Cara Merawat Speaker HP Agar Awet dan Tetap Jernih Seperti Baru

Daftar Isi [Tampilkan]
Bagaimana Tips dan Cara Merawat Speaker Ponsel Android Agar Tetap Jernih Seperti Baru dan Awet




Dewasa kini industri smartphone berlomba-lomba melakukan gebrakan inovasi dalam pengembangan speaker berbasis mobile dengan tujuan agar mendapatkan suara terbaik yang mampu dihasilkan speaker berplatform mobile.

Speaker menjadi salah satu bagian utama dari komponen terpenting pada smartphone android.  Speaker merupakan perangkat keras yang diciptakan untuk  memproduksi atau menghasilkan suara dari ponsel. Selain itu speaker juga  digunakan sebagai penunjang sistem multimedia lainnya yang terdapat pada sistem ponsel android tersebut.

Tentu kita telah mengetahui bahwa melalui speaker kita dapat mendengarkan suara-suara yang berasal dari hp android tersebut seperti musik, video, game, aplikasi telepon dsb. Bayangkan jika smartphone android kita tidak terdapat speaker? Ibaratnya kita punya telinga tapi tidak punya mulut, tentu kurang lengkap bukan?

Baca Juga: Bahaya Menghubungkan Smartphone Android Ke Speaker Aktif

Karena begitu penting dan vitalnya fungsi dari speaker yang terdapat pada smartphone android. Maka pada artikel ini akan dibahas tentang tips dan cara perawatan speaker pada ponsel agar awet dan dapat digunakan dalam jangka panjang dengan hasil suara yang tetap terjaga.

Mengingat saat ini banyak para pengguna smartphone yang hanya bisa memakai speaker saja tetapi mereka lupa bahkan tidak bisa untuk sekedar merawat speaker ponselnya. Jika dibiarkan hal tersebut tentu akan membuat umur speaker ponsel tidak panjang atau gampang rusak.

Tips yang disajikan pada artikel ini merupakan tips untuk meminimalisir terjadinya kerusakan pada komponen speaker ponsel android kalian. Trik yang dibagikan pada artikel ini murni bersumber dari pengalaman pribadi.

Tips Cara Merawat Speaker Ponsel Android Tetap Jernih Seperti Baru

Bersihkan speaker secara berkala

Komponen speaker sebagian besar di dominasi oleh bahan magnet untuk menghantarkan hasil suara. Karena speaker terdiri dari bahan magnet maka speaker tersebut bersifat menarik benda-benda lain yang berada didekatnya termasuk segala jenis kotoran seperti debu yang biasa kita temukan pada bagian speaker tersebut.

Kotoran seperti debu jika dibiarkan mengendap terlalu lama pada bagian speaker tentu akan mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkannya.

Sebaiknya pembersihan speaker perlu dilakukan secara berkala untuk menjaga kualitas suara agar tidak samber atau pecah serta tetap optimal saat digunakan.

Kamu dapat membersihkan speaker menggunakan tisu bersih untuk mengelap bagian yang kotor pada speaker. Cara melakukannya kamu harus terlebih dahulu  membuka casing hp lalu kemudian bersihkan secara perlahan pada bagian speaker yang kotor.

Hindari mengatur volume speaker terlalu tinggi

Memang sebagian orang terbiasa mendengarkan musik melalui ponsel dengan sangat keras. Namun kebiasaan mengeraskan speaker yang berlebihan seperti itu ternyata tidak baik untuk speaker itu sendiri. Hal tersebut secara tidak langsung dapat menurunkan kualitas suara yang dihasilkan speaker ponsel.

Baca Juga: Awas! Inilah Perbedaan Speaker JBL GO Asli dan Palsu! Cek Sekarang!

Speaker yang dipacu dengan volume tinggi yang dilakukan secara terus-menerus pasti lama-lama suara yang dihasilkan akan pecah dan samber serta tidak enak didengar sama sekali oleh telinga.

Nah untuk menjaga agar speaker utama pada ponselmu awet sebaiknya biasakan mendengarkan musik dengan set volume dikisaran 80 % saja.

Jauhkan speaker dari magnet lainnya

Entah mitos atau tidak namun ternyata magnet dipercaya dapat mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkan oleh speaker. Alasannya karena komponen speaker sebagian besar terdiri dari magnet dimana jika magnet bertemu dengan magnet tentu akan menyebabkan muatan arus yang sifatnya tarik menarik.

Pertemuan antara speaker dan megnet dipercaya dapat merusak kualitas suara speaker menjadi lebih buruk serta tidak dapat bertahan lama.

Hindari speaker terkena air

Didunia elektronik air justru dianggap sebagai suatu masalah yang menjadi penyebab kerusakan pada kebanyakan perangkat elektronik. Beberapa perangkat elektronik yang telah kontak langsung dengan air biasanya akan mengalami kerusakan cukup serius dan sulit untuk diperbaiki.

Terutama speaker sangat anti dengan yang namanya air, speaker yang terkena air sudah pasti akan merusak seluruh komponen yang menyebabkan speaker mati total bahkan kemungkinan terburuknya adalah komponen lain pada ponsel juga akan ikut rusak dikarenakan masuknya air tersebut.

Hindari speaker dari benturan keras

Benturan keras pada ponsel seperti terjatuh dari tempat ketinggian tentu akan merusak komponen hardware yang ada seperti pecahnya layar lcd atau mungkin pecahnya speaker pada ponsel tersebut.

Speaker yang mengalami benturan biasanya suara yang dihasilkan akan langsung samber dan pecah yang membuat tidak enak untuk di dengarkan. Untuk mengantisipasi speaker dari kerusakan sebaiknya jaga ponsel kalian dari benturan keras semaksimal mungkin.

Demikian artikel diatas tentang Tips Merawat Speaker Ponsel Android Tetap Jernih Seperti Baru. Semoga bermanfaat. Share juga informasi ini pada yang lain. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel