-->

Cara Mengatasi Tidak Dapat Verifikasi KTP Pada Akun Prakerja

Konten [Tampil]
Cara Mengatasi Tidak Bisa Verifikasi KTP Akun Prakerja

Sudah tahu kan program Kartu Prakerja ?

Kartu Prakerja merupakan salah satu program pemerintah yang dihadirkan untuk masyarakat Indonesia agar mereka siap memasuki dunia kerja dengan penuh percaya diri. Melalui kartu prakerja ini, kita akan mendapatkan bantuan berupa biaya pelatihan untuk meningkatkan skill atau keterampilan dalam berbagai bidang unggulan yang diminati.

Pemerintah percaya dengan menghadirkan kartu prakerja kepada masyarakat akan dapat mengurangi lebih banyak angka pengangguran dimana setiap tahunnya terus bertambah. Kartu prakerja tidak hanya didesain sebagai sebuah produk melainkan dikemas dengan wujud yang sedemikian rupa agar memberikan nilai bagi pengguna sekaligus memberikan nilai bagi sektor swasta.

Kartu Prakerja bukanlah sebuah kartu kasat mata yang dapat anda pegang layaknya KTP atau SIM tetapi merupakan kartu dengan tampilan digital dan modern. Hal ini memang sesuai dengan era perkembangan zaman saat ini yang serba online dan elektronik.

Siapa Yang Berhak Mendapatkan Kartu Prakerja ?

Kartu Prakerja tidak hanya ditujukan  untuk mereka yang sedang mencari pekerjaan, melainkan juga ditujukan bagi mereka para buruh, karyawan dan pegawai. Pendeknya kartu ini diperuntukan untuk semua kalangan masyarakat Indonesia terutama bagi pelajar/mahasiswa yang masih menganggur, buruh yang kena PHK atau pegawai yang ingin meningkatkan keterampilan dibidang lain.

Kendala Saat Mendaftar Akun Prakerja

Namun beberapa kali semenjak pendaftaran gelombang pertama dibuka, saya mengalami kendala dalam hal verifikasi KTP ke akun Prakerja. Padahal saya sudah mendapatkan email verifikasi akun Prakerja dan telah memastikan bahwa nomer KTP dan tanggal lahir yang saya masukan telah benar dan sesuai.

Kemudian ketika saya klik pada tombol "Lanjutkan" justru terdapat notif kesalahan yang berbun yi "Maaf, ada keterbatasan pada sistem, kamu bisa mencoba kembali beberapa saat lagi. Info lebih lanjut hubungi CS".

Cara Mengatasi Tidak Bisa Verifikasi KTP Pada Akun Prakerja


Pada awalnya saya mengira bahwa server Prakerja sedang sibuk mengingat banyaknya jumlah pendaftar sehingga wajar saja jika saya tidak bisa masuk untuk melakukan verifikasi KTP pada akun Prakerja.

Hal tersebut berlanjut sampai dengan gelombang pertama dan kedua sehingga saya belum pernah berhasil melakukan verifikasi KTP pada akun Prakerja.

Terlebih lagi munculnya kabar beberapa peserta Prakerja juga mengalami masalah login dan sistem error membuat saya cukup santai dalam menanggapi kasus seperti ini.

Puncaknya ketika pendaftaran Prakerja gelombang ketiga, saya mencoba untuk melakukan login serta verifikasi KTP dan bisa anda tebak hasilnya seperti apa.

Benar saja masalahnya masih sama seperti permasalahan awal yaitu saya tidak dapat melakukan verifikasi KTP lagi pada akun Prakerja. Dari sini saya mulai menduga pasti ada yang tidak beres dengan proses pendaftaran akun Prakerja saya.

Terlepas dari dugaan saya itu benar atau tidak dikarena kan hanya berdasarkan asumsi pribadi saya tetapi trik yang saya lakukan terbukti berhasil untuk verifikasi KTP.

Hal itu juga yang mengetuk hati saya untuk segera membagikan trik ini pada anda dengan tujuan agar anda dapat mendaftar Prakerja sampai tahap akhir tanpa merasa tercurangi.

Perkara anda lolos atau tidaknya itu urusan belakang karena faktor keberuntungan juga turut menentukan dan sebagai warga yang beragama maka kita wajib menyerahkannya pada Tuhan.

Tetapi yang jelas kita berdoa saja semoga para pendaftar yang memang benar-benar membutuhkan pelatihan Prakerja dapat lolos tanpa ada halangan. Aminn.

Berikut trik saya mengatasi permasalahan tidak bisa melakukan verifikasi KTP pada akun Prakerja.

Solusi Mengatasi Tidak Bisa Verifikasi KTP di Akun Prakerja

Sebenarnya masalah tidak dapat melakukan verifikasi KTP di akun Prakerja ini cukup sepele, karena duduk perkaranya terletak pada email yang digunakan.

Sekalipun anda telah mendapatkan notifikasi email verifikasi dari Prakerja tetapi jika anda masih menggunakan email yang sama seperti waktu awal pendaftaran Prakerja.

Maka dapat dipastikan langkah anda hanya akan terhenti pada halaman verifikasi KTP untuk seterusnya.

Jadi solusi yang dapat anda ambil untuk mengatasi permasalahan ini hanya satu yaitu silakan anda untuk mengganti email lama yang anda gunakan pada waktu mendaftar sebelumnya dengan email yang baru atau fresh.

Pada intinya anda harus menggunakan email baru saat login ke akun Prakerja sehingga anda perlu melakukan verifikasi ulang akun Prakerja seperti waktu awal anda mendaftar akun Prakerja sebelumnya. Langkah-langkah seperti berikut.

1. Buat email baru atau gunakan email yang belum pernah didaftarkan di akun Prakerja.

2. Silakan untuk melakukan pendaftaran ulang di website resmi Prakerja http://prakerja.go.id

3. Isikan email baru dan kata sandi pada form yang telah disediakan. Lalu centang syarat dan ketentuan kemudian klik Daftar.

Masalah Daftar Kartu Prakerja


4. Berikutnya silakan cek email dan verifikasi ulang email akun Prakerja anda.

5. Setelah email terverifikasi maka silakan anda untuk melakukan login ulang ke akun Prakerja.

6. Isi kan nomor KTP dan tanggal dengan benar lalu klik lanjutkan.

7. Selamat anda telah berhasil pada tahap pertama yaitu verifikasi KTP. Kini anda dapat melakukan langkah selanjutnya.

Disclaimer

Trik di atas bekerja berdasarkan pengalaman pengguna dalam hal ini saya sendiri sebagai penulis  memang mengalami permasalahan verifikasi KTP pada akun Prakerja.

Apabila pada nantinya trik yang saya bagikan tersebut tidak dapat bekerja pada akun anda. Maka saya sebagai penulis lepas dari tanggung jawab dan tidak dapat digugat dalam bentuk apapun baik secara perdata atau pidana.

Semoga dapat bermanfaat informasi tentang "Cara Mengatasi Tidak Dapat Verifikasi KTP Pada Akun Prakerja". Share artikel ini pada teman, kerabat dan keluarga anda. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Tidak Dapat Verifikasi KTP Pada Akun Prakerja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

close

Iklan Tengah Artikel 2

Menarik Untuk Anda

Iklan Bawah Artikel

Orang lain juga menyukai: