Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Speaker Redmi 4x Suara Pecah [SOLVED]

Cara Memperbaiki Speaker Redmi 4x Suara Pecah

Cara Memperbaiki Speaker Redmi 4x Suara Pecah

Droidide.com - Apakah Anda pernah mendengar seseorang mengeluh karena speaker redmi 4x suara pecah? Atau bahkan Anda sendiri yang mengalaminya? Biasanya suara redmi 4x yang pecah memiliki ciri speaker hp yang kresek-kresek atau cempreng ketika digunakan untuk melakukan panggilan atau memutar video.

Meskipun hampir sebagian besar mengatakan cara memperbaiki speaker HP yang pecah adalah dengan mengganti buzzer audio, namun aslinya Anda masih bisa mengatasi permasalahan tersebut dengan cara lain yang bisa Anda atasi sendiri.

Apa Penyebab Speaker Redmi 4x Suara Pecah?

Permasalahan tentang speaker HP yang pecah ini hampir terjadi pada semua merk dan tipe HP. Dan dari beberapa masalah, penyebab suara HP menjadi pecah seringkali disebabkan oleh beberapa hal berikut ini.

1. HP terkena air

2. Speaker HP kemasukan debu

3. Koneksi internet yang tidak stabil

4. Terdapat membran speaker yang sobek

5. HP jatuh dari ketinggian

Sebelum Anda melakukan perbaikan alangkah baiknya jika mengetahui penyebab kerusakan speaker redmi 4x suara pecah. Oleh sebab, itu maka Anda harus melakukan pengecekan terlebih dahulu.

Cara Mengecek Kondisi Speaker Redmi 4x

Sebelum membahas tentang bagaimana cara mengatasi speaker redmi 4x suara pecah, maka Anda harus mengetahui penyebabnya dan cara mengecek kondisi speaker ponsel tersebut. Berikut adalah cara mengecek kondisi speaker redmi 4x.

1. Dengan Menggunakan Kode Khusus

Mengapa harus melakukan pengecekan kondisi speaker HP terlebih dahulu sebelum memperbaiki? Hal ini dikarenakan dalam HP android memiliki 2 buah speaker, yatu speaker atas dan speaker bawah.

Umumnya speaker atas berfungsi untuk mendengarkan lawan bicara ketika Anda sedang melakukan panggilan. Sedangkan untuk speaker bawah biasanya digunakan untuk mendengarkan musik atau video.

Untuk mengecek dari mana asal suara tersebut yang mengalami sembar, maka biasanya menggunakan kode khusus. Berikut adalah fungsi dari kode khusus yang digunakan untuk memperbaiki speaker suara pecah.

*#*#64663#*#* berfungsi untuk test fitur yang terdapat pada HP xiaomi seperti lampu led, layar, getar, suara speaker dan juga seluruh sensor.

*123# (tegantung card atau kartu yang digunakan). Kode ini berfungsi untuk menelpon costumer service operator jaringan supaya Anda bisa memastikan kondisi speaker pada bagian atas.

Cara untuk melakukan pengecekan speaker redmi 4x suara pecah pun terbilang mudah. Berikut adalah beberapa langkah cek speaker yang bisa Anda ikuti.

1. Langkah pertama Anda bisa masuk pada menu dial pada ponsel

2. Kemudian Anda bisa mengetikkan kode test speaker HP

3. Selanjutnya Anda nanti akan bisa mengetahui speaker atas atau bawah yang suaranya pecah

Cara Mengatasi Speaker Redmi 4x Suara Pecah

Pada dasarnya cara untuk mengatasi speaker redmi 4x suara pecah , sember ataupun berbunyi kresek-kresek setelah terkena air, maka Anda harus mengeluarkan airnya terlebih dahulu. Berikut adalah cara untuk mengatasi suara sember tanpa harus membongkar HP.

1. Minimalkan Bunyi Kresek Dengan Menggunakan Aplikasi Speaker HP

Cara untuk mengatasi suara sember pada ponsel yang pertama adalah dengan cara meminimalisir bunyi kresek dengan menggunakan aplikasi speaker HP. Anda juga bisa mengatur volume hp juga dapat membantu Anda dalam meminimalisir suara yang pecah.

Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan terlalu sering mendengarkan musik pada pengaturan volume suara yang maksimal. Hal ini tentu merupakan salah satu penyebab speaker HP menjadi cepat pecah.

