©
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Burung Elang dan Burung Alap-alap Secara Lengkap

Apa Saja Perbedaan Burung Elang dan Burung Alap-alap? Simak Selengkapnya

Banyak orang yang beranggapan jika burung elang dan burung alap-alap ini merupakan burung yang sama. Namun, ternyata kedua burung ini merupakan jenis burung yang berbeda. Lalu, apa perbedaan burung elang dan burung alap-alatersebut?  

Selain disebabkan karena keduanya termasuk kerabat dekat, kedua burung ini juga memiliki bentuk tubuh yang hampir sama, yaitu dengan cakar dan paruh yang tajam berfungsi untuk mencabik-cabik mangsanya.

Tentang Burung Elang

Sebelum membahas tentang perbedaan burung Elang dan burung alap-alap mari kita bahas terlebih dahulu definisi tentang burung Elang. Dalam bahasa Inggris burung ini disebut dengan eagle, yang mana merajuk pada burung pemangsa yang memiliki ukuran besar dari suku Accipitridae tertua di genus Aquila.

Salah satu burung yang ada di Indonesia yang berdarah panas ini memiliki sayap dan tubuh yang diselubungi dengan bulu pelepah. Sebagai burung, elang berkembang biak dengan cara bertelur yang memiliki cangkang keras yang terdapat di dalam sarang yang dibuatnya.

Burung elang ini menjaga anak-anaknya hingga dapat tebang. Hewan pemangsa ini memiliki makanan utama, yaitu hewan mamalia seperti tikus. Selain itu hewan ini juga memangsa ayam, kadal, ikan, dan tupai, dan juga serangga yang tergantung pada ukuran tubuhnya.

Tidak hanya itu saja juga terdapat sebagian elang yang menangkap ikan sebagai makanan utama mereka. umumnya elang tinggal di wilayah yang dekat dengan perairan. Paruh elang tidak memiliki gigi, namun melengkung dan kuat.

Fungsi dari paruh elang tersebut adalah untuk mengoyak daging hewan yang dijadikan sebagai mangsanya. Burung elang ini juga memiliki sepasang kaki yang kuat dan kuku yang tajam dan berbentuk melengkung.

Fungsinya adalah untuk mencengkeram mangsanya dengan daya penglihatan yang tajam. Tujuannya adalah untuk memburu mangsa dari jarak jauh yang tidak terkira.

Burung Alap-alap

Apa sih sebenarnya perbedaan burung elang dan burung alap-alap? Setelah membahas definisi tentang burung elang, sekarang saatnya membahas perihal burung alap-alap. Burung yang berasal dari keluarga Falconidae ini memiliki sebutan sebagai burung pemangsa.

Meski demikian burung alap-alap ini berbeda dengan burung elang. Tidak hanya itu saja burung alap-alap dan burung Rajawali ini juga berasal dari suku yang sama, yaitu Accipitridae. Burung alap-alap memiliki sayap yang berukuran lebih sempit dan runcing.

Memiliki paruh yang lebih pendek dan juga melengkung. Burung alap-alap ini memiliki kepala yang membuat., iris mata yang gelap dan juga gaya tebang yang lebih cepat da akrobatis. Burung pemangsa ini memiliki penglihatan yang tajam dan memiliki akurasi 2,6 kali dari penglihatan manusia.

Tidak heran jika sejak dulu burung alap-alap ini menjadi teman bagi para petani. Sebab burung ini yang memangsa tikus di sawah. Tidak hanya itu saja burung alap-alap ini juga bisa dijadikan sebagai hewan peliharaan jika dilatih sejak kecil dengan sabar.  

Burung alap-alap ini sebenarnya indah sekali ditemukan, sebab burung ini tidak hanya berasal dari beberapa negara saja. Namun juga terdapat di beberapa negara Afrika, Eropa dan juga Australia. Burung alap-alap ini tidak hidup di pohon melainkan di lereng-lereng dan batuan.

Perbedaan Burung Elang dan Burung Alap-alap

Secara ilmiah burung elang dan alap-alap merupakan jenis burung yang berbeda. Yang membedakan elang dan alap-alap ini sangat mudah. Anda bisa membedakannya hanya dengan melihat ukuran tubuh dan bentuk sayap pada kedua burung tersebut.

