©
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara Memperbaiki Mouse Wireless yang Rusak dengan Mudah

8 Cara Memperbaiki Mouse Wireless yang Rusak dengan Mudah

Keberadaan mouse wireless dewasa ini sudah banyak sekali digunakan dan telah berhasil menggeser popularitas keberadaan mouse kabel. Namun, mouse wireless tidak lepas dari berbagai masalah yang kerap mengganggu untuk bekerja. lalu, bagaimana cara memperbaiki mouse wireless yang rusak?

Bagi Anda yang tengah mengalami masalah dengan mouse wireless Anda, berikut adalah beberapa cara yang dapat membantu Anda untuk mengatasinya. Namun, sebelumnya alangkah baiknya untuk mencari tahu terlebih dahulu penyebab dari kerusakan mouse wireless tersebut.

Penyebab Mouse Wireless Rusak

Seringkali dikeluhkan para pengguna mouse wireless karena seringnya mengalami trouble. Meski memiliki keunggulan yang bersifat praktis, namun terkadang mouse wireless tersebut tidak berfungsi dengan baik yang disebabkan oleh beberapa hal berikut ini.

1. Baterai habis

Penyebab mouse wireless rusak yang pertama adalah baterai yang telah habis digunakan. Seperti yang susah diketahui jika mouse wireless menggunakan baterai sebagai sumber daya. Hal tersebut tentu berbeda dengan mouse kabel yang mendapatkan sumber dari laptop.

Apabila baterai yang digunakan telah habis, maka mouse tersebut tidak dapat digunakan kembali dan harus mengganti dengan baterai yang baru. Pastikan juga jenis baterai yang digunakan mouse wireless yang Anda miliki.

2. Tidak memasang USB driver

Sebelum mengetahui cara memperbaiki mouse wireless yang rusak adalah Anda harus mengetahui terlebih apa yang menyebabkan mouse wireless Anda rusak. Penyebab yang kedua adalah Anda yang tidak memasang USB driver . karena pada dasarnya mouse ini menggunakan konsep plug and play.

Yang artinya adalah Anda dapat langsung menggunakan tanpa harus melakukan pemasangan pada driver. Namun, terdapat beberapa mouse tertentu dan biasanya memiliki harga yang mahal. Jadi, Anda harus memasang terlebih dahulu CD driver mouse tersebut.

Apabila Anda membeli mouse wireless yang menggunakan CD driver, maka silahkan lakukan pemasangan terlebih dahulu pada sebuah aplikasi. Kemudian hubungkan dengan mouse untuk melihat hasilnya.

3. Receiver Bluetooth yang rusak

Penyebab mouse wireles rusak yang selanjutnya adalah receiver bluetooth yang rusak. Sehingga tidak dapat terhubung dengan ke laptop atau komputer Anda. ketika receiver mengalami kerusakan, otomatis mouse pun tidak dapat digunakan.

Kerusakan bluetooth tersebut bisa terjadi karena mouse tersebut pernah terjatuh atau kualitas dari receiver itu sendiri yang sangat buruk. Dan ketika receiver tersebut telah rusak tidak dapat diperbaikinya.

Cara Memperbaiki Mouse Wireless yang Rusak

Setelah mengetahui beberapa penyebab mouse wireless rusak, Anda dapat memperbaikinya sesuai dengan penyebab dari mouse yang tidak lagi berfungsi. Berikut adalah beberapa cara memperbaiki mouse wireless yang rusak.

1. Memastikan mouse wireless dapat menyala

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah mouse Anda tetap dapat menyala atau tidak. Meski terkesan lucu, namun cara tersebut memang sering terjadi. Apalagi jika Anda baru menggunakan mouse wireless.

Beberapa mouse wireless memiliki tombol switch on/off yang umumnya terletak di bagian bawah mouse atau pada bagian dalamnya. Jadi, pastikan mouse wireless tersebut dalam keadaan ON. Jika sudah, cobalah apakah mouse wireless Anda sudah terdeteksi dan sudah dapat digunakan atau belum.

2. Memperbarui driver mouse

Cara memperbaiki mouse wireless yang rusak selanjutnya adalah dengan melakukan update pada driver mouse wireless Anda. hal ini disebabkan bukan tidak mungkin driver mouse mengalami error. Untuk melakukannya, Anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut ini.

