Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Sensor Mouse yang Rusak [WORK]

Kenali Penyebab dan Cara Memperbaiki Sensor Mouse yang Rusak

Cara Memperbaiki Sensor Mouse yang Rusak

Terdapat berbagai jenis harga mouse yang ditawarkan dan mouse yang memiliki harga murah memang terbilang cukup menggiurkan namun juga cukup rawan dengan kerusakan. Kerusakan tersebut umumnya terjadi pada bagian sensor. Lalu, bagaimana cara memperbaiki sensor mouse yang rusak?

Mouse sendiri sering digunakan ketika menggunakan laptop atau PC. Terlebih dengan menggunakan mouse akan sangat memudahkan kegiatan yang berhubungan dengan pekerjaan yang menggunakan perangkat komputer atau laptop.

Penyebab Sensor Mouse Rusak

Mouse yang nyala namun tidak berfungsi sehingga bisa menyebabkan kursor tidak bergerak memiliki banyak sekali penyebabnya. Setiap masalah tentu memiliki faktor yang berbeda-beda sehingga perlu dilakukan cek terlebih dahulu agar bisa memperbaiki masalah tersebut.

1. Ada Kabel Mouse yang Putus

Di dalam setiap mose memiliki empat kabel yang memiliki fungsi yang tentunya berbeda-beda. Yang pertama yaitu kabel warna merah yang merupakan kabel power, kabel warna putih dan hijau yang merupakan kabel data, dna yang terakhir adalah kabel hitam yang berfungsi sebagai ground.

Apabila masalah yang Anda alami adalah mouse menyala namun tidak dapat berfungsi maka bisa jadi salah satu kabel data aa yang putus sehingga kursor tidak dapat bergerak.

2. Port USB Rusak

Mouse yang tidak dapat berfungsi sehingga kursor tidak dapat bergerak selamanya mengalami kerusakan. Namun bisa jadi justru port USB pada komputer atau laptop Anda mengalami kerusakan. Bisa saja pada bagian power yang masih mengalir arus namun pada bagian data mengalami kerusakan. Hal tersebut tentu membuat mouse nyala namun tidak bisa berfungsi.

3. Port USB Tidak Kompatibel

Seperti yang diketahui jika port USB memiliki beberapa tipe yang mulai dari 2.0 sehingga yang terbaru adalah 3.0. Port USB yang berbeda tipe juga bisa mempengaruhi terhubungnya satu port dengan port yang lainnya.

Apabila mouse Anda menyala tapi tidak berfungsi, terdapat kemungkinan port USB-nya tidak cocok tipenya sehingga mouse gagal terhubung yang menyebabkan kursor tidak dapat bergerak secara normal.

4. Fungsi Optical Rusak

Kebanyakan mouse pada saat ini menggunakan sistem optik yang berupa sinar infrared untuk mendeteksi pergerakan. Apabila fungsi optik pada infrared yang rusak, maka sudah dapat dipastikan jika kursor tidak dapat bergerak sama sekali.

Pada kasus tersebut biasanya lebih mudah dikenali sebab karena tombol klik dan scroll masih dapat berfungsi secara normal. Kerusakan pada optik seperti ini biasanya sulit untuk diperbaiki atau mengalami kerusakan permanen.


Cara Mengatasi Mouse Nyala Namun Tidak Berfungsi

Apabila mouse Anda menyala namun tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya maka jangan buru-buru untuk berfikir mengalami kerusakan. Berikut adalah cara mengatasi mouse yang menyala namun tidak dapat berfungsi dengan baik.

1. Cabut dan Pasang Lagi

Cara ini terkesan sepele, namun Anda patut untuk mencobanya. Mencabut port USB mouse yang kursornya tidak dapat bergerak kemudian Anda mencolokkannya lagi diperaya dapat membuat mouse tersebut berfungsi kembali.

Posisi port yang tidak dapat menjadi penyebab kursor tidak bergerak sehingga mencabut dan memasang port akan membuat posisi port kembali pas.

2. Bongkar Mouse

Cara ini sangat berisiko sebab jika salah dalam melakukan tindakan ini maka mouse bisa mengalami kerusakan permanen. Membongkar mouse bisa dilakukan apabila terdapat kerusakan tertentu seperti kabel putus atau optik yang rusak.

Anda bisa mempelajari terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membongkarnya. Cara tersebut merupakan cara yang paling sulit. Meski demikian menjadi satu-satunya jalan apabila mouse rusak secara fisik.

3. Gunakan Converter atau USB Hub

Ketika mouse dalam keadaan menyala namun tidak berfungsi sebagaimana mestinya hal itu tentu terdapat tipe USB yang tidak cocok. Untuk permasalahan tersebut Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan converter USB atau dengan menggunakan USB hub.

Cara ini bisa membantu port USB dari mouse yang tidak cocok dengan menjadi terdeteksi oleh PC atau laptop. Anda bisa mendapatkan kedua perlengkapan diatas di toko-toko komputer yang paling dekat dengan Anda.

Begini Cara Memperbaiki Mouse yang Tidak Berfungsi

Bagi Anda yang sudah terbiasa beraktivitas dengan menggunakan mouse kerja tanpa adanya mouse yang disebabkan adanya kerusakan tentu cukup menyulitkan. Oleh sebab itu banyak yang mencari cara bagaimana cara memperbaiki mouse yang rusak tidak berfungsi pada perangkat laptop atau PC.

1. Membersihkan Mouse

Cara memperbaiki sensor mouse yang rusak yang pertama adalah dengan membersihkan mouse terlebih dahulu. berikut adalah cara membersihkan mouse yang bisa Anda ikuti.

Mulai membersihkan mouse

Apabila pointer Anda sepertinya terlalu lambat atau tidak responsif seperti biasanya, maka Anda harus membersihkannya. Hal tersebut bisa jadi terdapat debu yang menempel atau hal lainnya.

Pastikan tidak ada kotoran yang menutupi laser

Ketika Anda membersihkan mouse, jangan lupa agar tidak menutupi laser yang ada di bagian bawah mouse. Apapun yang menghalangi laser, seperti selotip, kertas dan yang lainnya juga akan mengganggu pergerakan mouse.

2. Mengganti Baterai

Mengganti baterai dengan yang baru merupakan solusi yang dapat Anda coba. Apabila baterai di mouse Anda cepat habis atau tidak dapat terhubung, maka pastikan Anda memasangnya dengan benar ketika mengganti baterai yang baru.

Selain itu Anda juga bisa menghubungkan mouse ke pengisi daya selama 30 menit. Tujuannya adalah supaya dayanya cukup untuk terhubung. Mouse dengan port pengisi daya USB. Kemudian baterai yang tidak dapat diisi ulang terkadang juga gagal tanpa adanya peringatan ketika tingkat pengisian daya menjadi menurun terlalu banyak.

3. Hubungkan Mouse Langsung ke Port USB

Apabila Anda menggunakan USB eksternal, terdapat kemungkinan ada masalah dengan mouse tersebut. solusinya adalah maka Anda harus menghubungkan langsung mouse tersebut ke komputer atau laptop untuk mengetahui apakah masalah tersebut bisa teratasi.

4. Periksa Mouse Untuk Melihat Kerusakan Pada Perangkat Keras

Bentuk fisik yang retak atau bolong terdapat tombol bola yang hilang. Selain itu tombol datar yang tidak bisa terdeteksi adanya tekanan yang diberikan menjadi penyebab perangkat fisik mouse yang tidak berfungsi.

Solusinya adalah dengan mengganti mouse Anda dengan yang baru. Sebab, fungsinya tidak akan optimal lagi ketika mouse tersebut sedang diperbaiki.

5. Mencoba Port USB yang Berbeda

Masalah yang satu ini kerap kali terjadi pada mouse yang digunakan. Kemudian Anda bisa mencoba dengan mencabut mouse atau menggunakan port USB yang berbeda. Sebab sebagian laptop atau komputer memberikan penawaran port pada bagian depan atau sisi kiri dan juga kanan yang ada pada laptop.

Lalu, pada bagian belakang komputer atau PC tersebut Anda bisa mencoba semua port yang tersedia sebelum melangkah ke solusi berikutnya.

6. Hubungkan Mouse Langsung ke Port USB

Apabila Anda menggunakan USB eksternal, terdapat kemungkinan adanya masalah dengan mouse yang Anda miliki. Solusinya adalah Anda harus menghubungkan langsung mouse ke komputer atau laptop untuk mengetahui apakah masalah tersebut telah teratasi.

Cara memperbaiki sensor mouse yang rusak diatas bisa Anda praktekkan untuk memperbaiki mouse Anda yang rusak. Namun, jika dengan cara di atas Anda bisa membawa mouse tersebut ke tukang service yang terpercaya. 

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki Sensor Mouse yang Rusak [WORK]"