Cara Mempercepat Loading Blog Dengan DNS Prefetch

Cara Mempercepat Loading Blog Menggunakan DNS Prefetch. Cara meningkatkan kecepatan blog. Cara agar loading blog tidak berat dan ringan. Cara membuat dan memasang DNS Prefetch.
Daftar Isi [Tampilkan]
Cara Mempercepat Akses Blog Menggunakan DNS Prefetch


Salah satu kendala yang sering dialami oleh seorang Blogger adalah terkait masalah loading blog yang lemot atau lambat. Jika tak segera diatasi, masalah loading situs yang lambat tentu akan merugikan blog itu sendiri. Hal itu disebabkan karena loading blog berkaitan langsung dengan pengalaman pengunjung blog saat menjelajahi situs kita.

Beberapa pakar SEO juga mengatakan bahwa speed atau kecepatan juga dapat mempengaruhi performa sebuah situs. Hal itu mungkin terkait langsung dengan manajemen waktu yang diperlukan saat sebuah situs di akses melalui browser.

Semakin cepat akses sebuah situs tentu semakin baik pula reputasinya baik dimata pengunjung maupun mesin pencari.

Jika kita memposisikan diri sebagai visitor atau pengunjung tentu kita akan lebih menyukai situs-situs yang ramah dan user friendly bukan?

Analogi sederhananya seperti itu! Meskipun mungkin saja konten yang diulas dalam situs berkualitas tetapi jika tampilan situs berat serta dipenuhi widget navigasi yang membingungkan pengunjung.

Maka seketika itu juga kita sebagai visitor pasti akan keluar meninggalkan situs tersebut karena tidak sanggup lagi menunggu loading situs yang begitu lama. Lalu kita memutuskan untuk mencari situs lain yang lebih cepat dan ramah terhadap pengguna terutama para pengguna ponsel.

Seperti yang kita ketahui bahwa patokan atau indikator yang menentukan sebuah situs user friendly salah satunya dinilai dari pemuatan halaman yang cepat saat diakses dari berbagai jenis browser baik dekstop dan mobile.

Saat ini memang sebagian situs telah menggunakan template yang mendukung AMP yang disinyalir dapat mempercepat akses pemuatan halaman blog pada saat diakses lewat smartphone. Biasanya situs yang telah menggunakan template AMP memiliki logo petir pada hasil pencarian mesin telusur. Kira-kira seperti ini penampakannya!


Meskipun AMP hadir dengan kecepatan yang luar biasa dan telah terbukti. Namun tetap saja sebagian Blogger pemula pada umumnya lebih memilih untuk tidak memasangnya. Pasalnya ada perbedaan struktur template antara AMP dan NON AMP yang menurut mereka lebih rumit untuk diterapkan pada situs mereka.

Lalu Bagaimana Cara Agar Blog Memiliki Akses Cepat Tanpa AMP ?

Solusi yang ditawarkan hanya satu yaitu kita harus memasang DNS Prefetch di blog sebagai alternatif pengganti AMP. DNS Prefetch dianggap sebagai cara alternatif yang banyak digunakan Blogger untuk mempercepat loading halaman blog mereka saat di akses di berbagai browser.

Mungkin sebagian dari kita masih awam tentang apa yang disebut dengan DNS Prefetch. Namun jangan khawatir nanti saya akan membahas secara singkat tentang DNS Prefetch ini.

Apa Itu DNS Prefetch ?

DNS Prefetch merupakan bagian dari fitur browser yang berfungsi untuk melakukan rendering dari domain menjadi Ip address. Misalnya domain situs (https://droidide.com) diubah menjadi Ip address (128.9.0.0.)

Rendering dari  domain ke Ip address diakui dapat mempercepat loading suatu halaman situs web. Hal itu disebabkan karena tingkat klik link latency menurun drastis terutama ketika user mengakses lewat browser ponsel. Dalam beberapa kasus link latency yang menurun dapat mempersingkat waktu load hingga satu detik.

Cara Kerja DNS Prefetch

DNS Prefetch bertugas untuk memberikan perintah kepada browser agar memproses perenderan nama domain sesingkat mungkin. Dalam beberapa saat browser akan memuat halaman situs lebih cepat meskipun sebenarnya pemuatan link eksternal utama belum dimuat sepenuhnya. Jadi halaman tetap akan langsung menampilkan kontennya tanpa perlu menunggu link eksternal selesai dimuat. Hal ini disebabkan karena adanya tag DNS Prefetch bekerja dengan tidak banyak melakukan pengalihan pada link eksternal.

Cara Memasang HTML DNS Prefetch di Blog

Pertama masuk terlebih dahulu ke akun Blogger kalian masing-masing.

Menuju ke bagian Tema > Edit HTML

Selanjutnya salin kode berikut ini lalu tempel kan tepat di bawah kode <head>

<link href='//ajax.googleapis.com' rel='dns-prefetch'/>
<link href='//www.google-analytics.com' rel='dns-prefetch'/>
<link href='//googleads.g.doubleclick.net' rel='dns-prefetch'/>
<link href='//www.googletagservices.com' rel='dns-prefetch'/>
<link href='//pagead2.googlesyndication.com' rel='dns-prefetch'/>
<link href='//maxcdn.bootstrapcdn.com' rel='dns-prefetch'/>
<link href='//adservice.google.ca' rel='dns-prefetch'/>
<link href='//adservice.google.com' rel='dns-prefetch'/>
<link href='//resources.blogblog.com' rel='dns-prefetch'/>
<link href='//fonts.googleapis.com' rel='dns-prefetch'/>
<link href='//1.bp.blogspot.com' rel='dns-prefetch'/>
<link href='//2.bp.blogspot.com' rel='dns-prefetch'/>
<link href='//3.bp.blogspot.com' rel='dns-prefetch'/>
<link href='//4.bp.blogspot.com' rel='dns-prefetch'/>
<link href='//disqus.com' rel='dns-prefetch'/>
<link href='//github.com' rel='dns-prefetch'/>
<link href='//cdn.rawgit.com' rel='dns-prefetch'/>
<link href='//fontawesome.com' rel='dns-prefetch'/>
<link href='//www.sharethis.com' rel='dns-prefetch'/>
<link href='//cdn.jsdelivr.net' rel='dns-prefetch'/>
<link href='//www.histats.com' rel='dns-prefetch'/>

Terakhir, silahkan simpan Tema

Catatan: Sebaiknya kalian mengecek terlebih dahulu template yang digunakan. Pada beberapa kasus DNS Prefetch telah terpasang pada template sehingga pemasangan ulang tidak diperlukan lagi.

Sekian Tutorial Cara Mempercepat Loading Blog Dengan DNS Prefetch. Share juga informasi ini pada yang lain. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel