Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Daun Speaker yang Rusak dengan Mudah

Penyebab dan Cara Memperbaiki Daun Speaker yang Rusak

Droidide.com - Daun pada speaker yang sudah usang membuat kualitas suara pada audio menjadi tidak stabil sehingga suara yang dihasilkan dapat sember atau rusak. Hal ini tentu tidak enak untuk didengar. Lalu, bagaimana cara memperbaiki daun speaker yang rusak?

Daun speaker memiliki peran penting dalam suatu komponen speaker, diantara komponen yang lainnya. Oleh sebab itu speaker yang menimbulkan efek suara pada musik yang menimbulkan efek suara pada musik yang diakibatkan dengan gelombang getaran.

Apa Penyebab Daun Speaker Rusak?

Sebelum membahas perihal bagaimana cara mengganti daun speaker yang rusak, alangkah baiknya jika kita membahas terlebih dahulu apa yang menyebabkan daun speaker yang rusak. Dengan mengetahui penyebabnya, maka Ada bisa memperbaiki kerusakan tersebut dengan tepat.

Tentunya daun speaker memiliki kekuatan yang sudah sesuai dengan daya watt pada speaker tersebut. sebab, jika daun speaker tidak seimbang dengan besaran watt yang dimilikinya maka bisa jadi daun speaker menjadi tidak bergerak.

Atau bisa juga jika watt speaker yang terlalu besar dan daun speaker yang terlalu tipis maka terdapat kemungkinan besar daun speaker akan penyok. Jadi, selain besaran watt yang tidak seimbang mengapa daun speaker menjadi rusak juga bisa disebabkan karena daun speaker yang penyok, sobek sudah lemah atau sudah terlalu usang.

Ciri-ciri Daun Speaker Minta Ganti

Umumnya daun speaker terbuat dari bahan kertas. Daun speaker yang semakin lama digunakan maka akan semakin kendor. Hal ini tentu mengakibatkan suara yang tidak stabil dan sehingga mengakibatkan suara menjadi sember.

Tidak hanya itu saja daun speaker yang koyak jika akan membuat kualitas audio menjadi menurun, sehingga tidak bisa dihidupkan dengan kuat. Untuk mengganti daun speaker yang rusak maka Anda dapat membeli di toko audio atau di toko-toko elektronik terdekat dikota Anda. Dan jangan lupa untuk membeli sudah dilengkapi dengan membrannya.

Sebab, dengan demikian Anda tingga memasang dan sebaiknya Anda membuka terlebih dahulu ke daun yang hendak diganti sebelum berangkat ke toko. Hal ini dikarenakan umumnya selain mengganti daun speaker musti jaga mengganti spull speaker.

Sebab pada waktu melepaskan daun speaker biasanya kertas pada spul aka menjadi koyak. Dan apabila itu terjadi maka kondisi tersebut alangkah baiknya untuk membeli dan mengganti spul speaker juga.  

Penyebab dan Cara Memperbaiki Daun Speaker yang Rusak Karena Jebol

Sebelum memperbaiki daun speaker yang rusak, maka alangkah baiknya jika mengetahui terlebih dahulu apa yang menyebabkan daun speaker tersebut menjadi rusak. Tujuannya adalah agar bisa menangani dengan tepat.

Biasanya daun speaker yang jebol ini disebabkan oleh kelalaian pemilik yang tidak sengaja menusuk speaker dengan menggunakan benda tajam. Untuk memperbaikinya, maka Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Alat

·       Pisau silet

·       Timah

·       Solder

2. Bahan

·       Kertas

·       Lem kambing

·       Tepung

·       Daun speaker

·       Membran speaker

3. Cara mengganti daun speaker yang rusak karena jebol

·       Langkah yang pertama adalah dengan membuka spul speaker dengan baik dan jangan lupa untuk membuka kabel speakernya lebih dahulu.

·       Kemudian buka spul speaker dengan menggunakan pisau silet dengan cara menurunkannya ke pinggiran spul.

·       Lalu setelah spul terbuka dengan baik dan juga tidak merusak pada membran speaker.

·       Setelah itu Anda bisa melakukan dengan membuka daun speaker dengan cara membuka pembatas speaker yang ada disekeliling daun speaker menggunakan pisau.

·       Setelah terbuka dengan baik maka barulah Anda melakukan pembukaaan daun speaker dengan menggunakan pisau.

·       Selanjutnya untuk pemasangan kembali pada daun speaker yang jebol bisa mengoleskan lem kambing di sekeliling daun speaker sampai merata.

·       Jangan lupa untuk memasang kembali spul speaker dengan menggunakan kertas sebagai alas atau acuan jarak spul dengan magnet speaker. Selain itu Anda juga bisa memasang sekaligus membran speaker yang terlepas.

·       Untuk merekatkan spul speaker Anda bisa menggunakan lem setan atau lem araldite. Namun, sebelum mereka tan disarankan untuk melakukan pengetesan dengan cara menekan membran sampai tidak terdengar suara serak.

·       Jika sudah selanjutnya Anda bisa melumuri dengan menggunakan tepung setelah dilakukan pengeleman.

·       Kemudian Anda bisa memasang kembali kabel speaker.

·       Selanjutnya Anda bisa memasang kembali kabel speaker

·       Jangan lupa untuk mengukur speaker dengan menggunakan multitester

·       Jika sudah Anda bisa menyalakan dan mendengarkan hasilnya

·       Jika pada membran speaker diganti maka setelah dilakukan tinggal memasang kembali pada magnet tersebut.

Mengapa Daun Speaker Bergerak Liar?

Daun speaker yang bergerak sangat liar ketika speaker dibunyikan dengan menggunakan power amplifier, tentu terdapat beberapa penyebab. Berikut adalah beberapa penyebab daun speaker bergerak liar tidak beraturan.

1. Box Speaker

Box speaker yang menjadi salah satu penyebab terjadinya daun speaker menjadi liar ketika bergerak. Desain box speaker yang tidak sesuai dengan speaker. Seperti volume box yang terlalu besar atau terlalu kecil yang mana suara yang seharusnya sudah bagus namun masih dapat dipaksa untuk bekerja lebih. Tentu hal tersebut umumnya terjadi ketika box speaker indoor digunakan untuk outdoor.

2. Over Frekuensi

Terlalu berlebih dalam frekuensi audio ke power juga menjadi salah satu penyebab daun speaker menjadi bergerak secara liar. Bostingan pada equalizer atau acc yang berlebihan bisa membuat suara menjadi sember, bahkan yang berlebihan, cacat, terkadang banyak para pengguna acc yang menggunakan tidak dengan aturan.

Namun, meski demikian dengan menggunakan aturan yang penting enak atau berbunyi tanpa memikirkan frekuensi yang tidak seharusnya di bosting. Tapi di bosting lebih dari 3db dan itu seringkali dilihat.

3. Power Amplifier

Selain kedua hal diatas yang menyebabkan daun speaker menjadi bergerak bebas adalah power amplifier. Biasanya hal ini menyebabkan speaker menjadi liar ketika musik sedang berjalan, power amplifier yang kurang besar pada wattnya bisa mengakibatkan out speaker keluar bercampur dc.

Selain itu power amplifier watt yang kecil ketika dipaksa untuk mengeluarkan suara maksimal sering terjadi cacat dan suara pecah menjadi tidak karuan dan keluar arus dc speaker yang bisa mengakibatkan speaker menjadi bergerak secara liar dan bisa membuat voice coil menjadi terbakar.

Cara Melapis Daun Speaker Dengan Mudah

Terdapat beberapa pendapat yang mengatakan jika daun speaker yang di cat atau diberi warna lapisan bisa mengurangi kualitas suara. Selain itu ada pula yang mengatakan jika daun speaker yang di cat akan terdengar lebih nyaring dan berbagai pendapat yang lainnya.

Pada dasarnya daun speaker dirancang secara lentur agar bisa menghasilkan getaran yang seimbang dengan besaran watt speaker itu sendiri. Sebab, semakin besar watt pada speaker umumnya daun speaker aka dibuat lebih lentur dan juga tebal.

Bagi Anda yang ingin memberi warna tambahan atau mengecat daun speaker tentu sah-sah saja. namun, jika daun speaker sudah kelihatan jelek dan usang. Dan untuk yang pertama alangkah baiknya jika Anda menggunakan cat pilox dan maksimal sebanyak dua lapis.

Sebenarnya cara memperbaiki daun speaker yang rusak ini bisa Anda sesuaikan dengan jenis kerusakan yang terdapat pada daun speaker tersebut. jadi, sebelum memperbaiki alangkah baiknya untuk mengetahui permasalahan pada daun speaker.

Semoga tips yang kami bagikan bisa membantu ya. Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki Daun Speaker yang Rusak dengan Mudah"