©
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mematikan HP Xiaomi Tanpa Tombol Power Dengan Mudah

4 Cara Mematikan HP Xiaomi Tanpa Tombol Power Dengan Mudah

Sebenarnya mematikan HP xiaomi tanpa tombol power inipun dapat Anda lakukan dengan mudah. hal ini umumnya dilakukan jika terjadi kerusakan fisik pada tombol power. Lalu, bagaimana cara mematikan HP Xiaomi tanpa tombol power?

Ketika tombol power mati maka terdapat kemungkinan Anda akan kesulitan untuk mengakses beberapa fitur. Meski yang sebenarnya adalah tombol power tidak hanya berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan ponsel saja.

Apa Fungsi Tombol Power Pada HP Xiaomi?

Sebenarnya apa saja fungsi dari tombol powe tersebut? Untuk mengenal lebih jauh mengenal fungsi tombol power pada HP Xiaomi, Anda bisa menyimak fungsi tombol powe berikut ini.

1. Menghidupkan Ponsel

Bagi Anda yang pertama kali membeli HP, maka Anda dapat menghidupkan HP dengan menggunakan tombol power ini. Selain itu Anda bisa menyalakan HP tersebut sesudah Anda memasukkan kartu seluler atau microSD ke dalam slot yang telah disediakan.

Caranya pun mudah Anda cukup menekan tombol power dengan cukup lama. Kemudian HP Xiaomi Anda akan menyala. Jika sudah menyala, Anda bisa melepaskan jari dari tombol powe tersebut.

2. Mematikan Ponsel

Selain dapat digunakan untuk menghidupkan ponsel, Anda juga dapat menggunakan tombol power ini untuk mematikan ponsel Xiaomi. Biasanya mematikan HP ini bertujuan untuk mengganti kartu seluler atau menambah MicroSD.

Namun, jika Anda ingin memasukkan kartu seluler ataupun microSD, maka Anda wajib mematikan ponsel Anda terlebih dahulu. tujuanya adalah agar tidak terjadi kerusakan pada komponen yang terdapat dalam ponsel tersebut.

3. Screenshots atau Tangkap Layar

Sebelum membahas cara mematikan HP Xiaomi tanpa tombol power alangkah baiknya jika mengetahui fungsi lain dari tombol power selain digunakan untuk mengaktifkan dan mematikan ponsel.

Untuk melakukan tangkap layar atau screenshots sanagt mudah dilakukan, yaitu dengan menggunakan kombinasi tombol power dan volume down secara bersamaan. Caranya pun mudah, yaitu.

·       Siapkan tampilan yang hendak Anda tangkap atau screenshots

·       Kemudian Anda bisa menekan tombol powe dan tombol volume bagian bawah secara bersamaan

·       Tunggulah hingga terdapat suara seperti Anda sedang memotret

·       Hasil tangkap layar atau screenshot berhasil Anda buat, maka Anda cukup untuk masuk ke menu galeri untuk melihat hasil tangkapannya.

4 Cara Mematikan HP Xiaomi Tanpa Tombol Power

Manfaat lain dari tombol power pada ponsel yaitu untuk masuk ke recovery mode dan untuk mengakses TWRP. Namun, khusus untuk pengguna yang suka akses rooting, maka tombol power ini sangat penting keberadaanya.

1. Dengan Mengaktifkan Fitur Restart Bola Pintasan

Cara mematikan HP Xiaomi tanpa tombol power yang pertama adalah dengan mengaktifkan fitur restart bola pintasan. Apabila tombol powe maka secara otomatis pengguna HP Xiaomi tidak dapat melakukan restart pada ponsel Android tersebut. Berikut adalah cara mengaktifkan fitur restart bola pintasan di HP Xiaomi.

·       Langkah yang pertama adalah dengan masuk pada menu atau aplikasi setelan yang terdapat dalam ponsel Xiaomi Anda.

·       Kemudian Anda bisa melanjutkan dengan masuk ke menu bola pintasan yang terdapat pada menu setelan tambahan.

·       Langkah yang selanjutnya adalah dengan memilih mengaktifkan bola pintasan secara tap menu paling atas.

·       Kemudian Anda bisa mengatur menu yang muncul di bagian pintasan. Jangan lupa untuk memastikan menu pengganti di tombol ON/OFF yang dimunculkan.

·       Selanjutnya Anda bisa memilih pintasan untuk memilih pintasan apa saja yang dimunculkan di layar ponsel tersebut.

·       Kemudian Anda bisa menghidupkan pintasan Kunci untuk dapat mematikan HP Xiaomi tanpa menggunakan tombol power.

2. Menggunakan Menu Pengaturan

Cara mematikan HP Xiaomi tanpa tombol power yang selanjutnya adalah dengan menggunakan menu pengaturan. Berikut adalah cara mematikan HP Xiaomi tanpa harus menggunakan tombol power yang dapat Anda ikuti.

·       Anda bisa mencari opsi ‘More Settings’ yang terletak di antara berbagai pilihan lainnya.

·       Kemudian Anda bisa memilih lanjutan yang mana Anda harus memilih opsi ‘Pengaturan waktu tugas’. Lebih tepatnya berada di bawah tulisan ‘Tanggal dan Waktu’.

·       Langkah yang selanjutnya adalah dengan memastikan slider yang berada pada posisi ON sambil mengatur waktu yang tepat kapanpun Anda ingin mematikan HP Xiaomi Anda.

·       Langkah yang terakhir adalah dengan menyimpan pada menu pengaturan kemudian Anda dapat kembali ke halaman lainnya.

Sebagai catatan, cara ini dapat Anda gunakan untuk mengatur dalam rangka memastikan HP Xiaomi seperti hendak tidur. Sebagai contohnya adalah jika bisa tidur dari jam 22.00 kemudian pengaturan mematikan HP di atur pada jam 22.00. sehingga HP tersebut akan mati di jam yang telah di atur.

3. Menggunakan Aplikasi Double Tap To Wake

Cara mematikan HP Xiaomi tanpa tombol power yang selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi Double Tap To Wake yang mana aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan. Berikut adalah cara untuk menggunakan aplikasi ini.

·   Langkah yang pertama adalah dengan membuka aplikasi Google Play untuk mengunduh dan memasang aplikasi tersebut.

·       Kemudian carilah aplikasi tersebut pada kolom pencarian dengan nama Double Tap To wake.

·    Selanjutnya Anda bisa memasang aplikasi tersebut dan tunggulah hingga beberapa saat untuk selesai dipasang.

·      Masih pada Google Play Store, kemudian klik tombol Buka untuk membuka aplikasi Double Tap To Wake.

·       Pada bagian layar utama tersebut, Anda bisa memilih dan mengaktifkan opsi Double Tap To Screen On. Tujuannya yaitu supaya aplikasi tersebut tetap standby pada HP untuk digunakan sewaktu-waktu.

·       Apabila Anda ingin mengaktifkan fitur mematikan HP Xiaomi tanpa tombol power, maka Anda dapat menggunakan fitur Screen Off.

·       Dan untuk mematikan HP, maka Anda bisa menekan klik tombol tersebut pada aplikasinya.

4. Menggunakan Aplikasi Restart atau Reboot Power Menu

Dengan menggunakan aplikasi Restart atau Reboot Power Menu merupakan cara mematikan HP Xiaomi tanpa tombol power Menu.  Aplikasi tersebut berukuran 3,3 MB ini terbilang sederhana, namun terbukti sangat efektif. Berikut adalah cara menggunakan aplikasi ini.

·    Langkah yang pertama adalah dengan memasang terlebih dahulu aplikasi Restart atau Reboot Power Menu yang terdapat di Google Play Store.

·       Kemudian Anda bisa mencari aplikasi tersebut pada kolom pencarian supaya dapat diinstal.

·       Tunggulah hingga proses pemasangannya selesai.

·   Jika sudah selesai dipasang, Anda bisa memberikan izin untuk mengakses semua kebutuhan aplikasi tersebut dengan menekan klik Izinkan.

·     Pada bagian halaman utama, di saat akan terdapat beberapa tombol yang dapat Anda pilih seperti Mode Pesawat, Matikan Daya, Mulai Ulang. Sebab, tujuan utama Anda adalah dengan mematikan daya, maka Anda bisa menekan klik tombol Matikan Daya.

·       HP Xiaomi Anda pun sudah dalam keadaan nonaktif atau mati.

Setelah mengetahui cara mematikan HP Xiaomi tanpa tombol powe ini dapat Anda gunakan untuk mengatasi permasalahan ketika tombol powe Anda mengalami kerusakan. Bagaimana mudah bukan?

Posting Komentar untuk "Cara Mematikan HP Xiaomi Tanpa Tombol Power Dengan Mudah"