©
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP Xiaomi Dengan Mudah

Inilah 6 Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP Xiaomi Dengan Mudah

Sebenarnya cara mengembalikan foto yang terhapus di HP Xiaomi ini mudah untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan ponsel pintar buatan Negeri Tiongkok ini memiliki fitur yang seringkali terlupakan oleh para pengguna Xiaomi.

Fitur tersebut tidak lain adalah Mi Cloud, yang mana merupakan layanan yang memungkinkan Anda untuk membackup semua file yang terdapat dalam ponsel Xiaomi tersebut, termasuk foto dan video yang ada didalamnya.

6 Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP Xiaomi

Fungsi dari back up data sendiri adalah agar dapat mengembalikan data yang sudah terhapus, baik berupa dokumen, foto atau dokumen yang terdapat dalam HP Xiaomi tersebut. Berikut adalah cara mengembalikan foto yang tidak sengaja terhapus.

1. Mi Cloud Xiaomi

Cara mengembalikan foto yang terhapus di HP Xiaomi yang pertama adalah dengan menggunakan fitur Mi Cloud Xiaomi. Fitur yang berfungsi untuk mengembalikan dokumen yang terhapus ini seringkali dilupakan oleh para pengguna Xiaomi.

Namun, file yang tidak terbackup tidak dapat dikembalikan. Jadi, alangkah baiknya jika Anda sudah mengaktifkan fitur back up file supaya file yang terdapat dalam file tersebut dapat terselamatkan jika suatu saat tidak sengaja terhapus.

Apabila fitur ini sudah aktif, maka Anda bisa mengembalikan file dokumen yang tidak sengaja terhapus dengan mudah. berikut adalah beberapa langkah mengembalikan file yang hilang di Xiaomi.

·       Langkah yang pertama adalah dengan masuk ke galeri yang telah tersedia pada semua tipe HP Xiaomi.

·     Pada bagian pojok kanan atas terdapat menu lain yang ditunjukkan dengan ikon tiga titik, lalu tap ikon tersebut.

·   Selanjutnya Anda akan diminta untuk memasukkan di Mi Cloud yang sebelumnya sudah Anda buat ketika Anda membuat akun Mi Cloud.

·    Langkah yang selanjutnya adalah nanti disana akan muncul berkas file yang terdapat dalam Trash Bin. File yang terdapat di sana nanti dapat Anda kembalikan ke galeri HP Anda.

·       Kemudian pilih file atau video yang hendak Anda kembalikan.

·       Lalu tap tombo Recover.

·       Secara otomatis foto atau video yang yang telah terhapus tersebut akan kembali di galeri Anda.

Sebagai catatan proses recovery tersebut Anda tidak perlu khawatir data internet Anda akan habis, sebab di setting Mi Cloud telah tersedia pilihan backup yang hanya terhubung dengan jaringan WiFi. Cara mengaturnya adalah dengan mengaktifkan melalui Only Use WiFi Backup photos and Videos.

2. Menggunakan Aplikasi Deleted Photos Recovery

Cara mengembalikan foto yang terhapus di HP Xiaomi yang selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi Deleted Photos Recovery. Aplikasi ini tersedia di Google Play Store sehingga Anda bisa mengunduh secara gratis.

·   Langkah yang pertama adalah mengunduh dan memasang aplikasi Deleted Photo Recovery melalui Google Play Store.

·       Kemudian klik Start Recovery.

·       Langkah yang selanjutnya adalah dengan memilih foto yang hendak Anda kembalikan.

·   Kemudian Recover. Periksalah di galeri Anda apakah foto atau video yang Anda kembalikan sudah tersimpan di galeri ponsel ataukah belum.

3. Menggunakan Aplikasi Restore Image atau Super Easy

Selain dengan kedua aplikasi di atas Anda juga bisa menggunakan aplikasi Restore Image untuk mengembalikan foto atau video yang tidak sengaja terhapus. Untuk menggunakan aplikasi ini Anda tidak harus menggunakan ponsel yang sudah di root meskipun menggunakan HP Xiaomi.

·       Langkah yang pertama adalah dengan mengunduh aplikasi Restore Image yang terdapat di Google Play Store.

·       Jika sudah selesai terpasang Anda bisa langsung menggunakannya.

·       Pilihlah foto atau video yang hendak Anda kembalikan di galeri ponsel.

·       Kemudian klik Restore Image.

