©
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengembalikan Kontak WA yang Hilang Di Hp Xiaomi

 Cara Mengembalikan Kontak WA yang Hilang Di Hp Xiaomi

Jaman sekarang sudah sangat banyak macam aplikasi chat yang bisa digunakan di HP android, baik secara gratis maupun berbayar. Lalu, bagaimana cara mengembalikan kontak WA yang hilang di HP Xiaomi?

Bagaimana Cara Mengembalikan Kontak WA yang Hulang di HP Xiaomi?

Salah satu layanan aplikasi pesan instan yang sudah sangat populer digunakan oleh pengguna smartphone di seluruh dunia adalah WhatsApp. Aplikasi ini juga menjadi aplikasi chatting lintas platform. Selain itu juga bisa digunakan di android, web, iphone dan windows phone.

Secara otomatis WhatsApp akan menggunakan kontak nomor ponsel untuk digunakan sebagai akun profil WA. Dari sini tentunya semua kontak yang sudah tersimpan dan sudah terdaftar di WhatsApp yang ada di ponsel akan menjadi kontak chat WhatsApp juga.

Tetapi juga ada beberapa kasus dimana pengguna Xiaomi tidak bisa menampilkan nama kontak di WA. Oleh sebab itu pada artikel kali ini kita akan mengungkap cara mengembalikan kontak WA yang hilang di hp Xiaomi.


Penyebab-Penyebab Kontak WA Tidak Muncul Di Hp Xiaomi

Kontak WA merupakan salah satu hal penting agar dapat digunakan untuk menghubungi orang disekitar kita. Apa sebenarnya yang menyebabkan kontak WA Anda hilang? Berikut adalah beberapa alasan mengapa kontak WA hilang.

1.   Alasan pertama dari kontak wa yang tidak muncul bisa jadi disebabkan oleh nomor tersebut belum terdaftar atau  bisa jadi nomor tersebut memang sudah dihapus dan diganti dengan nomor yang baru., sehingga secara otomatis nomor teman kamu tidak bisa ditemukan.

2.  Alasan yang kedua bisa jadi disebabkan karena format penulisan  nomor hp yang tidak benar, karena ketika penulisan nomor hp tidak benar, maka nomor hp juga tidak bisa ditemukan.

Sebaiknya gunakan format penulisan menggunakan kode Negara, missal untuk Indonesia menggunakan +62 di awal nomor.

3.  Alasan yang ke tiga bisa jadi aplikasi whatsapp di hp xiaomi tidak mendapatkan izin dari pengguna untuk mengakses data kontak di ponsel.

Untuk mengatasi kasus yang satu ini sebaiknya ketika Anda baru menginstal WA biasanya ada kotak dialog yang meminta persetujuan aplikasi. Tujuannya adalah agar bisa membaca data kontak di hp Xiaomi. Maka sebaiknya Anda menyetujui dialog tersebut.


Berikut Cara Mengembalikan Kontak WA yang Hilang di HP Xiaomi

Setelah mengetahui penyebab-penyebab dari tidak munculnya kontak nomor maka akan dengan mudah untuk mengikuti tutorial di bawah ini. Berikut adalah langkah mengembalikan kontak WA yang hilang.


1. Dengan cara mengaktifkan perizinan kontak.

Kebanyakan kontak wa yang tidak muncul di hp xiaomi adalah karena pengguna tidak mengaktifkan perizinan otomatis agar aplikasi whatsapp dapat membaca kontak yang terdapat di hp kita.

Langkah pertama cara mengembalikan kontak wa yang hilang di hp xiaomi dengan sebab kasus diatas maka Anda bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini.


a) Silahkan buka setting atau pengaturan pada hp xiaomi Anda.

b) Scroll ke bawah dan cari menu Aplikasi

c) Masuk ke menu perizinan

d) Kemudian pilih kembali perizinan

e) Scroll ke bawah dan carilah aplikasi whatsapp

f) Untuk mengembalikan kontak wa yang hilang aktifkan perizinan pada bagian baca kontak anda

g) Jika muncul jendela pop up maka pilihlah “selalu izinkan”.

Jika sudah selesai , silahkan buka kembali aplikasi wa Anda, kemudian cek kembali apakah kontak ANda pada hpp sudah bisa terbaca. Cara mengaktifkan perizinan kontak wa juga bisa dilakukan melalui homepage xiaomi, dan berikut langkah-langkahnya.


