©
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Memperbaiki Tombol Power HP Samsung J2 Prime Dengan Mudah

 6 Cara Memperbaiki Tombol Power HP Samsung J2 Prime Dengan Mudah

Bagi Anda yang mengalami masalah perihal tombol power HP Samsung J2 Prime memang cukup menjengkelkan. Tidak heran jika banyak yang mencari cara memperbaiki tombol power HP Samsung J2 prime. Bahkan Ada yang harus membawanya ke tukang servis untuk menangani masalah tersebut.

Apabila ponsel tersebut dihubungkan ke sumber listrik, maka ponsel tersebut dapat mengisi daya secara normal. Namun, ketika tetap tidak dapat dihidupkan. Hal ini bisa jadi, sebab tombol power Samsung J2 Prime mulai rusak atau jalur di sekitar bagian tombol power yang mengalami korosi atau karatan.


Penyebab Tombol Power Samsung J2 Prime Rusak

Sebelum membahas bagaimana cara memperbaiki tombol power HP Samsung J2 prime, alangkah baiknya jika kita ketahui terlebih dahulu penyebab kerusakan tersebut. tujuannya adalah untuk mendapatkan penanganan yang sesuai dengan permasalahan pada HP.


1. Area Tombol Power Kotor

Penyebab pertama tombol power mengalami kerusakan adalah area tombol power yang kotor atau terdapat banyak debu. Sehingga tombol power tersebut tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Tombol power tersebut kemasukan kotoran sehingga mengganjal ketika di tekan.


2. Tombol Power Lepas

Tombol power yang lepas sudah pasti tidak dapat digunakan. Namun, biasanya apabila tombol power Anda masih bisa menggunakan metode lain untuk menyalakan HP, yaitu dengan sesuatu yang lancip kecil dan keras, seperti tusuk gigi, gunting atau dan sebagainya.


3. Tombol Power Pernah Terjatuh

Penyebab lainnya tombol power yang tidak dapat berfungsi dengan baik adalah dikarenakan tombol power Samsung J2 Prime pernah terjatuh. Mungkin ketika HP tersebut terjatuh tombol power tersebut menghantam lantai atau tanah.

Sehingga tombol power tersebut terlalu masuk. Akibatnya adalah ketika ditekan tombol tersebut tidak dapat berfungsi atau tidak menunjukkan adanya tanda apapun. Sebab, tombol power telah macet. Ketika sudah demikian Anda tidak dapat menggunakan tombol power sama sekali.


4. Komponen Penghubung Bermasalah

Komponen ini seperti kabel yang jika terputus di bagian tombol power maka meski demikian Anda tinggal menekan tombol power dengan keras. Sebab komponen yang terdapat didalamnya mengalami kerusakan tidak akan berfungsi dengan baik.


5. Sistem Hp Bermasalah

Tombol power yang bermasalah atau mengalami kerusakan ini bisa terjadi kapan saja. oleh sebab itu jika Anda tidak merasa ada masalah pada ponsel tersebut maka adanya kemungkinan terdapat masalah error di sistem. Dengan demikian tidak dapat menjalankan perintah di tombol power.  


6 Cara Memperbaiki Tombol Power HP Samsung J2 Prime

Seperti yang telah dijelaskan di atas tombol power HP tersebut disebabkan oleh beberapa hal. Tandanya adalah tombol power yang mengalami kerusakan yaitu HP tidak dapat dihidupkan. Namun, meski demikian HP tetap dapat diisi daya ketika di cas.


1. Analisis Jalur PCB

Cara memperbaiki tombol power HP Samsung J2 Prime yang mengalami kerusakan adalah dengan menganalisa jalur PCB. Anda bisa melakukan perbaikan jalur dengan cara jumper jalur yang terhubung langsung dengan tombol power dengan menggunakan alat multimeter dan melihat hasilnya dengan pengukurannya.

Namun, jika memang terjadi kerusakan pada papan PCB tersebut, Anda bisa melakukan teknik jumper. Tujuannya adalah agar kondisi jalur pada mainboard HP Samsung bisa normal kembali seperti semula. Dan jika sudah normal kembali, seharusnya tombol tersebut sudah bisa menyala kembali.


2. Bongkar dan Bersihkan Bagian Dalam HP

Cara memperbaiki tombol power HP Samsung J2 prime yang biasanya dilakukan adalah dengan membongkar dan membersihkan pada bagian dalam HP Samsung J2 prime tersebut. apabila casing HP tersebut telah dibuka, Anda bisa membersihkan terutama pada bagian sekitar tombol power.

Anda bisa mencoba dengan membersihkan bagian dalam power dengan menggunakan kuas sampai bersih. Selain itu Anda juga bisa menggunakan cairan alkohol atau tiner agar mendapatkan hasil yang lebih bersih.

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk membersihkan tombol power Samsung J2 Prime.

·       Bersihkan terlebih dahulu kotoran yang terdapat disekitar sis tombol power HP Samsung J2 prime.

·       Kemudian jangan lupa untuk membersihkan pada bagian frame atau bingkai HP tersebut.

·       Lalu hilangkan debu yang tersisa dengan menggunakan canned air duster


3. Ganti Sparepart

Dengan mengganti sparepart pada tombol power ini diperlukan ketika dengan beberapa cara tetap tidak dapat memperbaiki tombol power yang sedang mengalami kerusakan. Anda bisa membeli sparepart di toko terdekat dan jangan lupa untuk memastikan sesuai dengan tipe HP Anda, yaitu Samsung J2 Prime.


4. Menggunakan Fitur Assistive Touch

Fitur Assistive Touch merupakan fitur yang bisa membantu Anda untuk mengganti fungsi tombol power ketika tidak dapat berfungsi dengan menggunakan pilihan layar tambahan pada bagian layar.

Fitur ini biasanya memiliki nama tersendiri di HP Samsung, yaitu Assistant Menu atau Menu Asisten. Untuk memperbaiki dengan cara ini, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

·       Yang pertama dengan membuka menu Pengaturan. Kemudian Anda bisa memilih Aksesibilitas, lalu Interaksi dan Kecekatan.

·       Kemudian Anda bisa memilih Menu Asisten lalu ketuk Aktif.

·       Jangan lupa untuk mengatur opsi menu asisten dan pastikan terdapat beberapa pilihan Menu Daya Mati.

·       Langkah yang selanjutnya adalah dengan mengetuk Menu Mini yang nantinya akan muncul pada bagian bawah layar setelah mengaktifkan Menu Asisten.

·       Langkah yang terakhir adalah dengan memilih menu Daya Mati untuk menonaktifkan atau memastikan HP Samsung Anda.


5. Menggunakan Aplikasi

Cara memperbaiki tombol power HP Samsung J2 Prime yang tidak dapat berfungsi adalah dengan menggunakan aplikasi tambahan. Namun, sebelum Anda menggunakan cara ini pastikan terlebih dahulu HP Samsung J2 prime Anda sudah dapat terbuka.

·       Langkah yang pertama adalah memasang aplikasi Power Button to Volume Button. Seperti Double Tap Screen Off dan On.

·       Kemudian Anda bisa mengetuk menu Enable/ Disable Volume Power hingga ikon gear hingga warnanya berubah.

·       Kemudian Anda bisa mengaktifkan Boot dan Screen Off. Tujuannya adalah untuk menggunakan tombol pengganti secara keseluruhan.

·       Lalu restart HP Samsung J2 prime Anda terlebih dahulu untuk menggunakannya.

·       Langkah yang terakhir adalah Anda bisa menggunakan tombol volume up/ down untuk mengganti fungsi tombol power tersebut. lalu ketuk off screen untuk mematikan layar.


6. Bawa ke Tukang Service Terpercaya

Apabila beberapa cara di atas telah dilakukan namun tombol power tetap tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya, maka Anda harus membawa ponsel tersebut ke tukang service yang Anda percaya. Sebab di sana ponsel tersebut dapat diperbaiki dengan menggunakan alat khusus.

Biasanya mereka sudah mengetahui bagaimana cara memperbaiki tombol power HP Samsung J2 prime yang tidak dapat menyala. Dan pastikan Anda mengatakan kendala apa saja yang terjadi pada ponsel tersebut. 

Cara memperbaiki tombol power HP Samsung J2 Prime tersebut dapat Anda praktekkan untuk mengatasi permasalahan HP tersebut. namun, jika masih saja tidak bisa diperbaiki alangkah baiknya jika Anda membawanya ke tukang servis yang Anda percaya. 

Posting Komentar untuk "6 Cara Memperbaiki Tombol Power HP Samsung J2 Prime Dengan Mudah"