Cara Menghapus Akun Zenly Secara Permanen

Konten [Tampil]

Cara Menghapus Akun Zenly Secara Permanen

Belakangan ini publik kembali digegerkan dengan  polemik dari sebuah aplikasi bernama Zenly, hal ini berkaitan dengan keamanan dalam penggunaan aplikasi Zenly yang dianggap berbahaya bagi penggunanya. Jika anda belum tahu apa itu Zenly dan kenapa bisa menimbulkan sebuah polemik dalam masyarakat.

Apa itu Zenly?


Zenly adalah sebuah aplikasi pertemanan online yang dibuat oleh Amplitude yaitu seorang pengembang berkebangsaan Perancis pada tahun 2014 silam. Namun setelah tiga tahun semenjak perilisannya, Zenly diakuisisi oleh Snapchat. 

Setelah Zenly berpindah tangan ke Snapchat, aplikasi ini berhasil menaikkan popularitasnya dengan lebih baik pada kancah internasional, hal ini terbukti dari banyaknya pengguna aplikasi Zenly yang terus bertambah.

Tercatat jika Zenly telah diunduh sebanyak 10 juta orang di Google Play Store dan 20 ribu di App Store dengan masing-masing mendapatkan rating sebesar 4.3 dan 4.7.

Aplikasi Zenly juga user friendly artinya mudah digunakan bahkan oleh pemula sekalipun. Cara pembuatan akun Zenly pun cukup simpel, anda hanya perlu menggunakan email dan nomor ponsel untuk mendaftarkan diri sebagai user Zenly. Setelah itu anda tinggal menunggu kode OTP masuk atau kode sandi masuk pada ponsel anda.

Fitur-Fitur Unggulan Zenly


1. Mengetahui Lokasi Teman Anda

Dalam aplikasi Zenly ada satu fitur yang memang menjadi ciri khas dari aplikasi Zenly itu sendiri yaitu sebuah fitur pelacakan teman sesama Zenly yang cukup akurat. Hal ini berguna bagi anda yang suka mencari tahu titik lokasi teman dekat anda agar lebih mudah proses pencariannya.


2. Memiliki Banyak Sticker yang Unik dan Menarik

Seperti aplikasi chatting lainnya, Zenly juga dilengkapi dengan sticker yang unik dan menarik. Hal ini berguna bagi anda yang suka berkirim pesan menggunakan sticker dengan teman anda. Selain itu keberadaan sticker membuat susasana chatting tidak terasa membosankan. Terdapat banyak pilihan sticker yang dapat anda coba.


3. Atur Tampilan Peta

Selain dikenal sebagai aplikasi pertemanan online Zenly juga dikenal sebagai aplikasi pelacak lokasi sehingga memiliki tampilan peta yang dapat diubah menjadi 4 tampilan peta antara lain tampilan simpel, tampilanstandar, tampilan satelit, dan tampilan hibrida.


4. Cek Baterai Ponsel Teman Anda

Satu fitur unik dan menarik lainnya yaitu melalui aplikasi Zenly, anda juga dapat melakukan pengecekan persentase baterai ponsel teman anda. Untuk sebuah aplikasi pertemanan disematkan fitur pelacak baterai adalah suatu hal yang anti mainstream.


Kontroversi Zenly


Sebelum populer di Indonesia, Zenly telah lebih dulu populer di negara tetangga Singapura. Dinegara tersebut aplikasi Zenly telah diunduh oleh anak remaja kisaran 13-18 tahun menyumbang 28 persen pengguna dan sisanya ialah pengguna mayoritas Zenly adalah usia pra dewasa yakni 18-25 tahun.

Hal yang menjadi kekhawatiran publik terutama para orang tua adalah karena Zenly disinyalir dapat disalahgunakan oleh orang jahat untuk melacak seseorang. Dikutip dari Todayonline.com, orang asing mampu melakukan akses ke detail pribadi dan mampu melacak lokasi waktu nyata (real-time) pengguna aplikasi.

Salah satu warga lokal Singapura, Wang Ai Ling, perempuan 42 tahun mengungkapkan, Zenly sangat mengganggu privasi pribadi seseorang. Ia dengan tegas berkata bahwa Zenly tidaklah cocok untuk anaknya yang baru berusia 14 tahun.

Namun ada kekhawatiran yang paling ekstrem yang disebabkan Zenly adalah risiko penculikan dan pelecehan seksual terhadap pengguna.

Berbeda dengan di Singapura, dinegara kita Indonesia justru merespon dengan lebih santai, sebagian besar pengguna Zenly di Indonesia adalah anak SMA, ketika disinggung soal ancaman kejahatan dari Zenly.

Mereka menjawab tidak takut karena lingkaran pertemanan juga hanya sebatas teman sekolah atau teman yang mereka kenal. Selain itu beberapa orang tua siswa juga turut aktif memberikan pengawasan pada anaknya saat menggunakan aplikasi Zenly ini.


Apakah Zenly Aman Digunakan?


Berdasarkan penuturan dari pengembang aplikasi Amplitude memberikan klaim bahwa aplikasinya aman karena pihaknya telah menerapkan mekanisme pengamanan yang kuat agar tidak ada tindakan penyalahgunaan dari oknum kriminal yang mungkin merugikan pengguna Zenly.

Co-Founder dan Chief Executif Zenly, Antoine Martin, mengatakan jika aplikasinya menggunakan berbagai jaringan dan mekanisme yang mencegah pengguna menambahkan orang yang tidak dikenal.

Beberapa mekanisme yang melindungi para pengguna Zenly antara lain:

Peringatan "Stranger Danger" yakni sebuah peringatan yang akan muncul jika pengguna menerima permintaan pertemanan dari orang yang tidak dikenalnya.

Dilengkapi opsi untuk memblokir permintaan pertemanan dari seseorang yang menurut Zenly tidak diketahui oleh pengguna.

Aplikasi akan secara otomatis merekomendasikan teman berdasarkan kedekatan antara pengguna Zenly dan pastinya aman untuk melakukan pertemanan. Zenly dapat mengetahuinya lewat daftar kontak dan lokasi ponsel pengguna.


Cara Menghapus Akun Zenly


Meski dinyatakan aman oleh pembuatnya, ternyata masih banyak orang ragu untuk menggunakan aplikasi Zenly dan banyak juga yang telah menginstall juga membuat akun Zenly ingin menghapusnya dengan alasan melindungi privasi dan identitas mereka.

Maka dari itu mimin juga akan memberikan tutorial terkait bagaimana cara menghapus akun Zenly secara permanen. Semoga dengan menggunakan cara ini, akun Zenly anda dapat dihapus oleh sistem secara permanen. Simak tutorialnya sebagai berikut.


1. Anda harus masuk terlebih dahulu dalam aplikasi Zenly

2. Setelah itu, Masuk Profil > Pengaturan

3. Gulir ke bawah dan ketuk Hubungi Kami

4. Kemudian pilih opsi Peniadaan Akun

5. Terakhir anda akan diminta persetujuan atau konfirmasi untuk melakukan penghapusan akun Zenly.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, biasanya dalam kurun waktu 30 hari, akun Zenly anda akan dinonaktifkan untuk sementara waktu.

Namun setelah 30 hari terlewati dan anda tidak melakukan login kembali ke akun Zenly maka akun Zenly anda akan dihapus secara permanen.

Sebelum menghapus akun Zenly ada baiknya anda menimbang betul keputusan yang hendak akan anda ambil.


Akhir Kata

Demikian artikel tentang "Cara Menghapus Akun Zenly Secara Permanen". Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian. Jangan lupa share ya. Terimakasih.


Belum ada Komentar untuk "Cara Menghapus Akun Zenly Secara Permanen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel