©
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Printer Thermal Rusak dan Cara Memperbaikinya

Ini Penyebab Printer Thermal Rusak dan Cara Memperbaikinya

Printer thermal merupakan salah satu pilihan pencetak yang populer. Hal ini seiring dengan kebutuhan bisnis terutama untuk percetakan label yang berkualitas tinggi dan juga tahan lama. Lalu, bagaimana cara printer thermal rusak?

Printer thermal sendiri merupakan sebuah aset untuk perusahaan. Namun, jika terjadi kesalahan atau kerusakan pada pencetak thermal ini dapat menghambat keberlangsungan bisnis Anda.

Fungsi Printer Thermal

Sebelum membahas perihal penyebab dan cara memperbaiki printer thermal rusak, alangkah baiknya jika memahami perihal fungsi dari printer thermal itu sendiri.

Printer thermal  pada umumnya berfungsi pada beberapa bidang pekerjaan tertentu yang memerlukan hasil cetak yang cepat, seperti kasir, daftar harga, label barcode, resep pesanan, dan yang lainnya.

Sehingga dengan adanya printer thermal ini sering digunakan pada bisnis retail dan juga pom bensin. Sedangkan untuk harganya sendiri juga berbeda-beda. Hal ini umumnya tergantung dari fitur yang dimiliki, jenis dan juga merek printer tersebut.

Untuk menggunakannya pun mudah, Anda dapat memasukkan kertas thermal ke dalam printer. Jika sudah secara otomatis akan menggerakkan kepala printer hingga menghasilkan kepala printer yang sampai menghasilkan panas yang nantinya akan menyentuh kertas.

Cara kerja yang selanjutnya adalah kepala printer tersebut akan mengaktifkan tinta yang akan mencetak data di atas kertas thermal dan juga menghasilkan hasil yang sesuai dengan data yang Anda inginkan.

Penyebab Printer Thermal Rusak

Apabila mesin pencetak Anda mengalami kerusakan, kenali terlebih dahulu apa yang menyebabkan printer Anda rusak. Berikut adalah beberapa penyebab printer thermal rusak dan cara memperbaikinya.

1.Adanya Kotoran yang Menumpuk

Printer thermal juga bisa menghasilkan berbagai kotoran, seperti debu, dan berbagai jenis kontaminan yang lainnya. Jika tidak ada perawatan dan pembersihan printer secara rutin, kotoran tersebut dapat menyumbat printer dan kepala cetak Anda.

Hal tersebut dapat menyebabkan lebih cepat aus. Kerusakan tersebut paling sering muncul ketika terdapat hasil cetak yang bergaris, putus-putus atau putih pada kertas label Anda. namun, juga bisa mengakibatkan kerusakan yang lebih parah pada printer thermal Anda.

Untuk memperbaiki printer thermal rusak yang diakibatkan adanya kotoran yang menumpuk ini yaitu dengan membersihkan printer thermal Anda dengan rutin. Aturan praktis yang baik tersebut adalah setiap kali Anda mengganti gulungan label, maka Anda juga harus membersihkannya.

2. Menggunakan jenis pita yang salah

Apabila label Anda dicetak dengan kualitas yang rendah, maka Anda juga memiliki kemungkinan untuk menggunakan jenis pita tinta atau kombinasi bahan yang salah. Dalam hal termasuk kertas dan pita, tidak ada kombinasi “satu cocok untuk semua”.

Untuk setiap pekerjaan, Anda dapat mempertimbangkan jenis pita dan media cetak yang Anda gunakan dan apakah keduanya bekerja sama dengan baik. Dengan menggunakan pita atau stok bahan yang berkualitas rendah juga bisa mengakibatkan penumpukan kotoran pada printer.

Solusi untuk mengatasi printer thermal rusak diakibatkan dari penggunaan pita yang salah adalah dengan mendapatkan bahan yang tepat untuk mencetak. Apabila Anda tidak yakin dengan kombinasi pita dan bahan apa yang harus digunakan, jangan ragu untuk menghubungi customer service.

3. Pita yang berkerut

Penyebab printer thermal rusak adalah pita yang berkerut. Umumnya hasil cetak ini memiliki garis-garis diagonal yang disebabkan adanya tekanan spasi yang tidak merata dari kepala cetak. Tekanan yang tidak konsisten, dan juga pemuatan yang salah.

Solusi untuk mengatasinya adalah pita harus dilepas dan printer harus dibersihkan dan kemudian Anda dapat melakukan pengisian ulang pada printer Anda.

4. Kepala cetak yang aus

Kepala cetak yang aus ini juga merupakan salah satu penyebab dari printer thermal rusak. Hal ini disebabkan kepala cetak tersebut tidak dapat bertahan selamanya. Kepala cetak yang aus juga bisa menyebabkan berbagai masalah, salah satunya adalah garis tipis yang terbakar dari atas ke bawah.

Selain itu akibat dari kepala cetak yang aus ini juga dapat mengakibatkan pencetakan yang tidak lengkap serta dapat menurunkan kualitas hasil cetak. Solusi untuk memperbaikinya adalah Anda dapat membawa pencetak thermal ke jasa profesional di kota Anda.

Tips Agar Printer Thermal Tidak Cepat Rusak

Setelah mengetahui penyebab printer thermal rusak serta cara memperbaikinya, berikut adalah beberapa cara yang dapat membuat printer thermal Anda awet.

1. Merawat

Agar printer thermal tidak cepat rusak maka Anda harus rutin melakukan perawatan pada printer thermal tersebut. Anda dapat merawat mesin printer thermal Anda dengan membersihkan secara rutin.

Bacalah dengan detail instruksi dan ikuti rekomendasi dari masing-masing jenis tipe dan merk pabrik untuk membersihkan kepala printer head atau kepala printer. Pada umumnya, head printer juga harus dibersihkan dengan menggunakan alkohol isopropil dengan kadar setidaknya 70%.

Untuk printer thermal transfer, print head maka Anda harus membersihkan ketika Anda mengganti kertas. Untuk printer thermal langsung, maka print head harus Anda bersihkan ketika Anda mengganti media.

2. Hindari benda tajam

Agar printer thermal tidak cepat rusak tidak disarankan dengan menggunakan benda tajam untuk menghilangkan kemacetan ketika terjadi pada kertas atau pada label Anda. printer thermal memiliki plat-plat yang berbahan karet yang biasanya mendorong media kelar dari bagian depan printer.

Rol ini juga dapat memberikan tekanan balik ke kepala cetak sehingga Anda bisa mencetak dengan rata dan maksimal. Apabila rol tersebut dipotong, titik lunak tersebut tidak akan dicetak dengan jelas dan hasil cetakan menjadi buram dan tidak maksimal.

Hal tersebut dapat mengakibatkan printer thermal rusak untuk mencetak label atau barcode. Selain itu pastikan juga untuk membersihkan plat-plat tersebut dengan menggunakan alkohol minimal seminggu sekali untuk menghindari penumpukan residu yang bisa mengakibatkan masalah.

3. Menggunakan secara berkala

Selain kedua cara di atas untuk menjaga supaya printer thermal awet dan tahan lama adalah dengan memperhatikan penggunaan printer thermal tersebut. Apabila Ada jarang menggunakan printer thermal memiliki kemungkinan adanya debu dan juga kotoran yang menumpuk.

Selain itu dengan menggunakan printer secara berkala juga sangat dianjurkan supaya mesin tetap panas dan juga selalu siap ketika Anda butuhkan.

4. Mengatur hantaran panas

Pada printer thermal menu pengaturan panas dapat diatur pada control panel atau drivernya. Berdasarkan pada jenisnya biasa nya pengaturan tersebut biasa disebut dengan heat level. Terdapat beberapa orang yang dapat mengatur heat ini ke max.

Sebenarnya apabila hal tersebut sering dilakukan memakan printer thermal Anda akan bekerja terlalu keras dan juga dapat menyebabkan printer thermal rusak yang disebabkan oleh titik-titik printhead yang cepat haus. Sebaiknya Anda mengatur heat level di angka 50% untuk menjaga suhu printer.

Setelah mengetahui penyebab printer thermal rusak seta cara memperbaiki, kini Anda tidak perlu lagi khawatir jika printer thermal Anda mengalami masalah. Namun, demi kelancaran bisnis Anda alangkah baiknya untuk merawat printer sesuai dengan tips di atas.

Posting Komentar untuk "Penyebab Printer Thermal Rusak dan Cara Memperbaikinya"