©
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Memperbaiki Blender yang Rusak dengan Mudah

6 Cara Memperbaiki Blender yang Rusak dengan Mudah

Blender merupakan salah satu peralatan elektronik dapur yang sering memudahkan dalam kegiatan memasak. Cara memperbaiki blender yang rusak ini ternyata cukup mudah dan dapat Anda lakukan sendiri di rumah.

Ketika blender mengalami kerusakan tidak heran jika cukup membingungkan. Pasalnya alat elektronik ini berfungsi untuk menghaluskan berbagai jenis olahan, baik untuk minuman atau makanan. Namun sayangnya alat ini mudah sekali rusak.

6 Penyebab Blender Rusak

Sebelum membahas perihal cara memperbaiki blender yang rusak alangkah baiknya untuk mengenali terlebih dahulu penyebab blender tersebut menjadi tidak dapat bekerja dengan baik.

1. Mata pisau macet

Pabila blender tidak dibersihkan secara berkala secara menyeluruh, makanan dan kotoran bisa saja dapat menumpuk pada area mata pisau blender. Selain dapat membuat bilah pisau menjadi macet, juga dapat merusak wadah blender dan membuatnya retak.

2. Blender yang rapuh

Setiap blender memiliki kapasitas maksimum yang tentunya berbeda antara satu dengan yang lainnya. supaya blender dapat bekerja dengan maksimal, alangkah baiknya Anda menggunakan blender sesuai dengan kapasitas yang telah ditentukan.

Apabila Anda mengisi blender terlalu penuh dengan makanan padat, mata pisau akan bekerja lebih keras dan mengakibatkan motor menjadi panas. Ketika Anda ingin menggiling bahan makanan yang cukup banyak, Anda dapat melakukannya beberapa kali.

3. Mata pisau tidak terpasang dengan benar

Penyebab blender tidak dapat bekerja adalah disebabkan oleh mata pisau yang tidak terpasang dengan benar. Ketika Anda membersihkan mata pisau blender, kemungkinan mata pisau bergeser atau salah dalam memasang. Mata pisau yang tidak terpasang dengan benar bisa mengakibatkan mata pisau tidak mau berputar.

4. Untuk menghaluskan bahan dalam kondisi kering

Penyebab lainnya yang dapat menyebabkan blender menjadi cepat rusak adalah digunakan untuk menghaluskan bahan-bahan dalam kondisi kering dan keras, seperti laos, jahe, kunyit, dan kencur. Tidak disarankan untuk menghaluskan bahan-bahan tersebut dengan ukuran yang masih utuh.

5. Untuk menghaluskan daging

Blender seyogyanya adalah sebuah perangkat elektronik yang berfungsi untuk menghaluskan rempah-rempah, sayur-mayur, buah-buahan. Jadi, blender bukan alat untuk menghaluskan daging. Tidak diperkenankan untuk menghaluskan daging dengan menggunakan blender.

6. Jarang membersihkan blender

Apabila Anda ingin blender Anda awet maka rawatlah dengan sepenuh hati. blender yang jarang dibersihkan dapat mengakibatkan blender menjadi cepat rusak. Atau minimal setiap kali selesai digunakan Anda harus membersihkan sisa-sisanya.

Cara Memperbaiki Blender yang Rusak

Beberapa kerusakan pada blender yang disebabkan oleh beberapa hal yang telah disebabkan di atas dapat mengakibatkan beberapa kerusakan, seperti beberapa masalah dibawah ini beserta cara memperbaikinya.

·         Motor blender yang tidak dapat berputar

·         Putaran motor menjadi lambat

·         Putaran motor menjadi tersendat-sendat

1. Periksa kabel

Cara memperbaiki blender rusak yang pertama adalah dengan memeriksa kabel. Anda dapat melepas dan memeriksa secara menyeluruh, kemudian cek apakah kabel blender Anda ada yang terputus atau tidak.

2. Gantilah colokan listrik

Blender yang tidak dapat berputar kemungkinan dikarenakan colokan yang kerap digunakan sudah rusak atau tidak lagi berfungsi sebagaimana mestinya.  Anda dapat mengganti colokan listrik jika masih tidak berfungsi atau Anda membongkar mesin pada blender tersebut.

3. Membersihkan terminal blender

Letak terminal blender ini berada di bawah wadah blender. Tidak jarang sisa makanan yang dihaluskan masuk ke dalam terminal dan dapat menghambat fungsi blender secara keseluruhan. Oleh sebab itu Anda harus membersihkan area tersebut.

