©
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Printer Rusak dan Cara Mengatasinya

 Kenali Penyebab Printer Rusak dan Cara Mengatasinya

Apabila printer yang Anda miliki sudah lama tidak digunakan, dan kita tiba-tiba butuh cepat untuk mencetak biasanya tidak dapat digunakan atau hasilnya jelek. Lalu, apa penyebab printer rusak? Berikut adalah beberapa hal yang menyebabkan printer menjadi rusak.

Beberapa Penyebab Printer Rusak

Setelah Anda melakukan cleaning biasa nya hasil cetaknya tetap saja tidak sesuai dengan yang diinginkan. Hal ini memang sebaiknya printer inkjet tersebut digunakan secara berkala. Tujuannya adalah supaya printer tersebut tidak cepat mengalami kerusakan.

1. Jarang digunakan

Penyebab printer rusak adalah printer yang jarang digunakan dalam kurun waktu yang cukup lama. Keadaan ini merupakan kejadian yang sering dialami. Hal ini disebabkan karena jarang digunakan sehingga catridge menjadi kering.

Saluran tempat tinta printer mengalir maupun pada bagian gear sehingga tidak lancar. Dan bahkan bisa menyebabkan tinta yang terdapat printhead akan mengeras dan juga dapat menyebabkan tinta menjadi tidak lancar ketika dihidupkan kembali.

Sehingga, komponen bekerja dengan ekstra yang bisa menyebabkan kerusakan. Untuk mengatasi sebaiknya gunakanlah printer secara berkala. Apabila memang tidak memiliki keperluan untuk mencetak paling tidak Anda melakukan print test atau nozzle check.

2. Arus listrik yang kurang stabil

Adanya arus listrik yang kurang stabil ini merupakan salah satu penyebab printer rusak. Apabila wilayah Anda sering mengalami mati lampu, arus listrik yang kurang stabil juga dapat mengakibatkan kerusakan pada bagian-bagian printer yang sensitif dengan arus listrik seperti power dan print head.

Untuk menangani masalah ini Anda dapat menggunakan peralatan listrik tambahan, seperti stabilizer, inverator, ataupun UPS apabila memang diperlukan.

3. Bekerja melebihi kapasitas

Perbedaan printer rusak yang selanjutnya adalah printer sudah bekerja terlalu banyak dan juga melebihi kapasitas. Umumnya Anda akan mencetak dokumen secara langsung pada file yang sudah siap untuk dicetak.

Padahal pada umumnya printer inkjet dapat melakukan pencetakan maksimum adalah 99 halaman kertas dalam satu kali perintah print. Itu pun tidak semua printer inkjet dapat melakukannya. Pada prakteknya terkadang tidak sampai angka tersebut printer sudah berhenti mencetak.

Cara yang paling baik untuk mengatasi mencetak dengan jumlah yang banyak adalah dengan cara membagi menjadi beberapa bagian. Pada saat Anda dihadapkan pada tugas untuk mencetak dalam jumlah yang banyak, maka cetaklah dengan bertahap, seperti 20 lembar kerja dalam 1 kali print.

4. Printer tidak dirawat

Selain dengan beberapa cara di atas penyebab printer rusak adalah juga dapat dikarenakan printer yang tidak dirawat dengan baik. Jangan lupa untuk membersihkan printer secara fisik atau melalui cleaning system yang sudah disediakan oleh printer.

Hal ini tergantung dengan sesering apa Anda menggunakan printer. Apabila Anda malas membersihkan, jangan heran jika komponen yang terdapat pada printer juga akan cepat aus. Anda dapat menyesuaikan dengan kepadatan mesin printer yang Anda gunakan.

Apabila Anda tidak merawat printer dengan baik maka komponen yang terdapat dalam printer beserta yang lainnya juga akan cepat rusak. Jadi, jangan lupa untuk rajin dalam merawat mesin printer dengan cara menggunakannya.

5. Menggunakan tinta printer yang salah

Menggunakan tinta yang salah juga dapat merusak printer. Menggunakan tinta printer yang asli merupakan pilihan terbaik untuk mendapatkan hasil cetak yang maksimal, memiliki jaminan yang mutu, aman bagi printer dan juga memiliki garansi printernya.

Biasanya pengguna printer masih menganggap jika tinta yang asli sangat mahal, sehingga banyak yang lebih memilih dengan menggunakan tinta printer yang palsu. Atau bisa juga dengan menggunakan tinta printer yang tidak direkomendasikan untuk jenis printer tersebut.

Kecuali bagi para pengguna yang sudah tau dan sudah siap dengan segala kemungkinan resikonya. Jika memang terpaksa membeli yang non original pastikan memberikan jaminan garansi printer atau garansi print head jika mmeungkinkan.

Karena apabila printer Anda rusak biaya untuk memperbaikinya bisa mencapai 60 hingga 75 persen dari harga beli printer baru. Namun, jika harganya masih cenderung terjangkau jika dibandingkan dengan membeli printer yang sama, dapat juga dengan membeli head baru yang harus indent dulu.

6. Terlalu sering kehabisan tinta

Penyebab printer rusak yang selanjutnya adalah mesin printer sering mengalami kehabisan tinta. Untuk mencegah rusaknya pada print head atau cartridge sebaiknya tinta pada mesin printer Anda jangan sampai menunggu hingga habis. Printhead akan mengalami panas yang tinggi.

Hal tersebut dapat mengakibatkan arus pada printhead dapat mengalami korsleting. Caranya mengatasinya adalah dengan melalui pengecekan secara berkala pada ink level yang terletak pada bagian tangki printer atau yang biasanya akan memberikan notifikasi “low ink”.

7. Kabel printer longgar

Apabila Anda mencetak namun mesin printer tidak dapat bekerja, maka Anda harus melakukan pengecekan terlebih dahulu, apakah mesin printer Anda sudah dalam keadaan hidup atau mati. Apabila printer yang Anda gunakan dalam keadaan mati, sehingga printer tidak dapat bekerja.

Caranya adalah dengan mengecek pada aliran listrik yang ada di rumah Anda, apakah aliran listrik yang ada di rumah Anda menyala atau tidak. Dan jangan lupa untuk memeriksa stop kontak yang ada di rumah Anda dalam keadaan menyala atau tidak.

Selain itu pastikan juga jika kabel listrik yang terhubung pada printer Anda masih dalam keadaan bagus, dan juga pastikan tombol power on pada printer Anda dalam keadaan hidup atau menyala.

8. Drive printer yang bermasalah

Drive printer yang bermasalah merupakan salah satu penyebab printer rusak dari kesekian masalah. Hal ini dapat mengakibatkan printer tidak dapat menerima data dari komputer dengan baik. Hal ini disebabkan proses pengiriman datanya yang bermasalah sehingga memutus koneksi printer.

Sehingga Anda harus memastikan jika drive printer bermasalah Anda sudah terinstal dengan baik. Hal ini dikarenakan apabila printer Anda dalam keadaan terinstal drive yang kurang baik, sehingga printer Anda tidak dapat digunakan.

Jika drive sudah terinstal dengan benar, maka Anda dapat memeriksa kondisi drive dengan cara menjalankan software tersebut. untuk meyakinkan driver printer yang Anda pakai tidak mengalami masalah, Anda bisa mencoba menginstall ulang driver pada printer Anda.

9. Catridge tidak terpasang dengan baik dan benar

Masalah penyebab printer rusak yang terakhir adalah catridge yang tidak terpasang dengan baik dan benar. Sehingga dapat mengakibatkan printer yang Anda pakai tidak dapat digunakan atau macet.

Cara mengatasi masalah tersebut adalah dengan cara membuka catridge dan segeralah untuk melakukan penginstalan dan jangan lupa untuk memastikan jika catridge telah terinstall dengan benar.

Apabila Anda hendak melakukan mencetak dokumen namun printer Anda tidak dapat bekerja dengan baik, Anda dapat melakukan cross cek pada printer Anda. apakah printer Anda mengalami beberapa hal seperti penyebab printer rusak di atas? Pastikan cara mengatasinya juga sesuai dengan yang dianjurkan. 


Posting Komentar untuk "Penyebab Printer Rusak dan Cara Mengatasinya"