1. Ordo Falconiformes

Perbedaan burung elang dan burung alap-alap yang pertama terletak pada anggota ordo Falconiformes. Meski keduanya merupakan satu ordo Falconiformes, namun keduanya berbeda famili. Ordo falconiformes di Indonesia sendiri terbesar dari ujung barat sampai ujung timur.

Tidak hanya itu saja ordo Falconiformes ini juga menghuni baik autan hingga pegunungan tinggi. untuk lebih jelasnya berikut adalah filum yang terdapat dalam ordo Falconiformes.

·       Famili Accipitridae yang beranggotakan elang

·       Sagittariidae yang beranggotakan burung sekretaris (burung ini tidak ada di indonesia)

·       Famili Falconidae yang beranggotakan alap-alap

·       Pandionidae yang beranggotakan hanya elang tiram saja.

2. Ukuran Tubuh

Perbedaan antara burung elang dan burung alap-alap ini juga bisa dilihat dari ukuran tubuh keduanya. Burung elang memiliki ukuran yang lebih besar jika dibanding dengan burung alap-alap (kecuali elang tikus yang memiliki ukuran cukup kecil dari burung elang pada umumnya).

Elang dengan ukuran yang besar dapat memburu hewan-hewan yang besar untuk dijadikan mangsanya. Sebagai contohnya adalah elang emas yang dapat memburu dan memangsa serigala sebab burung Elang emas tersebut memiliki ukuran yang cukup besar.

Sedangkan untuk burung alap-alap ini umumnya hanya dapat memburu mangsa yang memiliki ukuran lebih kecil, seperti kadal, burung merpati, dan hewan kecil lainnya.

3. Bentuk Kepala

Perbedaan burung elang dan burung alap-alap yang selanjutnya terletak pada bentuk kepalanya. Burung alap-alap memiliki ukuran kepala yang pendek. Memiliki sayap yang panjang, ramping dan juga runcing di bagian ujung.

Sedangkan sayap burung elang memiliki kepala yang runcing, ramping, dan sayap yang relatif lebih lebar dan berbentuk bulat pada bagian ujung.

4. Bentuk Sayap

Selain ketiga perbedaan di atas cara yang paling mudah membedakan antara burung Elang dan burung alap-alap adalah dari bentuk ujung sayapnya ketika terbang. Jika dilihat dari bawah, sayap burung elang cenderung lebih lebar dan bagian ujungnya menjari.

Sedangkan untuk burung alap-alap ujungnya berbentuk meruncing. Oleh sebab itu bentuk sayap ini alap-alap dapat tebang lebih cepat jika dibading dengan burung elang. Tidak hanya itu saja burung alap-alap juga dikenal sebagai hewan yang tercepat di dunia karena dapat tebang dengan kecepatan 390 km/jam ketika sedang berburu mangsa.

5. Makanan

Selain dilihat dari keempat perbedaan di atas, perbedaan burung elang dan burung alap-alap yang terakhir adalah dari segi makanan nya. Makanan burung alap-alap ini selain daging adalah serangga, belalang, jangkrik, capung yang termasuk dalam golongan invertebrata dan juga mamalia kecil.

Sedangkan makanan utama burung Elang daging, sebab burung elang termasuk ke dalam hewan karnivora. Beberapa pilihan daging yang bisa dimakan oleh elang, seperti ikan, unggas, dan juga daging hewan lainnya.

Alap-alap dan Elang Sebagai Lambang Negara

Tidak dapat dipungkiri jika elang dan alap-alap dianggap sebagai hewan yang dihormati dan juga kuat. Oleh sebab itu banyak negara dan wilayah yang menggunakan kedua burung tersebut sebagai lambang negara.

Tentu sudah hafal dengan lambang negara Indonesia, Garuda Pancasila yang merupakan gambaran dari elang Jawa. Lambang negara Amerika Serikat juga merupakan elang botak yang berkepala putih. Sedangkan untuk burung alap-alap menjadi lambang negara Uni emirat Arab dan juga beberapa wilayah yang ada di sekitarnya.

Setelah mengetahui apa saja perbedaan burung elang dan burung alap-alap, apakah Anda sudah bisa membedakan? Meski telihat sama namun burung ini memiliki perbedaan yang bentu kentara. 

Posting Komentar untuk "Perbedaan Burung Elang dan Burung Alap-alap Secara Lengkap"