4. Mengecek dinamo

Cara yang selanjutnya adalah dengan mengecek keadaan dinamo. Pada fase ini merupakan fase yang cukup rumit. Hal dikarenakan Anda harus memeriksa dinamo blender. Setelah membongkar badan blender, cobalah untuk mengecek dinamo, apakah terdapat bagian yang terputus atau tidak.

5. Blender yang tidak mau berputar

Masalah yang umum disebabkan oleh dinamo yang rusak atau tidak normal. Cara memperbaiki blender yang rusak tidak mau berputar adalah dengan melakukan pengecekan terhadap dinamo tersebut.

Apakah terdapat bagian yang putus atau tidak. Hal ini umumnya terjadi karena dapat dipastikan jika blender Anda tidak dapat berfungsi dengan sempurna.

6. Blender yang berdengung

Permasalahan yang kedua adalah blender yang hanya berdengung saja ketika dinyalakan. Umumnya terjadi karena kurangnya arus pada blender tersebut. selain itu juga dapat disebabkan oleh motor dinamo yang seret, sehingga tidak dapat bekerja dengan baik.

Cara memperbaiki blender yang rusak karena berdengung ini dapat dilakukan dengan memberikan pelumas pada bagian yang bermasalah. Tidak hanya itu saja, salah satu penyebabnya adalah carbon brush yang sudah tipis sehingga sulit untuk menggerakkan motor blender.

Namun, apabila Anda sudah memberikan pelumas namun tetap saja berdengung dan tidak dapat bekerja, Anda bisa mengganti carbon brush dengan yang baru.

Cara Merawat Blender Supaya Awet

Setelah mengetahui cara memperbaiki blender yang rusak, maka Anda juga harus mengetahui cara merawat blender agar awet atau tidak cepat rusak. Hal itu dikarenakan dalam menggunakan perangkat elektronik yang sembarangan dapat mengakibatkan menjadi cepat rusak.

1.Periksalah secara rutin

Sebelum Anda menggunakan blender pastikan terlebih dahulu jika tidak ada karet kabel yang terkelupas. Tidak hanya itu saja periksalah apakah ada keretakan atau bahan pecah yang terdapat pada tabung blender.

Selain itu Anda juga harus memeriksa bilah untuk sambungan ke listrik yang aman. Dengan menggunakan barang elektronik yang rusak justru akan menjadikan perangkat elektronik tersebut menjadi cepat rusak.

2. Berhati-hati

Fungsi blender memang untuk menghancurkan makanan. Namun, meski demikian tidak dianjurkan untuk menghaluskan makanan yang bersifat keras, seperti jahe, kentang, atau bahkan es batu. Apabila Anda ingin menghaluskannya, maka potonglah kecil-kecil terlebih dahulu.

3. Jangan menghidupkan ketika kosong

Cara merawat blender yang selanjutnya adalah dengan tidak menghidupkan blender dalam keadaan kosong. Hal tersebut sama halnya dengan mengisi blender dengan muatan yang berlebihan. Tanpa adanya isi bilah dan mesin motor akan berjalan terlalu cepat yang menjadikannya cepat aus.

4. Memasukkan bahan secara berurutan

 Banyak pemula tidak mengetahui jika terdapat urutan yang tepat untuk menambahkan makanan dan cairan ke dalam blender. Cara yang pertama adalah dengan memasukkan cairan ataupun untuk memudahkan pisau bergerak dengan bebas.

Yang selanjutnya adalah dengan menambahkan bubuk agar tidak menempel di tutupnya. Kemudian makanan yang hendak Anda blender, seperti sayuran dan buah. Apabila Anda hendak memasukkan makanan yang beku, pastikan terlebih dahulu memasukkan diakhir.

5. Membersihkan mata pisau

Setelah blender kembali normal setelah diperbaiki dengan cara memperbaiki blender yang rusak yang disebabkan mata pisau tidak dapat berfungsi. Maka tidak dianjurkan membersihkan blender hanya sekedar pada tabung nya saja.

Bongkar blender hingga rata pisau terlepas. Hal ini dikarenakan pada bagian tersebut terdapat banyak sisa-sisa makanan yang menempel.

Cara memperbaiki blender yang rusak di atas dapat Anda praktekkan sendiri di rumah tanpa harus membawa blender ke tukang service. Namun, sebelum memperbaiki pastikan terlebih dahulu penyebab blender tidak dapat bekerja.

Posting Komentar untuk "6 Cara Memperbaiki Blender yang Rusak dengan Mudah"