Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Musik Box yang Rusak

Cara Memperbaiki Musik Box yang Rusak

Droidide.com - Musik box merupakan salah satu jenis alat musik yang sedang trend akhir-akhir ini. Musik box ini umumnya dilengkapi dengan berbagai cara untuk memainkannya, seperti disambungkan melalui bluetooth, memori internal, atau melalui flashdisk.

Namun, ketika musik box ini mengalami kerusakan sebagian orang mengatakan jika susah untuk diperbaiki. Namun, apakah benar demikian? Untuk lebih jelasnya berikut adalah beberapa cara memperbaiki musik box yang rusak yang bisa Anda ikuti.

Cara Memperbaiki Musik Box Bluetooth Tidak Terkoneksi

Cara mengatasi bluetooth yang tidak terdeteksi sebenarnya mudah dilakukan. Hal ini tentu disebabkan oleh berbagai masalah. Musik box bluetooth yang tidak terkoneksi ini tentu akan menghambat pekerjaan atau kegiatan.

1. Restart Bluetooth Speaker

Cara yang pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan merestart speaker bluetooth atau musik box yang Anda miliki. Caranya adalah dengan mematikan bluetooth speaker selama beberapa saat. Kemudian Anda bisa menghidupkan kembali.

2. Isi Baterai Musik Box Hingga Penuh

Salah satu yang menyebabkan musik box tidak terkoneksi dengan perangkat lain adalah baterai yang mau habis. Oleh sebab itu jika ada peringatan maka segeralah lakukan pengisian ulang hingga penuh. Sebab, fungsi bluetooth tidak dapat berfungsi dengan baik sebelum baterai kembali penuh.

3. Sambungkan Perangkat Secara Manual

Apabila bluetooth pada musik box tidak dapat terhubung secara otomatis, maka Anda bisa mencoba menyambungkan perangkat lain, seperti laptop, HP secara manual. Caranya pun mudah, yaitu dengan membuka setelan bluetooth. Kemudian buka daftar perangkat yang terhubung sebelumnya.

4. Mematikan Semua Sambungan Bluetooth Disekitar

Cara memperbaiki musik box yang rusak selanjutnya adalah dengan mematikan semua sambungan bluetooth yang ada di sekitar Anda. Sebab, pada dasarnya sistem wireless pada bluetooth musik box tidak bisa multi user. Oleh sebab itu, maka mematikan seluruh koneksi bluetooth yang ada di sekitar Anda.

5. Perhatikan Jarak Antara Speaker dan Perangkat

Musik box bluetooth memiliki jarak tertentu agar bisa terhubung dengan baik pada sebuah perangkat. Biasanya jarak yang ada di sekitar kurang lebih sejauh 10 meter saja jika tidak terhalang oleh pintu, tembok atau benda padat lainnya.

6. Hapus Sebagian Perangkat yang Dikenal

Biasanya sebuah ponsel atau laptop memiliki batas penyimpanan perangkat yang telah dikenali atau pernah terhubung sebelumnya. Jika perangkat tersebut penuh, maka solusinya adalah dengan menghapus beberapa beberapa perangkat yang tersimpan pada setelah bluetooth.

7. Pastikan Bluetooth Ponsel Terlihat Oleh Perangkat Lain

Pada beberapa ponsel, setelah default yang ada pada bluetooth adalah tidak terlihat pada perangkat lainnya. jika demikian, otomatis perangkat lain tidak dapat mendeteksi ponsel tersebut termasuk bluetooth speaker yang Anda miliki.

8. Bersihkan Chace Bluetooth Pada HP

Adanya cache yang terdapat pada ponsel bisa saja menjadi penyebab bluetooth pada musik box tidak bisa terkoneksi dengan baik. Dengan membersihkan cache merupakan cara memperbaiki musik box yang rusak dan tidak terkoneksi dengan perangkat lain.

9. Pastikan Speaker Sudah Pada Mode Bluetooth

Agar musik box dapat terkoneksi dengan perangkat lain maka pastikan terlebih dahulu jika bluetooth speaker Anda sudah pada mode on. Caranya adalah dengan mengubah mode bluetooth tersebut yang biasanya dengan menekan tombol M yang terdapat pada speaker.

10. Reset Bluetooth Speaker Ke Setelah Pabrik

Cara memperbaiki musik box yang rusak terakhir adalah dengan mereset bluetooth speaker ke setelan pabrik. Namun, cara ini hanya dapat dilakukan pada beberapa jenis speaker tentu saja. Caranya adalah dengan mematikan dulu music box kemudian tekan tombol power selama beberapa detik.

Cara Memperbaiki Musik Box yang Rusak Tidak Ada Suara

Masalah musik box yang sering tidak mengeluarkan suara ini pun seringkali dialami. Untuk memperbaikinya Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Langkah yang pertama adalah dengan memeriksa lampu indikatornya. Jika lampu tersebut tidak menyala, maka Anda harus memeriksa kabel yang menuju stop kontak, trafo, dan juga power.

2. Kemudian Anda bisa memeriksa komponen power supply

3. Kemudian bukalah fuse. Jika sudah Anda bisa memeriksa sekring yang terdapat pada bagian belakang dengan menggunakan AVO meter.

4. Lalu bukalah tutup box yang terdapat pada bagian belakang. Kemudian periksalah sekring yang terdapat pada papan PCB dengan menggunakan AVO meter.

5. Cara memperbaiki musik box yang rusak tidak mengeluarkan suara yang selanjutnya adalah dengan menggunakan AVO meter yaitu dengan mengarahkan AVO meter ke RX1. Jika sudah Anda bisa mencolokkan kabel hitam dan merah pada kedua sisi sekring. Jika jarum AVO meter tidak bergerak, maka Anda harus mengganti sekring dengan yang baru.

6. Lalu periksalah konektor yang menuju power supply dengan cara melepasnya. Jangan lupa untuk memasang kembali setelah selesai Anda periksa.

7. Kemudian Anda bisa melanjutkan ke amplifier. Apabila Anda menemukan komponen yang rusak, maka Anda harus segera menggantinya.

8. Selanjutnya periksalah kabel output amplifier yang menuju speaker, woofer, tweeter, dan juga midrange.

9. Langkah yang terakhir adalah dengan memeriksa dengan teliti satu persatu yang terdapat pada rangkaian speaker.

Cara Memperbaiki Musik Box Rusak Tidak Bisa Dicharger

Hampir sebagian besar musik box bluetooth menggunakan daya yang berupa baterai yang harus di charge layaknya sebuah ponsel. Namun, bagaimana jika musik box tersebut tidak dapat di charger? Berikut adalah cara memperbaiki musik box yang rusak tidak dapat dicharger.

1. Kabel Kendor Hampir Putus

Untuk mengatasi kabel yang kendor dan hampir putus sehingga musik box tidak bisa di charger adalah dengan melepas semua sekrup yang terdapat pada box speaker. Caranya adalah dengan menarik kedua sisinya dengan berlawanan.

Jika kesulitan maka Anda bisa membuka celah dengan cara sedikit mencongkel dengan menggunakan benda pipih yang kuat. Selanjutnya Anda bisa melihat sebuah baterai. Pada baterai tersebut biasanya terdapat kabel yang berwarna merah dan hitam yang tersambung pada mainboard speaker.

Kemudian Anda bisa melakukan pengecekan apakah kabel tersebut kendor atau hampir putus. Jika kabel hampir putus maka Anda bisa melilitkan kabel tersebut dengan menggunakan selotip. Jika sudah maka Anda bisa menutup kembali body speaker.

2. Soket USB Charger yang Kendor

Cara memperbaiki musik box yang rusak tidak dapat dicharge adalah dengan melakukan soket USB Charger yang kendor. Caranya adalah dengan membongkar speaker dengan menggunakan benda pipih untuk membuka body musik box.

Kemudian Anda bisa melepas mainboard secara perlahan. Jika sudah Anda bisa mengecek apakah USB port pada bagian charger tersebut kendor atau tidak. Apabila soket USB kendor maka Anda bisa merekatkan kembali pada mainboard dengan menggunakan soldier.

3. Baterai Rusak

Jika kedua langkah di atas masih belum bisa mengisi daya musik box Anda, maka terdapat kemungkinan baterai speaker Anda sudah rusak. Sebagai solusinya adalah dengan mengganti baterai yang baru dengan jenis yang sama.

Diatas adalah beberapa cara memperbaiki musik box yang rusak yang disebabkan oleh beberapa masalah. Sebelum Anda memperbaikinya, alangkah baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu permasalahan yang ada pada musik box Anda.

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki Musik Box yang Rusak"