Cara Memasang Widget Rating Bintang Penilaian di Blogger

Konten [Tampil]

Cara Memasang Widget Rating Bintang di Blogger

Cara Memasang Widget Rating Bintang Penilaian di Blogger

Sering kali sebagai seorang Blogger dalam benak kita terbesit keinginan untuk mengetahui seberapa bermanfaat informasi yang telah kita bagikan pada orang lain.

Apakah informasi yang kita bagikan berupa artikel tersebut dapat membantu para pengunjung menyelesaikan masalah atau justru malah menambah masalah.

Meskipun artikel anda saat ini sedang nongkrong di page one mesin pencari seperti Google. Hal itu tidak dapat dijadikan jaminan bahwa artikel tersebut benar-benar bermanfaat bagi para pengunjung.

Alasannya masalah page one atau tidak itu erat kaitannya dengan SEO dan mungkin dapat dimanipulasi melalui teknik-teknik tertentu sehingga memenangkan pencarian di SERP.

Baca Juga: Cara Memasang Notifikasi Cookie Pada Blogger Dengan Mudah dan Simpel

Indikator berkualitas atau tidaknya sebuah artikel itu sebenarnya relatif bagi setiap orang. Namun disisi lain kita juga sering menemui beberapa artikel dengan konten acak adul jauh dari indikator berkualitas justru malah nangkring di page one.

Padahal yang kita percayai saat ini, artikel yang berada pada halaman depan mesin pencari selalu menawarkan konten berkualitas dan berbobot.

Ternyata pendapat kita percayai selama ini tidak sepenuhnya benar karena faktanya beberapa artikel yang kurang porposional tetap tampil dengan percaya diri di halaman depan Google. Hal ini bukan omong kosong belaka, jika anda tidak percaya silakan buktikan saja sendiri.

Oleh karena itu untuk mengetahui secara akurat kebermanfaatan sebuah artikel maka kita membutuhkan satu widget yang dapat memberikan penilaian terhadap konten-konten yang disajikan sebuah situs.

Salah satu widget penilaian yang sering kita temukan pada sebuah situs adalah widget Rating Count Star. Widget ini merupakan widget penilaian yang terdiri dari ikon bintang dengan indikator nilai yang menunjukkan peringkat suatu artikel dimata pengunjung bukan mesin pencari. Lebih lanjut saya akan membahas widget penilaian sebagai berikut.

Baca Juga: 2 Cara Alternatif Memasang Widget Google Translate di Blogger

Apa Itu Widget Penilaian Bintang (Rating Count Star)


Widget penilaian atau sering kita sebut rating count star merupakan widget yang berperan penting untuk memberikan nilai baik atau buruk suatu artikel yang ada pada sebuah situs-situs tertentu.

Disebut Rating Count Star karena memiliki tampilan ikon bintang yang berfungsi untuk menunjukkan indikator penilaian terhadap suatu artikel pada sebuah situs di mata pengunjung.

Semakin banyak bintang yang diberikan oleh pengunjung tentu akan semakin baik bagi reputasi artikel tersebut. Jika demikian berarti artikel tersebut sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan para pengunjung situs.

Sebaliknya jika bintang yang diberikan terlalu sedikit maka bisa dipastikan artikel yang disajikan kurang membantu menyelesaikan permasalahan mereka. Permasalahan yang dimaksud disini juga termasuk isi dalam artikel yang  tidak sesuai terhadap minat atau harapan pengunjung situs.

Baca Juga: Cara Mendaftarkan Situs Ke Adsterra.com Secara Lengkap (Alternatif AdSense)

Cara Memasang Widget Rating Bintang Pada Blogger


1. Masuk ke akun Blogger pergi ke menu Tema > Edit HTML.

2. Salin dan Tempel kode Style CSS di bawah ini tepat sebelum kode ]]></b:skin>. Atau </style>

<style type='text/css'>
/* Rating Count Star */#wpac-rating:before {content: "Apakah artikel ini bermanfaat?";top: -15px;text-align: center;position: relative;width: 100%;}
#wpac-rating .wp-stars .wp-star:hover:before{z-index: 999;padding: 3px 11px;background: #1a1d23f0;color: #fff;font-size: 12px;border-radius: 2px;white-space: nowrap;position: absolute;line-height: 1.4;text-align: center;-ms-transform: translateX(-30%);-moz-transform: translateX(-30%);-webkit-transform: translateX(-30%);transform: translateX(-30%);top: 100%;margin-top: 9px;}
</style>

3. Selanjutnya silakan masukan markup kode pemanggil di bawah. Untuk penempatannya bisa anda sesuaikan.

Tetapi dalam hal ini, saya memilih meletakan kode tersebut di akhir postingan yakni tepat sesudah kode <data:post.body/>.

<div id="wpac-rating"></div>
<script type="text/javascript">
wpac_init = window.wpac_init || [];
wpac_init.push({widget: 'Rating', id: 21697});
(function() {
    if ('WIDGETPACK_LOADED' in window) return;
    WIDGETPACK_LOADED = true; //true ubah ke False
    var mc = document.createElement('script');
    mc.type = 'text/javascript';
    mc.async = true;
    mc.src = 'https://embed.widgetpack.com/widget.js';
    var s = document.getElementsByTagName('script')[0]; s.parentNode.insertBefore(mc, s.nextSibling);
})();
</script>

4. Terakhir Simpan Tema

Penutup

Adanya widget Rating Bintang tentu sangat berguna bagi anda yang ingin mengetahui seberapa bermanfaat konten-konten situs anda dimata pengunjung.

Sebaiknya tetap buatlah konten yang berkualitas serta bermanfaat bagi pengunjung anda agar penilaian terhadap konten anda juga semakin membaik.

Baca Juga: Tips Cepat Mengatasi Penayangan Iklan Dibatasi Oleh AdSense

Demikian Informasi Mengenai "Cara Memasang Widget Rating Bintang Penilaian di Blogger". Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel