11+ Tips Cara Mengatasi HP Panas Saat Sedang di Charge

Konten [Tampil]

11+ Tips Cara Mengatasi HP Panas Saat Sedang di Charge

Seringkali kita sebagai pengguna HP menemui masalah-masalah kecil namun cukup mengganggu bagi penggunanya seperti misalnya permasalahan HP panas saat sedang melakukan pengisian daya baterai atau umumnya kita sering menyebutnya mengecas HP.

Beberapa dari kita mungkin hanya bersikap santai kemudian menerima keadaan HP-nya begitu saja tetapi disisi lain beberapa dari kita merasa cukup terganggu ketika menghadapi hal yang semacam ini, memang cukup sepele tapi ini juga cukup membuat tidak nyaman pada sebagian besar pengguna smartphone. Lantas apa penyebabnya?

Untuk menjawab penyebab mengapa HP mendadak panas saat melakukan charging, maka diperlukan sedikit analisa terlebih dahulu karena bisa saja penyebabnya bervariasi dan berbeda diantara masing-masing HP.

Akan tetapi sebagai acuan awal, mimin berasumsi ada dua faktor penyebab utama yaitu perilaku user dan keadaan HP itu sendiri.

Oleh karena itu bagi anda yang tidak bisa menerima begitu saja apabila ponsel anda terasa panas saat melakukan charging maka anda berada pada artikel yang tepat karena nantinya mimin akan membahas penyebab dan cara mengatasi kondisi HP yang panas saat di cas dalam waktu bersamaan.

Mengapa demikian? karena antara penyebab dan cara mengatasi HP panas saat di charge ini saling berkaitan satu sama lain. Oke langsung saja tanpa perlu basa-basi lagi simak penyebab dan cara mengatasi HP panas saat di charger berikut ini.

Penyebab dan Cara Mengatasi HP Panas Saat di Charge


1. Posisi Port Charger yang Tidak Presisi

Perlu berhati-hati jika HP mendadak panas saat anda melakukan pengisian daya baterai karena bisa saja penyebabnya adalah kurang presisinya pemasangan konektor dengan port charger sehingga mengakibatkan HP panas karena arus listrik tidak dapat mengalir dengan begitu baik.

Solusi: pastikan anda mencolokan konektor dengan port charger dengan posisi yang pas dan presisi

2. Data Seluler Dalam Kondisi Menyala

Jika data seluler HP masih dalam keadaan menyala berarti segala pengunduhan data mikro masih tetap berjalan seperti misalnya menerima notifikasi dan update aplikasi otomatis.

Hal tersebut tentu saja dapat menguras daya baterai HP yang masih tersedia meskipun tergolong sedikit.

Kendati demikian apabila data seluler masih menyala dan anda melakukan proses charging maka akan menimbulkan sedikit bentrok antara arus masuk dan arus keluar sehingga pengisian baterai Hp tidak maksimal dan menyebabkan kondisi panas pada HP yang anda gunakan.

Solusi: sebelum mengisi daya baterai ponsel anda maka sebaiknya matikan data seluler anda terlebih dahulu

3. Aplikasi Dalam Kondisi Terbuka

Membuka sebuah aplikasi membutuhkan tenaga dari processor dan gpu, terutama jika aplikasi yang dibuka tergolong sebuah aplikasi yang berat semisal game khusus yang membutuhkan kinerja ekstra dari processor dan gpu sebuah HP, selain itu kondisi daya baterai juga akan ikut terkuras dengan cukup banyak.

Namun apa jadinya jika aplikasi-aplikasi berat tersebut tidak ditutup dan dibiarkan terbuka begitu saja? Tentu saja saat anda melakukan pengisian daya baterai Hp dalam kondisi tersebut maka akan menimbulkan ketidakstabilan antara arus listrik yang masuk dan keluar, hal inilah yang diduga membuat HP anda panas pada saat melakukan charging.

Solusi: sebelum mengisi daya baterai ponsel anda, pastikan menutup semua aplikasi dan jangan ada yang terbuka, setelah itu anda boleh melakukan charge ponsel anda.

4. Memasang Aplikasi Yang Tidak diterima OS

Beberapa aplikasi memang diperuntukkan untuk jenis dan model tipe Hp tertentu yang biasanya memiliki sebuah aplikasi berspesifikasi tinggi. Hal yang akan terjadi ketika anda nekad menginstall aplikasi yang tidak sesuai dengan OS adalah processor dan gpu ponsel akan dipaksa bekerja dengan sangat berat.

Jika dibiarkan anda harus menerima resiko berupa HP yang panas karena ketidaksesuaian antara aplikasi dengan OS. Selain itu hal tersebut juga akan diperparah ketika anda melakukan pengisian daya pada HP dengan kondisi seperti itu.

Solusi: kembalikan kinerja ponsel anda seperti sedia kala dengan cara melakukan uninstall terhadap aplikasi-aplikasi yang disinyalir memberatkan kinerja sebuah ponsel

5. Baterai Mengalami Kerusakan

Baterai merupakan sebuah komponen dari HP yang tidak dapat dipisahkan lagi karena bersifat sebagai penunjang daya hidup sebuah HP, tanpa baterai tentu HP tidak akan bisa menyala dan anda gunakan dalam kegiatan sehari-hari.

Oleh karena itu mengingat fungsi baterai ini sangat penting bagi HP maka apabila terjadi kerusakan pada baterai tentu akan menyebabkan tidak maksimalnya penyimpanan daya oleh sebuah baterai, biasanya dapat ditandai dengan cepat terkurasnya daya baterai meski tidak sedang digunakan sama sekali.

Hal ini dapat diperparah ketika anda melakukan pengisian daya baterai dalam kondisi baterai yang telah mengalami kerusakan, biasanya perilaku seperti itu akan memicu panas yang luar biasa dan tidak wajar pada HP.

Solusi: dengan mengganti baterai HP yang rusak dengan sebuah baterai yang baru maka masalah ini akan dapat segera diatasi

6. Suhu Panas Berasal Dari Luar

Jika masalah panas HP tidak berasal dari dalam maka bisa jadi panas berasal dari luar misalnya kondisi ruangan yang panas juga dapat memicu kondisi panas pada sebuah perangkat elektronik seperti HP, terutama jika case HP bawaan terbuat dari kaca yang sifatnya mudah menghantarkan panas. Pada kondisi ruangan yang terlampau panas, melakukan charger HP justru akan memperburuk keadaan.

Solusi: hindari melakukan pengisian daya baterai ponsel saat sedang berada pada kondisi ruangan yang panas, sebisa mungkin cari tempat yang memiliki suhu stabil seperti ruangan ber-AC

7. Memainkan HP Saat Dicharge

Salah satu kebiasaan buruk yang harus anda tinggalkan karena lambat laun akan menurunkan performa kinerja HP anda.

Umumnya perilaku memainkan HP saat dicas sering dilakukan oleh anak-anak yang gemar bermain game, merasa baterai akan habis tapi permainan belum berakhir, dimana pada akhirnya mereka memutuskan mengisi daya baterai HP meski sedang dimainkan. Perilaku seperti itu akan membuat kondisi HP cepat panas hingga 2 kali lipa.

Oleh karena itu memainkan HP sambil dicas tidaklah disarankan.

Solusi: hindari memainkan ponsel sambil melakukan pengisian daya baterai agar tidak menimbulkan panas yang berlebihan pada ponsel

8. Koneksi yang Masih Hidup

Meski data telah dimatikan terkadang anda suka lupa mematikan koneksi lainnya seperti Bluetooth, GPS, atau Wifi, dimana koneksi seperti ini sedikit banyak juga berpengaruh terhadap konsumsi baterai HP anda.

Apabila koneksi yang lain masih menyala maka pengisian baterai HP tidak akan bisa berjalan secara maksimal, bahkan tak jarang malah membuat kondisi HP menjadi panas saat mengisi daya.

Solusi: sebelum mengisi daya ponsel, sebaiknya matikan semua koneksi jaringan yang berpotensi dapat menguras baterai

9. Koneksi Jaringan Seluler Buruk

Untuk masalah yang satu ini biasanya hanya berlaku di daerah yang cukup terpencil, dimana kendala sinyal selalu menjadi bahan obrolan yang tak pernah usang di daerah tersebut.

Jaringan sinyal yang sangat buruk membuat kinerja HP anda menjadi lebih berat karena dipaksa lebih keras mencari jaringan dan mempertahankannya.

Apalagi jika dibarengi dengan pengisian daya HP pada saat kondisinya yang seperti itu, maka hal itu justru akan membuat panas HP anda.

Solusi: tentu saja untuk mengatasi masalah ini anda harus mengganti jaringan seluler terbaik di daerah anda, jika tidak ada bisa memasang jaringan nirkabel Wifi dengan jaringan tembak

10. Aksesoris Case Eksternal

Case eksternal dipilih oleh banyak orang bukan hanya sebagai aksesoris belaka tetapi juga sebagai pelapis case bawaan HP, dimana case eksternal memiliki fungsi untuk melindungi HP anda saat terjatuh maupun terbentur karena faktor tidak disengaja.

Meski bersifat demikian, pemilihan case eksternal yang tidak sesuai justru akan berdampak kurang baik bagi HP anda, desain dan bahan yang tidak sesuai model HP justru akan menyebabkan terjebaknya panas yang memusat pada case bawaan HP anda. Pada kondisi HP yang cukup panas, melakukan pengisian daya baterai justru tidak disarankan.

Solusi: pastikan anda memilih case eksternal yang sesuai dengan case bawaan ponsel atau anda dapat mencopot untuk sementara waktu case eksternal saat melakukan pengisian daya baterai ponsel

11.  Overclock

Ada kalanya sebagian orang tidak pernah puas dengan kinerja HP-nya tetapi disisi lain mereka juga tidak memiliki cukup dana untuk melakukan upgrade HP ke versi yang lebih mumpuni.

Kemudian sebagai solusinya hadirlah fenomena overclock yang marak dibicarakan para opreker, yaitu sebuah cara menjalankan prosesor pada kecepatan di atas kecepatan standar, atau di atas kecepatan bawaan pabriknya.

Cara seperti itu memang berhasil meningkatkan kinerja HP dengan lebih baik, akan tetapi efeknya HP menjadi lebih sering panas walau hanya digunakan sebentar saja. Hal ini dikarenakan processor dipaksa bekerja dengan lebih keras lagi, dimana akan memberikan dampak buruk seperti HP cenderung lebih mudah panas.

Solusi: jika ingin mengurangi kinerja ponsel agar tidak terlalu berat maka anda dapat melakukan downgrade atau mengembalikan prosessor seperti pengaturan bawaan pabrik

12. Charger Tidak Kompatibel

Beberapa orang biasanya sering mengganti charger bawaan HP-nya dengan alasan yang bermacam-macam. Bisa jadi karena memang charger bawaan HP sudah tidak dapat digunakan lagi.

Namun masalahnya ketika mencari pengganti charger bawaan HP, seringkali mereka malah memilih model charger yang salah. Akibatnya tentu saja proses pengisian daya baterai HP tidak dapat berjalan dengan efektif dan maksimal.

Bahkan pada kasus tertentu, kesalahan memilih charger yang tidak kompatibel dengan perangkat justru dapat mengakibatkan tidak stabilnya arus listrik pada HP anda.

Solusi: silahkan beli charger ori atau yang sesuai dengan spesifikasi charger bawaan ponsel anda

Akhir Kata

Ternyata terdapat banyak faktor yang menyebabkan HP kita panas saat melakukan proses pengisian daya baterai, kurang lebih ada sekitar 12 faktor penyebab ponsel kita menjadi panas saat charging. Oleh sebab itu hindari faktor yang disinyalir berpotensi menimbulkan panas berlebihan pada ponsel kita. 

Belum ada Komentar untuk "11+ Tips Cara Mengatasi HP Panas Saat Sedang di Charge"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel