©
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan di Xiaomi [Lengkap]

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan di Xiaomi

Cara mengatasi kartu SIM tidak ada layanan di Xiaomi ini seringkali ditanyakan oleh sebagian besar pengguna smartphone Android. Dengan kartu SIM tersebut Anda bisa melakukan panggilan, mengirim pesan, atau mengakses internet.

Smartphone tanpa kartu SIM tidak dapat digunakan untuk apapun kecuali terhubung ke WiFi yang terhubung ke internet. Masalah perihal kartu SIM memang menjadi masalah tersendiri. Karena dapat mengakibatkan komunikasi menjadi terganggu.

Penyebab Kartu SIM Tidak Ada Layanan

Sebelum  membahas perihal cara mengatasi kartu SIM tidak ada layanan di Xiaomi, alangkah baiknya jika mengetahui terlebih dahulu apa saja yang menyebabkan kartu SIM tidak terdeteksi. Berikut adalah beberapa penyebab kartu SIM tidak terhubung dengan layanan.

1. Kuningan Kartu SIM yang tergores

Kuningan yang terdapat pada kartu SIM merupakan komponen utama yang menyimpan berbagai informasi penting perihal kartu SIM. Bagian tersebut merupakan bagian kartu SIM yang sangat sensitif.

Sehingga jika terdapat benda yang membuat kuningan tersebut tergores terlalu dalam, maka bisa mengakibatkan jalur kuningan terputus dan tidak dapat terdeteksi oleh ponsel Anda.

2. Usia Kartu SIM yang Cukup Lama

Usia kartu yang sudah di atas 3 tahun juga bisa menjadi penyebab kartu SIM tidak dapat terdeteksi. Sebab, kartu SIM mengalami degradasi pada material plastik dan kuningan. Apabila dibiarkan maka berisiko kartu SIM tidak terbaca.

3. Kartu Sim yang Tidak Pas

Penyebab lain kartu SIM tidak terbaca selain terjadi benturan kartu SIM tidak terbaca juga dapat disebabkan oleh posisi kartu SIM yang kurang pas.

6 Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan di Xiaomi

Setelah mengetahui penyebab kartu SIM , lalu bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut? berikut adalah cara mengatasi beberapa masalah tersebut.  

1. Menggunakan Mode Peswat Tebang

Cara mengatasi kartu SIM tidak ada layanan di Xiaomi yang pertama adalah dengan menggunakan mode pesawat terbang. Dengan cara ini bertujuan untuk menyegarkan jaringan yang bermasalah.

Jadi, sebenanrnya fitur mode pesawat tebang ini dimanfaatkan ketika pengguna melakukan penerbangan supaya tidak mengganggu komunikasi. Berikut adalah cara mengatasi kartu SIM dengan menggunakan mode pesawat tebang.

·       Langkah yang pertama adalah dengan membuka menu setelan di HP Xiaomi Anda

·       Kemudian Anda bisa memilih lainnya, lalu mengaktifkan mode pesawat

·       Anda bisa menunggu hingga beberapa saat. Kemudian Anda bisa mematikannya

·       Kemudian Anda bisa melihat apakah kartu SIM bisa terdeteksi atau tidak

2. Pastikan Anda menempatkan Kartu SIM dengan Tepat

Cara mengatasi kartu Sim tidak terdeteksi yang selanjutnya adalah dengan memutuskan kembali apakan Anda sudah menempatkan kartu SIM dengan tepat. Sebab, terdapat kemungkinan kartu SIM yang Anda pasang bergeser sehingga tidak dapat terbaca.

·       Langkah yang pertama adalah dengan membuka terlebih dahulu slot kartu SIM yang terdapat pada HP Xiaomi Anda

·       Kemudian Anda bisa melepaskan kartu SIM. Jika sudah maka Anda bisa memasang kartu SIM  kembali di HP Xiaomi Anda

·       Jangan lupa untuk memastikan jika Anda sudah memasangnya dengan tepat dan benar

·       Jika sudah, Anda bisa mencoba untuk memuat ulang HP Anda untuk me-refresh komponen HP Anda.

Sebagai catatan pada beberapa HP Xiaomi model lama untuk konektor kartu Sim masih berada di bawah baterai yang bersifat removable. Apabila slot kartu SIM terlihat renggang, maka Anda dapat mengganjal dengan menggunakan kapas atau juga bisa dengan menggunakan kertas.

3. Restart HP Xiaomi

Cara mengatasi kartu SIM tidak ada layana di Xiaomi yang selanjutnya adalah dengan melakukan restart HP Xiaomi Anda. Cara ini patut Anda coba, sebab terdapat kemungkinan terjadi masalah yang terjadi akibat dari service sistem yang tidak dapat dijalankan di latar belakang.

Hal tersebut mengakibatkan kartu SIM Anda sama sekali tidak terdeteksi. Dengan cara muat ulang perangkat, diharapkan service sistem bisa kembali berjalan normal dan kartu SIM dapat terdeteksi kembali.

Cara inipun terbilang sederhana, yaitu dengan mematikan ponsel dan tunggulan selama 30 menit. Kemudian Anda bisa menyalakan kembali HP Xiaomi Anda.

4. Konfigurasi Ulang Jaringan

Selain dengan beberapa cara di atas, Anda juga bisa mencoba memeriksa kembali konfigurasi jaringan yang ada pada HP Xiaomi tersebut. karena bisa jadi terdapat kesalahan pada HP tersebut. Anda bisa mengecek apakah kartu SIM di slot dalam keadaan aktif, APN yang sudah benar dan juga setelan jaringan yang telah diatur secara otomatis.

Untuk mengatur ulang APN Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini.

a. Bukalah menu Setelah yang terdapat pada HP Xiaomi Anda

b. Kemudian pilih Kartu SIM & Jaringan seluler, lalu pilih kartu SIM tersebut

c. Kemudian pilih nama titik akses atau yang biasa disebut dengan APN, lalu pilih setel Ulang

d. Anda bisa menunggu hingga proses setel Ulang APN telah selesai dilakukan

e. Setel ulang APN pun telah selesai dilakukan

sedangkan untuk mengatur ulang jaringan, Anda bisa mengikuti beberapa langkah berangkat ini.

·       Bukalah menu setelah yang terdapat di HP Xiaomi Anda

·       Kemudian pilih kartu SIM & jaringan seluler, lalu pilih Kartu SIM

·       Kemudian pilih Jaringan seluler, lalu otomatis pilih jaringan

·       Pengaturan ulang jaringan pun telah selesai dilakukan .

5. Periksa Ketersediaan IMEI

Dengan memberikan ketersediaan IMEi merupakan salah satu cara mengatasi kartu SIM tidak ada layanan di Xiaomi. Untuk memastikan ketersediaan nomor IMEI, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

·       Langkah yang pertama adalah dengan memilih menu Setelan yang terdapat pada HP Xiaomi Anda.

·       Kemudian Anda bisa memilih tentang telepon, kemudian pilih status dan yang terakhir adalah dengan memilih Informasi IMEI.

·       Selanjutnya pada bagian tersebut akan tampil perihal informasi IMEI yang terdapat pada smartphone.

·       Pemeriksaan ketersediaan IMEI pun telah selesai dilakukan.

6. Periksa Slot Kartu SIM

Selain beberapa cara di atas Anda juga bisa memeriksa slot kartu SIM di HP Xiaomi tersebut. bisa jadi adanya kerusakan pada bagian konektor, seperti konektor yang bengkok, konektor yang berdebu, atau adanya kemungkinan konektor patah sehingga tidak dapat mendeteksi kartu SIM Anda.

Jika konektor SIM anda berdebu, maka Anda bisa mencoba dengan melepaskan dan membersihkan dengan cara menghapus karet, kapas atau juga bisa juga dengan menggunakan alat pembersih lainnya.

Sedangkan pada beberapa HP Model yang lama konektor SIM masih ditempatkan pada bagian bawah baterai yang bersifat removable. Jika demikian Anda bisa membuka casing HP Anda dan melepas baterai alu membersihkan pada bagian sela-sela konektor agar bersih dari debu.

Namun, jika dengan beberapa cara mengatasi kartu SIM tidak ada layanan di Xiaomi diatas masih tetap tidak dapat terdeteksi, maka Anda bisa membawa HP Anda ke tukang service yang Anda percaya. 

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan di Xiaomi [Lengkap]"