  • Pilih dan tekan lama aplikasi whatsapp Anda pada halaman home HP
  • Kemudian pilihlah info Aplikasi
  • Kemudian klik menu perizinan
  • Untuk mengembalikan kontak wa yang hilang, aktifkan lah perizinan pada bagian baca kontak Anda.
  • Kemudian akan muncul jendela pop-up, pilihlah “selalu izinkan”.

Biasanya cara ini hanyalah berlaku pada os MIUI versi terbaru, silahkan buka kembali aplikasi whatsapp Anda dan lakukan cek kembali.


2.   cara mengembalikan kontak wa yang hilang di hp xiaomi yang kedua adalah bisa dengan reset atau log in ulang Email Google.

Jika cara-cara diatas belum juga berhasil untuk mengembalikan kontak nomor whatsapp anda yang hilang maka anda bisa menggunakan cara yang kedua ini.

Sebelum melakukan reset whatsapp untuk login ulang  sebaiknya pastikan terlebih dahulu Anda sudah mensinkronkan ponsel Anda ke internet, agar data akun Anda tidak hilang.

Berikut langkah-langkah  cara mengembalikan kontak wa yang hilang di hp xiaomi dengan cara reset atau log in ulang Email Google.

·       Buka Setelan

·       Pilih menu Akun dan Sinkronisasi

·       Pilih google

·       Kemudian hapus akun

·       Setelah akun terhapus silahkan melakukan login ulang ke dalam akun tersebut.

Selain cara yang sudah kami paparkan diatas, Bagi anda yang kehilangan kontak nomor di wa hp xiaomi, Anda juga bisa mengikuti , cara mengembalikan kontak wa yang hilang di hp xiaomi dibawah ini.

  • silahkan masuk ke Setelan / pengaturan di HP xiaomi
  • selanjutnya cari opsi security
  • kemudian cari dan masuk ke opsi permission (izin) lalu cari dan pilih Manage App Permission
  • lalu pilih opsi contacts (kontak) lalu cari pengaturan untuk aplikasi whatsapp
  • silahkan Anda berikan izin dengan mengubah opsi ke Allow / Izinkan

Nah, setelah melakukan cara yang kali ini silahkan buka kembali aplikasi whatsapp. Dan lihatlah sudah berhasil mengembalikan kontak yang hilang di xiaomi atau belum? Jika memang belum berhasil Anda juga bisa mengikuti cara mengembalikan kontak wa yang hilang di hp xiaomi dengan cara menghapus cache dan data.


 3. Dengan Menghapus Cache dan Data

Berikut langkah-langkah cara mengembalikan kontak wa yang hilang di hp xiaomi dengan cara menghapus cache dan data yang dapat Anda ikuti.

  • Silahkan masuk ke Pengaturan kemudian cari Aplikasi
  •  kemudian cari dan pilih Whatsapp
  • Nantinya akan tersedia tombol paksa berhenti, silahkan tekan opsi tersebut terlebih dahulu
  • Kemudian disusul dengan menekan tombol Hapus Data dan Hapus Cache

Setelah selesai menghapus data aplikasi whatsapp, silahkan buka dan jalankan kembali, maka kamu perlu melaksanakan setup WA dari awal. Masukkan nomor HP yang kamu gunakan menjadi akun WA, kemudian berikan semua izin aplikasi jika muncul dilayar.


Cara Mengembalikan Kontak WA yang Hilang Melalui Pesan WA

Untuk Anda yang saat ini baru saja menginstal ulang atau melakukan ROM Xiaomi dan Anda mengalami semua daftar kontak di WhatsApp hilang, sedangkan history chat masih ada, maka alangkah baiknya Anda periksa pengaturan security di HP Xiaomi Anda. 

Sebenarnya cara mengembalikan kontak WA yang hilang di hp xiaomi sangatlah mudah. Kamu tinggal merubah pengaturan whatsapp agar WhatsApp diperbolehkan untuk membaca kontak melalui


1.    Security

2.    Permission

3.    Permission

4.    Whatsapp

5.    Read your contacts

6.    Accept

Setelah memperbolehkan WhatsApp untuk membaca kontak smartphone, Anda tinggal melakukan refresh kontak aplikasi AhatsApp dengan cara berikut ini.

1.    Contacts kemudian

2.    Refresh

Demikian penjelasan tentang cara mengembalikan kontak wa yang hilang di hp xiaomi, Anda bisa memilih salah satu dari cara-cara diatas yang Anda anggap mudah dan simple. Bagi Anda jika mengalami kontak whatsapp tidak muncul pada perangkat lain, mungkin kamu bisa mencari pengaturan serupa pada smartphone tersebut. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Posting Komentar untuk "Cara Mengembalikan Kontak WA yang Hilang Di Hp Xiaomi"