Notifikasi

8+ Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Ada Suara dengan Cepat dan Mudah

8+ Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Ada Suara? Simak Penyebab dan Cara Mengatasinya

Cara memperbaiki hp xiaomi tidak bunyi

Banyak yang mengalami kebingungan ketika ponsel tidak mengeluarkan suara meskipun ponsel tersebut tidak pernah kemasukan air atau terjatuh. Jadi, sebelum mengetahui cara mengatasi HP Xiaomi tidak ada suara alangkah baiknya untuk mengenali penyebabnya terlebih dahulu.

Sebenarnya banyak sekali faktor yang mengakibatkan smartphone Xiaomi Anda tidak mengeluarkan suara, hal ini umumnya seringkali adanya kerusakan pada komponen hardware, seperti buzzer atau speaker, mic atau juga pada komponen ic yang menjadi sumber masalah.


Apa yang Menyebabkan HP Xiaomi Tidak Ada Suara?

Bagi Anda para pengguna Xiaomi yang mengalami masalah seperti ini tidak disarankan untuk panik terlebih dahulu. Karena belum tentu yang menyebabkan HP tidak bersuara adalah karena kerusakan komponen hardware. Berikut adalah beberapa penyebab HP Xiaomi tidak ada suara.

1. Pengaturan suara ponsel yang rendah

2. Sistem yang terdapat pada ponsel yang gagal melakukan pembaharuan atau updating

3. HP Xiaomi Anda sedang dalam keadaan mode senyap atau diam

4. Ponsel Anda sedang terhubung ke headset atau speaker lainnya

5. Hardware mengalami kerusakan

6. Terdapat bug pada bagian sistem operasi


8 Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Ada Suara

Umumnya HP Xiaomi tidak dapat mengeluarkan suara adalah dikarenakan adanya kerusakan pada speaker. Dan yang menyebabkan speaker rusak adalah karena terkena air. Oleh sebab itu cara yang paling mudah untuk memperbaiki speaker HP Xiaomi adalah sebagai berikut.

1. Membersihkan Lubang Headset

Cara mengatasi Hp Xiaomi tidak ada suara yang pertama adalah dengan membersihkan terlebih dahulu lubang yang terdapat pada headset tersebut. umumnya kondisi lubang headset yang kotor bisa mengakibatkan adanya pembagian sistem HP yang error.

Yang mana suara HP tersebut hilang setelah menggunakan headset.  Jadi, setelah headset tersebut dilepas icon headset tidak hilang dan juga HP Xiaomi Anda tidak mengeluarkan suara dikarenakan adanya logo headset tersebut.

Cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan membersihkan lubang headset yang terdapat pada smartphone Xiaomi Anda.

2. Memutar Suara Dari Aplikasi Pembersih Suara

Salah satu cara sederhana untuk mengatasi permasalahan perihal HP Xiaomi tidak dapat mengeluarkan suara adalah dengan memutar suara dari aplikasi pembersih suara. Meski terbilang sederhana namun cara cukup ampuh dan dapat Anda andalkan.

Umumnya setelah Anda membersihkan HP Xiaomi yang terkena air, maka speaker HP Anda seringkali menjadi tidak ada suaranya apa adanya kemungkinan masih terdapat suara namun sangat pelan dan terdengar tidak jernih seperti sebelumnya.

Dengan memutar aplikasi untuk memperbaiki speaker HP Xiaomi yang tidak memiliki suara tersebut, dijamin ponsel Anda akan membuat kualitas suara speaker HP menjadi lebih keras dan juga jernih lagi.

3. Mengganti Speaker HP

Cara mengatasi HP Xiaomi tidak ada suara yang selanjutnya adalah dengan mengganti speaker HP Xiaomi Anda. namun, sebelum Anda memutuskan untuk mengganti speaker HP Anda, alangkah baiknya jika Anda memastikan terlebih dahulu apakah speaker tersebut harus diganti atau tidak.

Selain itu apabila HP Anda tidak memiliki suara ketika dihubungi terdapat kemungkinan bukan speakernya yang mengalami kerusakan melainkan pada mic HP Xiaomi tersebut. ciri-ciri HP Xiaomi rusak ini ditandai dengan lawan bicara yang tidak dapat menangkap suara kita.

