©
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Port USB TV Samsung Rusak? Begini Cara Mengatasinya (Work)

 Apa Penyebab Port USB TV Samsung Rusak? Begini Cara Mengatasinya

Dijaman yang serba canggih seperti sekarang ini hampir semua perangkat elektronik menggunakan port USB salah satunya adalah TV Samsung. Port USB ini berfungsi untuk menampilkan siaran dan juga sebagai perangkat multimedia. Lalu, apa yang menyebabkan port USB TV Samsung rusak?

Di jaman sekarang TV juga menyediakan berbagai fitur yang terdapat di dalamnya. Salah satu fitur tersebut adalah HDMI yang mmeungkinkan TV dapat memainkan berbagai file multimedia, seperti video, foto dan juga agu-lagu.

Dimana Letak Port TV Samsung?

Sebelum membahas perihal port USB TV Samsung rusak, alangkah baiknya jika Anda mengetahui dimana letak port TV Samsung. Sebagian besar smart TV tersebut di bagian belakang perangkat. Umumnya berada di dekat sisi kiri atau sisi kanan untuk memudahkan dalam mengaksesnya.

Namun, hampir sebagian besar TV menggabungkan semua port tersebut menjadi satu panel yang terkoneksi. Beberapa kit memiliki dua-satu untuk terkoneksi dengan USB dan HDMI dan keduanya port tersebut jarang digunakan.

Penyebab Port USB TV Samsung Rusak Tidak Terbaca

Sebelum membahas perihal cara untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi port USB TV yang tidak terdeteksi, alangkah baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu apa yang apa yang menyebabkan port USB tidak terbaca.

1. Flashdisk yang dimasukkan bermasalah atau malfungsi pada software TV karena sudah lama tidak digunakan

2. Terdapat masalah pada bagian port USB

3. Flashdisk tidak terdeteksi, keyboard, mouse, hardisk dan yang lainnya.

4. Terdapat kotoran yang menjadi pengganjal pada port tersebut

5. Flashdisk terkunci

Cara Mengatasi Port USB TV Samsung Rusak Tidak Terbaca

Setelah mengetahui beberapa yang menyebabkan adanya port USB TV Samsung rusak, maka Anda bisa melakukan tindakan sebagaimana mestinya. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi masalah port USB yang tidak terbaca.

1. Format Flashdisk

Cara mengatasi port USB TV Samsung rusak yang pertama adalah dengan format flashdisk yang tidak sesuai maka terlebih dahulu Anda harus menonaktifkan apabila flashdisk tersebut tidak terbaca di TV komputer atau yang lainnya.

Ketika flashdisk terbaca namun semua file tidak dapat dibuka atau mengalami error maka Anda hanya memerlukan format. Dengan melakukan format sama dengan menghapus semua data yang ada pada flashdisk, jadi pastikan Anda memiliki cadangan file yang ada di dalamnya. Berikut adalah langkah-langkah format flashdisk.

Langkah pertama adalah dengan mencolokkan flashdisk ke port USB pada komputer atau laptop Anda.

Kemudian pastikan jika flashdisk Anda telah terbaca pada bagian ‘file Manager’ kemudian pilih ‘This PC’.

Apabila sudah kemudian pilih klik kanan pada bagian flashdisk lalu klik ‘Format’.

Langkah yang selanjutnya adalah dengan menekan klik ‘Start’ untuk melanjutkan proses format.

Setelah selesai melakukan format dan flash disk telah kosong, maka Anda bisa melanjutkan dengan mengisi ulang file.

Kemudian isikan colokkan flashdisk ke port USB TV Samsung dan pastikan telah terdeteksi atau terbaca.

Jika flashdisk tersebut telah dibaca, maka proses format flashdisk telah dinyatakan berhasil dan USB TV Samsung kembali normal seperti sedia kala.

2. Buka Flashdisk yang Terkunci

Namun, apabila USB TV tidak dapat terbaca karena flashdisk yang terkunci, maka di bagian atas bisa Anda pastikan dengan USB flashdisk tidak terkunci. Sebab jika flashdisk tersebut terkunci, maka Anda tidak bis amengakses file yang terdapat di dalamnya.

Untuk mengatasi masalah flashdisk yang terkunci atau membuka blokiran tersebut, amak Anda memerlukan kata sandi atau password untuk mulai mengaksesnya nanti.

3. Periksa Kondisi Port USB TV Samsung Anda

Cara mengatasi port USB TV Samsung rusak tersebut juga dapat Anda lakukan dengan memeriksa kembali port USB TV Samsung Anda. Sebab, terdapat banyak masalah jika port USB tidak terbaca disebabkan adanya benda, debu atau kotoran yang terdapat dalam lubang USB tersebut.

Hal inilah yang menjadikan flashdisk dan sejenisnya tidak dapat terbaca meskipun sudah beberapa kali dicoba. Untuk mengatasi permasalahan ini Anda bisa membersihkan kotoran atau penghalang pada port USB tersebut. Jika port USB tersebut sudah selesai dibersihkan anda bisa menancapkan kembali flashdisk tersebut.

4. Perbarui Firmware TV Samsung

Selain dengan beberapa cara di atas, Anda juga bisa mengatasi masalah tersebut dengan memperbarui Firmware TV Samsung Anda. hal ini disebabkan firmware tersebut telah lama tidak diperbarui atau di update maka dapat menimbulkan masalah pada TV tidak terkecuali pada sistem USB yang tidak dapat terbaca flashdisk.

Jadi, pastikan terlebih dahulu TV Samsung Anda telah terpasang firmware versi terbaru melalui menu pengaturan yang terdapat pada TV. Namun, jika belum diperbarui, untuk yang belum mengerti caranya, Anda bisa menyimak langkah-langkah berikut ini.

Langkah yang pertama adalah dengan menekan tombol ‘Setting’ yang terdapat pada remote TV Samsung Anda.

Kemudian Anda bisa melakukan scroll ke bawah dari cari menu ‘About’.

Setelah it Anda bisa memilih ‘System Update’ untuk melanjutkan pembaharuan pada sistem tersebut.

Langkah yang selanjutnya adalah Anda hanya perlu menunggu hingga proses pembaharuan tersebut selesai.

Secara otomatis TV Samsung akan hidup dan mati setelah firmware yang berhasil Anda perbarui.

Untuk memastikannya Anda bisa mencoba memasukkan flashdisk ke port USB TV SAMsung.

5. Lakukanlah Factory Reset

Cara mengatasi port USB TV Samsung rusak yang tidak terbaca yag selanjutnya adalah dengan melakukan factory reset TV Samsung. Cara ini merupakan cara yang berbeda dengan update firmware, yang mana factory reset ini nantinya memiliki arti untuk mengatur ulang TV seperti baru lagi.

Mengatasi port USB yang rusak tidak terbaca dengan cara ini berarti semua pengaturan yang sudah dibuat akan berubah kembali ke default.

Cara Menyambung kan USB ke TV Samsung

Setelah mengetahui cara mengatasi port USB TV Samsung  rusak, lalu apa sebenarnya fungsi dari pot SB tersebut? secara umum port ini berfungsi untuk menyambung flashdisk ke media tampilan di TV atau ke perangkat melalui USB. Lalu, bagaimana cara menyambungkan USB ke TV?

1. Langkah yang pertama adalah dengan menghubungkan USB external storage (Flashdisk atau HDD) pada salah satu port USB yang terdapat pada TV Anda.

2. TV tersebut secara otomatis akan membuka semua direktori yang telah tersedia pada USB penyimpanan.

3. Pilih source

4. Langkah yang selanjutnya adalah pilih source USB pada pilihan source yang telah tersedia.

Setelah mengetahui tata letak USB, penyebab dan cara mengatasi port USB TV Samsung rusak Anda bisa melakukannya untuk memperbaiki TV Samsung Anda yang sedang bermasalah. Namun, jika dengan cara di atas masih tetap tidak terdeteksi Anda bisa membawanya ke tempat service yang Anda percaya.

Posting Komentar untuk "Penyebab Port USB TV Samsung Rusak? Begini Cara Mengatasinya (Work)"