Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Error 404 di Blogger dengan Mudah

Cara Mengatasi Error 404 di Blogger

Cara Redirect Halaman 404 Not Found Menuju Ke Home

Droidide.com - Bagi seorang Blogger mungkin sudah tidak asing lagi terhadap istilah broken link atau kesalahan link pada sebuah halaman situs.

Halaman error 404 Not Found merupakan salah satu bentuk kesalahan yang cukup sering terjadi terhadap halaman sebuah situs.

Apa itu Error 404 dan Bagaimana Itu Terjadi di Blogger?

Error 404 adalah pesan kesalahan HTTP yang muncul ketika browser web mencoba mengakses sebuah halaman yang tidak tersedia di server. Ini berarti bahwa meskipun halaman tersebut mungkin ada di situs web sebelumnya, tetapi tidak lagi tersedia di server saat ini.

Error 404 dapat terjadi pada setiap situs web, termasuk situs yang di-hosting pada Blogger. Ketika sebuah halaman di blog Anda tidak tersedia, baik itu postingan atau halaman statis, maka pengunjung blog Anda akan diberitahu bahwa halaman tersebut tidak dapat ditemukan dan akan melihat pesan "Error 404: Halaman Tidak Ditemukan".


Baca Juga: Cara Menghilangkan Kode ?m=1 atau ?m=0 Pada URL Blogger

Penyebab dan Cara Mengatasi Halaman Error 404 Not Found

Sebenarnya banyak sekali faktor yang menyebabkan situs anda mengalami halaman error 404 not found. Namun pada intinya kesalahan 404 terjadi ketika adanya ketidaksesuaian antara URL yang diketik dengan  yang dituju sehingga menyebabkan halaman error 404 tersebut. Berikut penyebab umum yang dapat mengakibatkan broken link.

1. Mengganti Permalink

Mengganti permalink berarti anda mengganti struktur awal dari permalink yang telah anda buat sebelumnya. Hal ini tentu akan menyebabkan ketidaksesuaian link yang hendak dituju. Misalnya permalink awal artikel anda adalah http://blogkamu.com/cara-membuat-blog kemudian dirubah menjadi http://blogkamu.com/tips-membuat-blog

Meskipun disini perubahan terlihat sangat sedikit antara kata c" berganti dengan "tips" tetapi jangan salah justru hal tersebut dapat mengakibatkan halaman error pada sebuah halaman situs.

Lebih lanjut setiap orang yang mengakses situs anda melalui permalink awal tentu saja mereka pasti akan menemukan halaman error 404 karena perubahan permalink tersebut.

Sementara itu hal ini juga dapat mempengaruhi nilai bounce rate pada situs anda.

Pada akhirnya pergantian permalink akan berdampak cukup serius terhadap situs anda terutama saat permalink awal situs telah di index oleh mesin pencari dan telah ditampilkan pada posisi SERP terbaiknya.

Baca Juga: Cara Memasang Notifikasi Cookie Pada Blogger Dengan Mudah dan Simpel


2. Kesalahan Menulis Tautan Link Artikel

Beberapa dari kita terkadang kurang teliti saat menulis tautan link artikel yang benar dan sesuai. Sebenarnya kasus ini mirip dengan poin pertama yang telah diulas sebelumnya yaitu ketidaksesuaian antara link.

Dan secara umum kita kerap melakukan kesalahan saat menautkan link berupa internal link yang salah atau mungkin sebenarnya permalink telah berganti dengan permalink yang baru tetapi kita lupa tetap menggunakan permalink yang lama.

2 Cara Alternatif Memasang Widget Google Translate di Blogger

3. Berganti Domain

Percaya atau tidak mengganti domain dapat menyebabkan broken link atau halaman error 404 not found. Jika anda mengganti domain situs maka secara otomatis struktur URL situs juga akan mengalami perubahan yang signifikan.

Perubahan struktur URL tentu saja akan membuat ketidaksesuaian antara link yang berasal dari domain lama menuju ke link domain baru sehingga menciptakan sebuah broken link atau error 404 not found pada sebuah halaman situs.

Baca Juga: Tips Cepat Mengatasi Penayangan Iklan Dibatasi Oleh AdSense

Tutorial Redirect Halaman Error 404 Not Found Dengan Cepat

Cara yang akan saya bagikan kali ini merupakan cara yang terlihat simpel tetapi meski begitu dalam penerapannya tentu akan sebanding dengan kinerja atau hasil yang ditawarkan. Mengapa demikian?

Karena tutorial redirect atau pengalihan halaman error yang akan saya share saat ini mempunyai manajemen waktu yang cukup baik tanpa perlu menunggu waktu meskipun hanya beberapa detik.

Baca Juga: Cara Mendaftarkan Situs Ke Adsterra.com Secara Lengkap (Alternatif AdSense)

Hal ini tentu berbeda dengan beberapa cara kebanyakan yang biasanya memerlukan waktu tunggu beberapa detik untuk beralih menuju ke halaman home page situs. Berikut simak langkah-langkahnya:

1. Masuk ke akun Blogger anda masing-masing.

2. Pergi ke bagian menu Tema > Edit Tema

3. Silakan cari kode HTML </body> dengan bantuan CTRL + F.

4. Kemudian copy dan paste kode JS (Javascript) berikut tepat diatas tag </body>


<b:if cond='data:blog.pageType in {"error_page"}'>
<script>
setTimeout(function () {
window.location.replace("<data:blog.homepageUrl/>");
});
</script>
</b:if>

Atau

<b:if cond='data:blog.pageType in {"error_page"}'>
<script>
window.location.replace("<data:blog.homepageUrl/>");
</script>
</b:if>

5. Terakhir Simpan dan selesai

Penutup

Jangan biarkan situs anda berlama-lama mengalami broken link atau halaman error 404 not found karena hal ini akan memberikan dampak yang tidak baik terhadap perkembangan situs anda. Ada baiknya anda melakukan pengecekan broken link secara berkala melalui Google Search Console.

Demikian artikel mengenai "Cara Redirect Halaman Error 404 Not Found Menuju Ke Home Page (Platform Blogger)

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Error 404 di Blogger dengan Mudah"