©
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengembalikan Akun Google di Hp yang Hilang dengan Cepat dan Mudah

Cara Mengembalikan Akun Google di Hp yang Hilang dengan Cepat dan Mudah


Jika ponsel Anda tiba-tiba menghilang, Anda mungkin memerlukan cara untuk memulihkan akun google di ponsel Anda yang hilang. Jika Anda kehilangan ponsel, akan sedikit sulit untuk memulihkan akun Google Anda. 

Apalagi menjadi sangat rumit jika akun kita tidak dikeluarkan terlebih dahulu. Pemulihan akun email sendiri adalah solusi tepat ketika Anda mengalami masalah kehilangan ponsel. Namun, Anda perlu menggunakan beberapa metode untuk membantu memulihkan akun google Anda dengan lancar. 

Jika Anda kehilangan akun, Anda dapat mengakses akun Google yang hilang karena Anda dapat mengakses login Pemulihan Google. Perhatikan beberapa cara berikut yang mungkin pernah Anda lakukan sebelumnya dan ikuti langkah-langkah di bawah ini sampai akhir.

Beberapa Cara Mengembalikan Akun Google di Hp yang Hilang

Google menawarkan dua opsi bagi pengguna yang ingin memulihkan akun Google yaitu menggunakan nomor telepon pemulihan dan alamat email pemulihan. Jika Anda tidak dapat melakukan salah satu dari dua opsi di atas, ucapkan selamat tinggal pada akun Google Anda. Saat Anda membuat akun Google, Anda dapat mengatur metode pemulihan akun di bawah ini.

Menggunakan Alamat Email Pemulihan

Lankah pertama untuk Mengembalikan Akun Google di Hp yang Hilang adalah dengan menggunakan alamat email pemulihan yang Anda daftarkan. Prosedurnya adalah sebagai berikut: 

1. Buka halaman login Gmail dan masukkan alamat email Anda. Kemudian ketuk Berikutnya untuk melanjutkan. 

2. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memasukkan kata sandi Anda. Pilih "Lupa Kata Sandi" untuk memulihkan akun Anda. 

3. Gmail kemudian mengirimkan email ke akun email pemulihan terdaftar Anda dalam bentuk kode verifikasi. Salin kode dan klik Berikutnya. 

4. Kemudian buka halaman untuk membuat kata sandi email baru. Buat kata sandi baru dan klik Simpan Kata Sandi.

Menggunakan Nomor Pemulihan

Selain menggunakan email pemulihan, Anda juga dapat memulihkan akun Google menggunakan nomor pemulihan yang Anda daftarkan. 

1. Buka halaman Gmail Anda, masukkan alamat email Anda di halaman login, dan klik Next. 

2. Kemudian pilih Jika Anda lupa kata sandi Anda. 

3. Kemudian Anda akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi. Temukan kata "Coba Cara Lain" dan klik. 

4. Selanjutnya, Google akan memberi Anda opsi untuk menerima kode verifikasi. Anda dapat melakukannya melalui pesan atau telepon. Silakan pilih salah satu dari keduanya. 

5. Kemudian periksa ponsel cerdas Anda untuk menerima panggilan atau kode verifikasi. Kemudian salin atau ingat kode verifikasi dan masukkan di kolom yang ditampilkan. Kemudian klik Berikutnya. 

6. Kemudian Anda akan diminta untuk membuat kata sandi baru. Buat dan ingat kata sandi yang kuat dan klik Simpan Kata Sandi. Jika berhasil, Google akan memberikan rekomendasi "Security Checkup".

Lalu Bagaimana Cara Memulihkan Akun Google yang Sudah Terhapus?

Menggunakan Nomor Pemulihan

Salah satu Cara untuk memulihkan akun Google yang dihapus secara permanen adalah dengan menggunakan nomor telepon yang Anda daftarkan saat membuat akun email dengan Google atau Gmail: 

1. Kunjungi halaman login Gmail 

2. Masukkan alamat email Gmail yang ingin Anda pulihkan dan klik "Next" 

3. Pada halaman kata sandi, pilih Lewati atau Coba pertanyaan lain 

4. Masukkan nomor telepon pemulihan yang terdaftar dan klik "Kirim Pesan" 

5. Tunggu beberapa menit hingga kode verifikasi tiba di ponsel cerdas Anda. Pastikan nomor pemulihan masih aktif dan gunakan. 

6. Ketika Anda menerima kode verifikasi, isi kolom yang tersedia dan klik Berikutnya. 

7. Buat kata sandi baru dan klik Berikutnya 

8. Gunakan email pemulihan

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan alamat email pemulihan atau recovery email. Silakan lanjutkan menggunakan email agar Anda dapat menerima kode verifikasi: 

1. Buka browser Anda dan salin artikel ini atau klik tautan berikut https://accounts.google.com/signin/recovery?hl=in 

2. Masukkan alamat email yang ingin Anda pulihkan dan klik "Next" 

3. Kemudian pilih Coba metode lain 

4. Selanjutnya, masukkan alamat email pemulihan yang Anda daftarkan untuk pemulihan dan klik Kirim. 

5. Tunggu Google mengirimkan kode verifikasi ke alamat email tersebut 

6. Kemudian masukkan atau salin kode verifikasi yang dikirim (total 6 digit) di kolom yang ditampilkan dan klik Berikutnya. 

7. Di halaman berikutnya, jika Anda mengklik Ubah Kata Sandi, Anda dapat mengatur ulang kata sandi baru atau membuat yang baru. 

8. Telah selesai. Sekarang anda dapat memasukkan kembali akun Google yang telah dihapus sepenuhnya.

Jika akun Gmail merasa hilang padahal dinonaktifkan karena alasan lain, seperti pelanggaran kebijakan layanan Google (Term of Service). Maka Harap baca Persyaratan Layanan (Term of Service) Google terlebih dahulu dengan cermat untuk memastikan bahwa pelanggaran apa pun yang mungkin Anda lakukan tidak akan terjadi lagi. 

Nanti, yang nantinya google akan memberi Anda alamat email untuk memulihkan akun yang dinonaktifkan. Terjadinya akun Gmail yang telah dinonaktifkan oleh Google biasanya disebabkan oleh pelanggaran serius terhadap Persyaratan Layanan dan kebijakan Google untuk memantau akun Anda. 

Salah satu contohnya adalah pelanggaran yang terjadi ketika akun AdSense Anda terlibat dalam aktivitas klik tidak valid.Jika apa yang terjadi dianggap kurang serius, Anda seharusnya bisa mendapatkan kembali akun Anda dalam waktu 24-48 jam atau 1 sampai 2 hari, tergantung dari situasinya.

Beberapa Alasan Mengapa Orang Sering Lupa Sandi Email ataupun Hilang

1. Menggunakan Simbol-Simbol

Penggunaan simbol unik dan aneh adalah salah satu persyaratan umum untuk membuat kata sandi. Namun, jika Anda memiliki terlalu banyak simbol atau angka, maka ada kemungkinan anda akan lupa akan kata sandi atau passwordnya.

2. Password Terlalu Panjang

Alasan kedua adalah menggunakan password yang terlalu panjang. Faktanya, menggunakan password  yang panjang adalah cara yang bagus untuk meningkatkan keamanan terhadap pencurian kata sandi. Sebaiknya tuliskan kata sandi Anda di memo ponsel atau di buku harian Anda agar tidak mudah lupa.

3. Terlalu Sering Mengganti Password

Salah satu alasan orang cenderung lupa kata sandi adalah karena mereka sering mengubah atau mengganti kata sandi. Mengubah kata sandi Anda secara teratur adalah penting untuk mencegah pencurian informasi dan data dan untuk membatasi akses oleh  logger keystroke. 

Logger keystroker ini adalah teknologi yang umum digunakan untuk merekam penekanan tombol oleh pengguna. Oleh karena itu, mengubah kata sandi Anda secara teratur akan meminimalkan pencurian dari logger keystroke Anda.

Akhir Kata

Metode yang telah di jelaskan di atas ini memungkinkan Anda untuk memulihkan akun google yang terhapus atau hilang, jadi pastikan alamat email atau nomor telepon pemulihan Anda selalu aktif dan Pastikan kata sandi Anda tidak mengandung informasi pribadi apa pun yang ditemukan oleh orang lain. Jika Anda merasa akun Anda telah dibajak oleh orang lain, Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan di Memulihkan Akun Google Anda.

Posting Komentar untuk "Cara Mengembalikan Akun Google di Hp yang Hilang dengan Cepat dan Mudah"