawa ke Tempat Service

Setelah anda bongkar dan ternyata masih tidak menyala juga, maka kerusakan bisa diakibatkan dari komponen lainnya. Untuk komponen-komponen yang rusak ini jangan anda lakukan sendiri tanpa profesional atau tukang service HP.

Nanti akan diidentifikasi bagian yang rusak oleh yang memperbaiki hp tadi. Entah dari konektor, circuit yang terbakar, atau adanya bug saat diperiksa. Selain itu jika diserahkan pada yang ahli masalahmu bisa ditangani dengan cepat.

Apa Saja Penyebab HP Baterai Tanam yang Mati Total dan Tidak Bisa Dicas

Sering sekali kasus hp dicas tapi tidak mengisi baterai tanam dan biaya reparasinya juga tidak sedikit, tapi anda harus tahu terlebih dahulu apa saja penyebab hp mati total.

Usia HP Sudah Tua

Seperti manusia, ponsel punya waktu. Karena daya tahan komponen telepon yang terbatas, itu tidak selalu berfungsi dengan baik. Penggunaan ponsel dalam waktu lama dapat merusak komponen internal. Kondisi mati total ini biasanya terjadi pada ponsel yang sudah digunakan lebih dari dua tahun.

Terbentur, atau Jatuh Ke Air

HP mati total juga bisa disebabkan karena korsleting akibat terbentur atau jatuh ke air. Korsleting akan merusak komponen pada ponsel dan menurunkan kinerja ponsel.

Baterai HP Rusak

Baterai HP dapat rusak karena penggunaan yang tidak tepat, seperti saat sedang diisi dayanya atau saat tidak terisi penuh. Kondisi baterai akan terus memburuk dan pada akhirnya akan rusak dalam jangka panjang. Jika baterai rusak, hp tidak bisa dihidupkan atau hp mati tidak bisa di cas.

Ini biasanya ditunjukkan oleh bagian kompartemen baterai yang mengembang dan terlihat kembung.

Konektor Baterai Rusak

Jika baterai ponsel Anda baik-baik saja, tetapi tidak menyala dan mengisi daya, berarti ada masalah dengan konektor baterai.

Penggunaan Pengisi Daya yang Salah

Menggunakan pengisi daya atau pengisi daya elektronik yang tidak asli atau tidak sesuai dengan spesifikasi ponsel dapat mengakibatkan mati total. Karena beberapa charger memiliki klasifikasi tersendiri yang bisa disesuaikan dengan handphone.

Menggunakan HP Sampai Overheat atau Terlalu Panas

Ponsel bisa menjadi terlalu panas dan menjadi panas, dan biasanya ditandai dengan fakta bahwa ponsel itu sendiri menjadi panas saat digunakan. Jika dibiarkan terlalu panas, panas dapat merusak komponen internal dan menyebabkan masalah yang lebih fatal.

Ada Bug Sistem

Bug dan kesalahan sistem dapat menghambat kinerja ponsel Anda. Ini karena mereka biasanya tidak tertarik pada pembaruan sistem atau pembaruan rutin. Pembaruan yang disediakan pengembang membantu menambah fungsionalitas dan mengatasi banyak masalah seperti bug.

Kesimpulan

Hp saat ini adalah alat yang sangat dibutuhkan dan sering digunakan orang tidak hanya untuk komunikasi, tapi juga online. Dengan penggunaan HP yang mayoritas baterai tanam, maka masalah bisa terjadi, seperti hp mati total.

Tentunya semua tidak ingin mengalami hal ini, selain membuang waktu dan juga mengganggu aktifitas anda yang berhubungan dengan ponsel. Maka dari itu, kami sajikan penyebab dan cara mengatasi hp mati total yang tidak bisa dicas dan menggunakan baterai tanam.

Semoga informasi diatas dapat membantu anda yang ingin memperbaiki HP anda yang mengalami masalah tadi. Selamat mencoba.


Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi HP Mati Total Tidak Bisa Dicas Baterai Tanam"