Baik itu ketika sedang melakukan panggilan video call, telepon atau voice note WhatsApp. Sehingga Anda dapat merekam suara tersebut untuk memastikan jika kerusakan tersebut terjadi pada mic HP.

4. Gunakan Kode Khusus Untuk Memperbaiki Speaker Rusak

Selain dengan beberapa cara di atas Anda juga bisa menggunakan kode khusus apabila dirasa speaker hP Xiaomi yang Anda miliki memang rusak. Sebenarnya kode khusus ini lebih tepatnya berfungsi untuk memastikan adanya kerusakan [pada buzzer/ speaker, komponen ic-nya atau pada mic.

Namun setelah Anda bisa melakukan test dengan menggunakan kode rahasia tersebut justru dapat memperbaiki speaker HP Xiaomi yang tidak memiliki suara. Berikut adalah cara untuk mengecek perihal kerusakan speaker HP .

Agar dapat masuk ke menu hardware test HP Xiaomi tersebut, maka Anda hanya membutuhkan masuk ke dial telepon, kemudian masukkan kode *#*#64663#*#*, dan cadan akan muncul secara otomatis muncul pada 27 menu indikator yang berfungsi untuk mengecek adanya kerusakan pada ponsel Xiaomi Anda.

5. Cek Pengaturan Suara, Notifikasi dan Juga Nada Dering HP Xiaomi

Selain dengan beberapa cara mengatasi HP Xiaomi tidak ada suara, Anda juga bisa melakukan pengecekan suara pada notifikasi dan juga suara nada dering ponsel Xiaomi tersebut. Dikarenakan bisa jadi adanya kemungkinan speaker tidak mengeluarkan suara karena pengaturan suara, seperti mode diam.

Jadi, Anda juga harus memastikan pengaturan suara HP Xiaomi tersebut, Anda juga perlu untuk melakukan pengecekan settingan suara dari aplikasi yang tidak bunyi.

6. Restart HP Xiaomi

Umumnya HP Xiaomi tidak mau mengeluarkan suara ini di karena adanya bug atau setelan yang bersifat sementara. Untuk mengembalikan setelah tersebut, maka Anda bisa mencoba dengan melakukan restart.

Dengan cara tersebut sistem yang terdapat pada ponsel tersebut akan memulai ulang sehingga semua setelan dan juga perubahan akan kembali seperti sedia kala. Atau bisa juga dikatakan jika restart akan membuat ponsel Anda menjadi lebih fresh kembali.

7. Reset ke Setelan Pabrik

Cara mengatasi HP Xiaomi tidak ada suara yang selanjutnya adalah melakukan reset ke setelan pabrik. Reset setelan pabrik ii dikenal cukup efektif dalam memperbaiki berbagai masalah, baik itu masalah hardware atau software yang terdapat pada ponsel tersebut.

Reset ke setelan pabrik tersebut akan membuat semua file, software, sistem dan juga setelan akan kembali seperti ketika ponsel Xiaomi Anda baru dibeli. Jadi, sebelum Anda memutuskan untuk mereset ke setelan pabrik pastikan Anda sudah membackup beberapa data yang penting.

8. Update Sistem dengan Benar

Cara yang terakhir untuk mengatasi masalah perihal speaker pada HP Xiaomi adalah dengan melakukan update sistem Android yang telah tersedia di ponsel tersebut. usahakan untuk melakukan updating secara benar dan juga tepat.

Ikuti langkah-langkah secara urut dan tunggulah hingga prosesnya selesai. Adanya kegagalan pembaharuan dapat mengakibatkan fatal pada ponsel. Sehingga banyak hardware yang tidak berfungsi.

Untuk melakukan updating atau pembaharuan pada sistem HP Xiaomi Anda, maka Anda bisa masuk ke menu ‘Setelan’. Kemudian pilih menu ‘Sistem’. Jangan lupa untuk menekan klik ‘Updating sistem’ yang terdapat pada bagian paling bawah.

Di atas merupakan penjelasan perihal penyebab dan juga cara mengatasi HP Xiaomi tidak ada suara. Ketika ponsel Anda sedang bermasalah, maka Anda tidak perlu panik. Terutama jika terkait dengan masalah speaker. Alangkah baiknya jika Anda mencari tahu dulu penyebabnya.

Tips Xiaomi
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.