·       Tunggulah hingga restore selesai

4. Menggunakan Android Data Recovery

Aplikasi Android Data Recovery ini merupakan sebuah perangkat lunak yang dibuat khusus untuk memulihkan data yang telah terhapus sebelumnya. Aplikasi yang satu ini memang terbilang canggih karena telah dilengkapi dengan algoritma pemindaian sehingga dapat mengembalikan setiap bit data yang telah terhapus.

·       Langkah yang pertama adalah dengan mengunduh dan memasang Xiaomi Android Data Recovery di PC atau Komputer Anda.

·       Kemudian jalankan perangkat tersebut jika sudah terpasang.

·       Kemudian Anda bisa menghubungkan Xiaomi ke komputer dengan menggunakan kabel USB.

·    Lalu pilih opsi Recovery dan jangan lupa untuk memastikan Anda sudah mengaktifkan debugging USB pada ponsel Xiaomi tersebut.

·       Kemudian pilih jenis data yang hendak Anda kembalikan.

·       Kemudian klik Next.

·       Jangan lupa untuk memilih metode pemindaian yang telah disediakan Scan Deleted File atau Scan All Files, kemudian klik Next.

·       Langkah yang terakhir adalah menunggu proses pemindaian. Jika pemindaian selesai biasanya ditandai dengan file yang Anda kembalikan muncul. Kemudian klik Recovery untuk menyimpan semua di komputer Anda.

5. Menggunakan Fitur Undeleter Recover File and Data

Cara mengembalikan foto yang terhapus di HP Xiaomi juga dapat dilakukan dengan menggunakan fitur Undeleter Recover File and Data. Yang mana fitur ini dapat Anda andalkan tanpa harus menggunakan PC atau laptop. Selama HP Xiaomi Anda sudah di root terlebih dahulu.

Aplikasi ini memiliki dua versi, yaitu aplikasi gratis dan versi yang berbayar. Tentunya masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Apabila Anda hanya ingin menggunakan fitur recover saja, maka Anda dapat mengunduh aplikasi versi gratis dengan cara sebagai berikut.

·       Langkah yang pertama adalah dengan mengunduh dan memasang aplikasi terlebih dahulu di HP Xiaomi Anda.

·       Kemudian berikan izin pada aplikasi untuk mengakses root.

·       Jangan lupa untuk memilih mode pemindaian antara Deep Scan atau Journal Scan.

·       Langkah yang selanjutnya adalah dengan menekan klik pada pindai dan tunggulah hingga file yang anda inginkan muncul.

·       Kemudian klik ikon yang terletak pada bagian pojok kanan atas file untuk menyimpan file yang sudah terhapus sebelumnya

6. Menggunakan Google Foto

Cara mengembalikan foto yang terhapus di HP Xiaomi yang terakhir adalah dengan menggunakan Google Foto. Namun, bagi Anda yang ingin mengembalikan foto yang telah terhapus dengan cara ini terdapat syarat yang harus Anda penuhi.

Syarat tersebut adalah Anda harus memiliki aplikasi Google Foto dan kemudian melakukan Login agar dapat mengaksesnya. Apabila Anda sudah Login maka Anda dapat mengembalikan foto dengan sangat mudah. berikut adalah cara mengembalikan foto dengan menggunakan Google Foto.

·   Langkah yang pertama adalah dengan membuka aplikasi Google Foto yang terdapat di HP Xiaomi Anda.

·       Kemudian pilih menu galeri pada bagian pojok kanan bawah.

·       Kemudian pilih menu Sampah.

·    Langkah yang selanjutnya adalah dengan mencari foto atau video yang hendak Anda kembalikan.

·       Jika sudah memilih, Anda bisa memilih menu Pulihkan.

·       Jika sudah maka secara otomatis foto atau video tersebut akan kembali muncul di menu galeri.

·       Jika proses telah usai, maka Anda bisa melihat foto atau video di galeri Anda

Setelah mengetahui keenam cara mengembalikan foto yang terhapus di HP Xiaomi, maka Anda dapat mengembalikan foto lama yang tidak sengaja terhapus. Pastikan Anda memilih cara yang paling mudah untuk dilakukan. Itulah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk menyelesaikan masalah yakni mengembalikan foto yang terhapus di HP Xiaomi. Semoga bisa membantu menyelesaikan permasalahan Anda kali ini.

Posting Komentar untuk "Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP Xiaomi Dengan Mudah"