Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab dan Cara Memperbaiki Speaker JBL Rusak [Work]

Inilah Penyebab dan Cara Memperbaiki Speaker JBL Rusak

Penyebab dan Cara Memperbaiki Speaker JBL Rusak

Droidide.com - Sebenarnya cara memperbaiki speaker jbl rusak ini tidak sulit. Bahkan bisa dibilang Anda bisa memperbaikinya sendiri apabila mengalami kerusakan yang ringan. Yang terpenting adalah Anda memiliki pemahaman yang mendasar perihal sistem dan cara kerja speaker aktif bluetooth.

Salah satu yang menyebabkan speaker bluetooth JBl adalah tidak dapat diisi tapi tidak penuh juga. Tentu saja hal tersebut menyulitkan ketika Anda sedang membutuhkan speaker tersebut. namun, Anda harus mengetahui penyebab kerusakan pada speaker JBL.

Penyebab Speaker JBL Rusak Tidak Bisa Di Charger

Pada saat Anda merasa sulit untuk melakukan pengisian ulang baterai, umumnya terdapat masalah yang terjadi pada speaker bluetooth Anda. Untuk mengetahui apa saja yang mengakibatkan, berikut adalah beberapa penyebab speaker bluetooth JBL tidak bisa di charger.

1. Kabelnya Putus

Penyebab utama speaker JBL yang tidak dapat terisi adalah dikarenakan kabelnya yang putus. Hal ini biasanya tejadi dikedua sisi kabelnya. Meskipun yang sebenarnya charger tersebut berfungsi namun kabelnya putus saja tidak akan bisa memberikan aliran listrik.

Selain itu Anda juga bisa melakukan pengecekan pada bagian mana yang terputus. Kemudian Anda bisa menyambungnya kembali atau juga bisa dengan mengganti kabel yang baru.

2. Baterai Rusak

Selain adanya kerusakan pada kabelnya yang putus juga terdapat kemungkinan rusaknya speaker JBL yang disebabkan oleh kerusakan pada baterai. Permasalahan yang satu ini seringkali  terjadi. Hal ini biasanya disebabkan oleh proses pengisian daya yang melebihi batas atau membiarkan hingga dalam keadaan kehabisan baterai.

Dalam keadaan tersebut tentunya akan membuat kesehatan baterai menjadi menurun. Selain itu juga bisa menyebabkan baterai menjadi sulit untuk diisi kembali.

3. Charger yang Rusak

Selain kedua masalah di atas yang menyebabkan speaker JBL yang rusak tidak bisa diisi adalah charger speaker JBL mengalami kerusakan. Kerusakan ini umumnya terjadi karena adanya konsleting atau memang sudah usang sehingga perlu diganti dengan charger yang baru.

4. Terdapat Masalah Pada Speaker

Penyebab speaker JBL rusak yang terakhir adalah adanya permasalahan pada speaker seperti colokan pada USB. Hal ini bisa jadi karena sudah terlalu usang yang disebabkan sudah terlalu sering diisi ulang atau terkena air dan serangga.

Untuk memastikan permasalahan tersebut Anda bisa melakukan pengecekan dan melakukan pengisian ulang dengan menggunakan charger lain. Dan jika masih belum bisa tentunya hal tersebut perlu diperhatikan.

Cara Memperbaiki Speaker JBL Rusak Tidak Bisa Di Charger

Setelah mengetahui apa saja penyebab speaker bluetooth JBL rusak tidak bisa di charger, maka Anda bisa langsung memperbaikinya. Berikut adalah cara memperbaiki speaker JBL rusak yang tidak bisa dilakukan pengisian ulang daya.

1. Berikan Tambahan ‘T’

Perlu diingat jika tidak semua charger dapat terhubung secara langsung pada colokan sehingga adanya alat bantuan agar aliran listrik tetap lancar. Sehingga Anda memerlukan alat tambahan yang berupa ‘T’ pada charger speaker bluetooth. Jika sudah Anda bisa mengecek kembali apakah pengisian speaker bluetooth JBL tersebut sudah berhasil atau belum.

2. Ganti Kepala Charger

Cara memperbaiki speaker JBL rusak tidak bisa dicharger yang selanjutnya adalah dengan mengganti kepala charger. Terdapat tipe speaker bluetooth kepala yang bisa dilepas. Apabila charger yang Anda miliki seperti tersebut, maka Anda bisa melakukan dengan menggantinya.

Hal tersebut disebabkan tidak semua masalah terdapat pada kabel charger, namun juga bisa disebabkan dari sumber utamanya. Yaitu dengan cara mengganti dengan menggunakan ponsel yang Anda miliki. Apabila bia berjalan dengan baik, maka berarti terdapat masalah pada bagian kepalanya.

3. Cek Pada Bagian Colokan USB

Cara memperbaiki yang selanjutnya adalah dengan melakukan pengecekan pada bagian colokan USB yang terdapat pada speaker JBL Anda. sebab speaker JBL yang tidak bisa terisi baterai belum tentu disebabkan oleh chargernya.

Namun, juga bisa disebabkan oleh colokan yang sudah usang. Apabila masalahnya tersebut, maka Anda harus datang ke tukang service untuk memperbaikinya.

4. Memindahkan Arah Kabel

Cara memperbaiki speaker JBL rusak yang disebabkan oleh charger yang tidak bisa diisi charger adalah dengan memindahkan arah kabel. Hal ini biasanya disebabkan karena kabel yang sudah digunakan pada waktu yang cukup lama sehingga kabel mengalami konslet.

Jika demikian aliran listrik menjadi tidak lancar. Dan untuk mengatasinya adalah maka Anda perlu menggerak-gerakkan kabel hingga bisa mendapatkan aliran listrik yang lancar. Tidak jarang juga sampai ada yang melilitkan kabel supaya proses pengisian ulang baterai speaker bluetooth JBL berjalan lancar.

5. Cek Bagian Kabel Charger

Cara ini merupakan cara yang paling mudah untuk dilakukan sebab Anda hanya tinggal melakukan pengecekan pada kabel charger Anda. hal tersebut tentu berhubungan dengan putusnya kabel atau terdapat bagian yang terlepas.

Selain itu Anda juga bisa menyempurnakan kembali dengan menggunakan selotip atau dengan menggunakan alat lainnya sehingga bisa tersambung kembali dan tentunya aman ketika digunakan untuk melakukan pengisian ulang daya speaker bluetooth JBL.

Apabila kabel charger tersebut mengalami putus yang parah maka Anda bisa menggantinya dengan menggunakan kabel yang baru atau dengan menggunakan kabel USB yang Anda miliki untuk mengecek sumber penyebabnya.

Pada waktu diganti kabel dan ternyata masuk pada pengisian daya dapat dipastikan apabila masalahnya memang terdapat kendala.

6. Ganti Baterai

Cara memperbaiki speaker JBL rusak yang terakhir adalah dengan mengganti baterai. Sebab terdapat beberapa tipe speaker bluetooth yang memiliki baterai yang bisa dilepas padang. Sehingga Anda bisa menggantinya dengan menggunakan baterai yang baru.

Tips Merawat Speaker Bluetooth JBL Biar Awet

Setelah mengetahui bagaimana cara memperbaiki speaker JBL rusak dan berhasil memperbaiki, maka langkah yang selanjutnya adalah dengan merawatnya. Berikut adalah beberapa tips merawat speaker bluetooth JBL yang bisa Anda terapkan.

1. Yang pertama adalah dengan melepaskan kabel ketika tidak digunakan. Sebab, hal ini bisa mempengaruhi kemampuan aliran listriknya. Tentunya juga berpengaruh terhadap keamanan dalam penggunaanya. Sebab, kabel yang dibiarkan akan terus dialiri oleh listrik.

2. Speaker bluetooth lebih baik dihindari dari tempat yang lembab dan juga berair. Sebab, bisa mempengaruhi fungsionalitasnya.

3. Tips yang selanjutnya adalah dengan memperhatikan proses pengisian daya. Perlu diingat jangan sampai speaker JBL yang diisi terlalu penuh atau habis banget baru kemudian dilakukan charger. Paling tidak Anda bisa mengisi ulang daya ketika tersisa 10 persen dan melepasnya pada saat sudah terisi 100 persen.

4. Rajinlah untuk membersihkan speaker JBL terutama pada bagian colokan USB dan juga speaker. Sehingga fungsionalitas speaker tetap terjaga dengan baik.

5. Tips untuk merawat speaker bluetooth JBL agar tetap awet selain di dalam kondisi yang lembab, ternyata Anda juga dilarang untuk meletakkan pada lokasi yang terkena paparan sinar matahari secara langsung yang terlalu terik.

Diatas merupakan cara memperbaiki speaker JBL rusak karena tidak bisa di charger. Dan jika masih tetap tidak bisa dilakukan pengisian ulang, maka Anda bisa membawanya ke tukang service untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Posting Komentar untuk "Penyebab dan Cara Memperbaiki Speaker JBL Rusak [Work]"