Cara Daftar Akun FeedBurner Blogger Terbaru Lengkap

Cara Mendaftar Akun FeedBurner Google Terbaru

Kata FeedBurner memang banyak disebutkan pada pencarian Google terutama oleh para Blogger itu sendiri. Meski banyak disebut, namun ternyata masih banyak juga yang belum tahu tentang layanan ini khususnya para Blogger pemula. Maka dari itu untuk lebih jelasnya mari kita bahas tentang FeedBurner secara bersama-sama !

Apa Itu FeedBurner ???

FeedBurner merupakan salah satu layanan Google yang cukup populer di kalangan para Blogger. Layanan ini hadir sebagai penyedia jasa penerima email berlangganan gratis. Umumnya FeedBurner dibutuhkan saat kita ingin membuat halaman form berlangganan (subscribe email) yang ditujukan untuk pengunjung situs.

Baca Juga: Cara Membuat Tombol Berlangganan (Subscribe) di Blog

Karena sifatnya yang gratis maka tak heran jika user terdaftar yang menggunakan layanan FeedBurner ini cukup banyak dan rata-rata usernya merupakan orang yang mempunyai profesi sebagai Blogger atau orang yang berkompeten di bidang web.

Pada awalnya memang FeedBurner itu menjadi perusahaan yang berdiri sendiri. Lalu sekitar tahun 2004, FeedBurner dibeli dan diakuisisi oleh Google sebagai pendukung layanan Blogger miliknya sampai saat ini.

Kini FeedBurner berubah menjadi sebuah web-based tools yang bertugas untuk memudahkan kita dalam memanage dan mempromosikan sebuah blog secara utuh.

FeedBurner menjadi salah satu item pendukung blog yang di support penuh oleh Google. Sehingga untuk melakukan pendaftaran FeedBurner pun kita diwajibkan untuk mempunyai akun Google terlebih dahulu. Selain itu nantinya antara akun Google dan FeedBurner akan saling berkaitan satu sama yang lain.

Cara Kerja FeedBurner Pada Sebuah Situs

Untuk cara kerja FeedBurner sendiri ialah mirip dengan RSS Feed (Really Simple Syndication) yaitu menampilkan sebuah format umpan pada sebuah situs yang digunakan untuk menerbitkan konten yang baru saja diperbarui.

Apabila kita telah terdaftar di FeedBurner maka secara otomatis konten situs yang baru saja di terbitkan akan ditampilkan pada FeedBurner milik kita.

Sehingga para pembaca yang telah melakukan subscribe pada blog kita akan mendapatkan notifikasi lewat email terkait pembaruan konten yang baru saja diterbitkan.

Oke langsung saja tanpa basa-basi berikut tutorialnya!

Baca Juga: Cara Mempercepat Loading Blog Dengan DNS Prefetch

Cara Mendaftar Akun FeedBurner Google Terbaru

1. Silakan masuk ke situs Feedburner Google https://feedburner.google.com

2. Selanjutnya kamu akan dibawa ke halaman seperti pada gambar dibawah ini.



Halaman diatas bernama My Feeds go up, down, strange, and charm. Pada halaman ini akun Google atau Gmail kamu akan ditambahkan secara otomatis.

Kemudian silakan isi alamat atau url blog kamu pada kolom yang telah disediakan. Kolom tersebut terletak tepat dibawah tulisan “Burn a feed right this instant” lalu klik tombol “Next”. Untuk lebih jelasnya silakan ikuti contoh seperti gambar diatas.

3. Langkah selanjutnya adalah memilih FeedBurner yang akan digunakan pada blog seperti gambar berikut ini.



Kamu akan diberikan 2 opsi pilihan jika menggunakan domain TLD (Top Level Domain). Namun jika kamu menggunakan sub domain blogspot.com maka akan diberikan 3 opsi pilihan.

Pada intinya opsi-opsi tersebut memiliki fungsi yang sama dan kamu boleh memilih salah satu diantara opsi yang muncul. Tetapi umumnya para Blogger merekomendasikan untuk memilih opsi yang pertama. Jangan lupa klik “Next” untuk melanjutkan.

4. Kemudian silakan kamu isi nama akun dan alamat akun FeedBurner pada form yang telah tersedia sesuai dengan keinginan kalian masing-masing dan klik “Next” untuk melanjutkan. Lebih jelasnya seperti gambar berikut.



Dari gambar diatas, maka Feed Tittle saya adalah Droidide dan Feed Address saya adalah http://feeds.feedburner.com/droidide/ORBv
Keterangan:
Feed Tittle sama dengan Judul Feed
Feed Address  sama dengan Alamat Feed

5. Selamat! Kini kamu telah mempunyai akun FeedBurner.



Namun kamu masih harus menyelesaikan 2 langkah lagi yaitu Set up podcast dan Analyze traffic. Silakan klik tombol “Next” untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

Ketika berada pada halaman Set Up Podcast biasanya “Include iTunes podcasting element” akan tercentang secara otomatis dan biarkan saja seperti itu.



Lalu untuk bagian Podcast image location, Podcast subtittle, Podcast summary, podcast search keyword dan Podcast author email address boleh dikosongkan maupun diisi (optional). Jadi disini kamu hanya perlu mengisi bagian yang wajib diisi yaitu Category dan Subcategory yang tentunya sesuai dengan niche blog atau situs kamu. Jangan lupa klik tombol “Next” untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

Selanjutnya pada halaman Analyze Traffic “Get More Gusto From Your Feed Traffic Statistic” silakan kamu centang pada bagian Clicthroughs. Klik tombol “Next” untuk menyelesaikan pendaftaran ini.



Nah kini kamu telah menyelesaikan proses pendaftaran akun FeedBurner dari awal sampai akhir. Sekarang saatnya kamu login ke akun FeedBurner yang telah dibuat tadi untuk memastikan bahwa pendaftaran yang telah dilakukan berhasil dengan sempurna.



Sekian tutorial singkat tentang “Cara Mendaftar Akun FeedBurner Terbaru”. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua, khususnya untuk para Blogger pemula. Jangan lupa share artikel ini pada yang lain ya! TERIMAKASIH


1 Response to "Cara Daftar Akun FeedBurner Blogger Terbaru Lengkap"

  1. info yg bagus
    ..
    Http://belajarcepatngeblog.blogspot.com

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel