©
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Tinta Epson Ori dan KW secara Lengkap

Cara Membedakan Tinta Epson Ori dan KW

Hampir semua hal memiliki tiruan, salah satunya adalah tinta printer epson. Bagi Anda yang menggunakan tinta epson alangkah baiknya untuk mengenali perbedaan tinta epson ori dan kw. Hal ini dapat Anda lakukan dengan mudah.

Tinta printer ini dapat Anda gunakan untuk mengisi warna pada mesin printer. Tujuannya untuk memberi warna pada dokumen yang sesuai dengan keinginan. Tinta printer ini memiliki bahan kimia, seperti pigment, colorant, resin, dan juga campuran bahan kimia lainnya.

Mengapa Harus Menggunakan Tinta Ori?

Tidak dapat dipungkiri jika peredaran printer kw di Indonesia termasuk salah satu terbesar di Indonesia. Berbagai merk tinta yang diklaim kompatibel dengan printer yang beredar di pasaran sehingga mudah didapatkan.

1. Memiliki harga yang terjangkau

Mencetak dengan menggunakan tinta printe yang asli sebenarnya tidak semahal seperti yang dibayangkan. Produsen printer ini juga menyediakan printer dengan tinta yang dapat Anda isi ulang sendiri.

Sehingga Anda tidak perlu membeli cartridge yang baru setiap kali tinta printer Anda habis. Perlu diingat juga bahwa tinta isi ulang yang asli ini sudah dijelaskan sedemikian. Tujuannya adalah agar dapat bekerja dengan printer sehingga tidak memiliki resiko kerusakan dan masalah lain yang dapat dihindari.

Jika printer Anda mengalami kerusakan yang diakibatkan oleh terlalu sering menggunakan tinta printer epson yang palsu maka biaya perbaikan yang diperlukan tentunya lebih besar dari jumlah yang dapat Anda hemat.

2. Memiliki hasil cetak yang berkualitas

Alasan menggunakan tinta epson yang ori adalah hasil cetak yang berkualitas. Terkadang kita lupa jika terdapat banyak teknologi yang diterapkan dalam proses produksi tinta untuk printer. Tinta printer tersebut harus bertahan pada tingkat kekentalan yang sangat tinggi.

Tujuannya adalah untuk menjaga konsistensi dan juga kualitas tinta. Sehingga sangat penting untuk menjaga kualitas hasil cetak yang prima. Pada waktu pencetakan dokumen yang hitam putih perbedaan kualitas hasil cetak menggunakan tinta printer original akan terlihat dengan mudah.

Huruf yang dihasilkan dari hasil cetakan ini pun lebih tajam dan memiliki kualitas cetak yang lebih konsisten. Perbedaan tersebut semakin jelas terlihat ketika printer yang digunakan untuk mencetak dokumen berwarna atau foto. Terutama dengan resolusi cetak yang lebih besar.

3. Garansi yang terjamin

Perbedaan tinta epson ori dan kw juga menjadi bahan pertimbangan tersendiri. Hal tersebut dikarenakan tinta epson ori memiliki garansi yang sudah terjamin. Garansi ini berlaku ketika Anda menggunakan tinta printer yang asli yang diproduksi oleh Indonesia.

Apabila Anda memilih untuk menggunakan tinta printer ulang non-original dari produsen tinta lainya. Anda juga memilih untuk menggugurkan garansi yang telah diberikan. Ini berarti Anda tidak dapat menggunakan layanan purna jual secara gratis apabila terjadi kerusakan pada printer.

Anda mungkin dapat menghemat sedikit ketika memilih dengan menggunakan tinta printe yang palsu. Namun dengan menggunakan tinta printer palsu justru berpotensi mengeluarkan biaya yang lebih besar di masa yang akan datang.

5 Perbedaan Tinta Epson Ori dan kw

Bagi Anda yang masih kurang jeli dalam tampilan antara tinta epson ori dan palsu akan terlihat sama. hal ini dikarenakan memiliki tingkat kemiripan yang sangat mirip. Untuk membedakannya, berikut adalah 5 perbedaan tinta epson ori dan kw yang dapat Anda pelajari.

1. Terdapat tulisan label

Perbedaan tinta epson ori dan kw yang pertama adalah adanya tulisan pada label yang terdapat pada kemasannya. Tulisan tersebut dicetak secara jelas dan juga terang. Sedangkan untuk tinta epson yang palsu terkesan blur atau kabur dan juga agak belepotan.

2. Terdapat hologram bintang

Selain terdapat tulisan pada label ciri tinta epson yang ori adalah terdapat tanda hologram bintang yang terlihat jelas pada tulisan epson. Selain itu hologram tersebut apabila diraba juga terasa lebih timbul.

Sedangkan untuk tinta epson palsu simbol hologram bintangnya lebih terlihat samar-samar. Dan ketika diraba lebih terasa halus.

3. Terdapat kode produksi

Perbedaan tinta epson ori dan kw yang selanjutnya adalah terdapat kode produksi. Perbedaan yang satu ini merupakan perbedaan yang paling mencolok dan juga dapat Anda lihat pada bagian kode produksi yang terletak pada bawah barcode.

Untuk tinta epson yang asli kode produksinya tersembunyi. Kode produksi tersebut akan terlihat pada waktu Anda menggosoknya dengan menggunakan koin. Kode produksi tersebut mirip sekali dengan voucher fisik pulsa.

Sedangkan untuk tinta epson yang palsu, kode produksi akan langsung terlihat di bagian bawah barcode tanpa harus mengocoknya terlebih dahulu.

4. Memiliki kode serial number (SN)

Perbedaan yang selanjutnya adalah terdapat kode serial number atau SN yang juga dapat Anda lihat dari serial  numbernya. Untuk tinta epson yang asli, serial numbernya terdaftar langsung di perusahaan epson.

Untuk tinta epson yang palsu, kode serial numbernya tidak terdaftar pada perusahaan epson. Untuk mengeceknya Anda dapat menggunakan aplikasi Mobile Epson Genuine.

5. Kekentalan tinta

Perbedaan tinta epson ori dan kw yang terakhir adalah tentang kekentalan tinta yang ada tinta epson yang asli terlihat lebih kental jika dibanding dengan tinta epson yang palsu. Untuk mengujinya Anda bisa sama-sama menuangkan ke dalam sebuah wadah yang terpisah.

Tips Aman Membeli Tinta Printer Epson

Setelah mengetahui perbedaan antara tinta epson yang asli dan palsu diharapkan tidak ada lagi yang tertipu dengan adanya tinta epson yang palsu. Demi keamanannya alangkah baiknya jika Anda memperhatikan tips berikut ini.

1. Official Epson

Untuk mendapatkan epson ori Anda bisa mendapatkan di Official resmi Epson Indonesia tersebut yang sudah terdapat di toko online, seperti Tokopedia, dan Shopee. Anda tinggal menekan tulisannya pada tombol pencarian nani akan langsung menuju list produknya.

2. Perhatikan kompatibilitas printer

Tips yang kedua adalah dengan memilih tinta original dari merek yang sama dengan jenis printer yang Anda gunakan. Tingkat kekentalan tinta yang berbeda antar atau dengan yang lainnya dapat merusak printer Anda apabila tinta yang Anda gunakan tidak sesuai.

3. Memperhatikan bentuk pengisian tinta

Banyaknya jenis printe rini dapat membuat bentuk tinta yang digunakan untuk setiap jenis printer ini tentunya berbeda-beda. Selain itu juga memiliki harga yang berbeda antara tinta yang satu dengan tinta jenis printer yang lainnya.

4. Memahami jenis tinta

Selain ketiga tips di atas yang tidak kalah penting Anda perhatikan adalah dengan memahami berbagai jenis tinta. Hal ini sangat berpengaruh hasil cetak gambar atau dokumen Anda.

Setelah mengetahui perbedaan tinta epson ori dan kw diatas, alangkah baiknya jika Anda juga memperhatikan model printer yang Anda gunakan. Hal ini tentunya sangat berpengaruh pada hasil cetak dokumen Anda demi keamanan mesin printer yang Anda miliki. 

Posting Komentar untuk "Perbedaan Tinta Epson Ori dan KW secara Lengkap"