·         Langkah pertama adalah dengan membuka Start Menu

·         Kemudian carilah dan buka aplikasi Device Manager

·         Langkah yang selanjutnya adalah dengan memilih menu Mice and Other Pointing Devices

·         Lalu pada driver Mouse, klik kanan kemudian klik opso Update Driver

·         Kemudian klik opsi Search Automatically for Drivers

3. Copot koneksi dan Baterai

Cara mengatasi mouse wireless yang tidak berfungsi selanjutnya adalah dengan melepas koneksi atau receiver mouse wireless beserta baterainya. Setelah keduanya dilepas, tunggulan hingga beberapa saat atau sekitar 10 detik.

Kemudian Anda dapat memasukkan kembali baterai dan hubungkan USB konektor mouse wireless pada laptop atau komputer Anda.

4. Mencoba memasangkan mouse wireless pada komputer lain

Dengan mencoba memasangkan mouse wireless pada komputer atau laptop lain merupakan salah satu cara memperbaiki mouse wireless yang rusak setelah ketiga cara diatas dilakukan. Dengan cara ini memiliki tujuan untuk mengecek apakah kerusakan tersebut pada mouse Anda ataukah tidak.

Apabila di komputer atau laptop yang lainnya terbaca itu berarti mouse wireless yang Anda miliki masih normal dan harusnya masih dapat digunakan. Namun, jika di laptop Anda tidak terbaca, kemungkinan mouse wireless Anda mengalami kerusakan atau baterainya sudah habis.

5. Mengganti baterai yang baru

Seperti yang telah dijelaskan di atas jika sumber mouse wireless merupakan dari baterai. Apabila lampu mouse wireless tersebut tidak menyala dan mouse tidak dapat dihidupkan, itu berarti bisa saja sebagai pertanda jika baterai yang digunakan telah habis.

Jadi, Anda dapat mencobanya dengan membeli baterai baru dengan tipe yang sama. kemudian gantilah baterai mouse tersebut. biasanya cara ini cukup ampuh untuk mengatasi masalah mouse wireless yang tidak dapat berfungsi atau tidak dapat digerakkan sama sekali.

6. Memindahkan port USB ke port lain

Cara memperbaiki mouse wireless yang rusak selanjutnya adalah dengan memindahkan port USB ke port yang lain. hal ini umumnya dilakukan ketika port yang Anda gunakan mengalami error.

Cara mengatasinya adalah dengan melepaskan konektor USB mouse wireless kemudian menghubungkan pada port USB lainnya yang terdapat di komputer atau laptop Anda. namun untuk kompute, alangkah baiknya dengan mencoba menghubungkan ke port USB pada bagian belakang.

7. Melepas dan memasang kembali dongle mouse

Cara yang satu ini sebenarnya mirip sekali dengan cara pada nomor tiga di atas. Bedanya adalah Anda tidak harus mencabut baterainya dulu. Yaitu dengan mencopot dongle atau receiver mouse wireless dan memasangnya kembali.

Namun disarankan sebelum konektor dihubungkan kembali, alangkah baiknya jika restart laptop atau komputer terlebih dahulu. Cara inipun terbilang cukup efektif untuk mengatasi masalah mouse wireless yang tidak dapat bekerja dengan baik.

8. Mengganti mouse dengan yang baru

Apabila sudah melakukan semua cara di atas, namun mouse wireless Anda tetap tidak dapat bekerja dengan baik mungkin Anda harus mengganti mouse tersebut dengan mouse yang baru. Hal ini kemungkinan besar mouse wireless Anda telah rusak.

Jadi, satu-satunya solusinya adalah dengan membeli mouse wireless yang baru. Disarankan juga untuk membeli mouse wireless yang berkualitas, namun sayangnya memiliki harga yang relatif lebih mahal.

Setelah mengetahui cara memperbaiki mouse wireless yang rusak sehingga Anda dapat memperbaiki mouse wireless Anda atau mengabarkan kepada teman atau kerabat yang mengalami permasalahan yang sama. 

 

Posting Komentar untuk "8 Cara Memperbaiki Mouse Wireless yang Rusak dengan Mudah"