Supaya suara HP tidak cempreng atau sember ketika digunakan untuk mendengarkan musik, maka Anda bisa mengatur volume dengan intensitas kurang lebih 70 persen hingga 80 persen. Kemudian Anda bisa menggunakan decoder audio SW pada saat memutar audio. Berikut adalah cara meminimalkan bunyi kresek yang bisa Anda ikuti.

Langkah yang pertama adalah dengan memiliki aplikasi MXPlayer

Kemudian Anda bisa masuk pada menu Pengaturan, lalu pilih audio. Jika sudah Anda bisa mencentang Pemutaran Audio.

Langkah yang selanjutnya Anda bisa mencoba memutar musik dengan menggunakan MXPlayer. Jangan lupa klik logo audio, lalu beri tanda centang pada opsi Gunakan Decoder Audio SW.

Langkah yang terakhir adalah dengan mengatur volume pada 70 persen hingga 80 persen atau sampai bunyi kresek terdengar samar.

2. Rendam Di Dalam Beras

Cara untuk mengatasi permasalahan pada speaker redmi 4x suara pecah karena HP terkena air adalah dengan merendam HP di dalam beras. Cara ini bisa Anda gunakan selama HP belum mati total sehingga Anda masih bisa membuat speaker HP supaya normal kembali seperti semula.

Media yang paling sering digunakan untuk mengatasi permasalahan pada speaker HP ini adalah beras. Sebab, beras dapat menyerap air sehingga kan sangat membantu untuk mengeluarkan air dari dalam speaker HP.

Langkah yang pertama adalah dengan menyiapkan beras secukupnya atau sekitar 1 mangkuk

Jika memungkinkan, Anda bisa melepas casing HP beserta baterainya

Kemudian Anda bisa merendam HP ke dalam beras tersebut dan biarkan kurang lebih selama 2 hingga 3 hari

Jika sekiranya sudah cukup maka Anda bisa menyalakan kembali ponsel tersebut

Jika tidak terjadi konslet dikarenakan air yang masuk, cara mengatasi speaker redmi 4x suara pecah ini tebilang ampuh untuk mengatasi masalah lembab. Namun, jika suara masih terdengar tidak jernih, maka Anda bisa mencoba membersihkan speaker HP tersebut. Sebab terdapat kemungkinan direndam pada beras masih menyisakan kotoran yang menempel pada ponsel.

3. Memindahkan Fungsi Speaker Utama Ke Speaker Atas

Cara untuk mengatasi permasalahan HP pada speaker ini memiliki tujuan untuk memindahkan fungsi speaker utama yang rusak ke speaker kedua. Sebagai contohnya adalah jika speaker utama atau bawah yang berfungsi untuk mendengarkan lagu terdengar cempreng, maka Anda bisa mendengarkan musik dengan menggunakan speaker atas atau speaker kedua yang berfungsi untuk menelpon.

Cara ini membutuhkan bantuan aplikasi SoundAbout yang dapat menyambungkan speaker atas ke speaker bawah. Berikut adalah cara untuk menonaktifkan speaker utama yang bisa Anda ikuti.

Langkah pertama adalah dengan memasang aplikasi SoundAbout terlebih dahulu

Kemudian bukalah aplikasi tersebut

Jika sudah maka Anda masuk ke menu SoundAbout Service yang dilanjutkan dengan memilih ON lalu With Status

Selanjutnya Anda bisa memilih Audio kemudian ubah pengaturan dari speaker ke earpiece

Langkah yang terakhir adalah dengan mengecek kembali dengan cara memutar musik untuk mengetahui apakah sound sudah berganti atau belum.

4. Reset HP

Jika HP Anda tidak terendam air dan juga tidak terjatuh namun tiba-tiba suaranya sember tentu akan membuat tanya dan merasa tidak nyaman. Hal itu tidak menutup adanya kemungkinan telah terjadi kerusakan pada speaker HP Android tersebut yang disebabkan oleh masalah software.

Cara untuk mengatasinya adalah dengan merestart HP tersebut. cara ini tebilang cara yang paling mudah yang bisa Anda lakukan sendiri. Yaitu cuup dengan mematikan daya ponsel dan diamkan selama beberapa saat. Jika sudah Anda bisa mengaktifkan kembali dan mencoba untuk mengecek suaranya.

Speaker redmi 4x suara pecah memang menjadi tidak nyaman ketika digunakan terutama bagi para pengguna yang hobi nonton film atau nonton video dari HP. Jika dengan cara-cara di atas masih belum teratasi, maka Anda bisa membawa ke tukang service yang Anda percaya. 

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki Speaker Redmi 4x Suara Pecah [SOLVED]"