Bahaya Menghubungkan HP Android Ke Speaker Aktif Secara Langsung (Via Jack Audio)

Daftar Isi [Tampilkan]
Bahaya Menghubungkan Smartphone Android Dengan Speaker Aktif Secara Langsung (Via Jack Audio)




Pada umumnya semua orang di dunia ini menyukai alunan musik sebagai pendukung kegiatan sehari-hari mereka. Survey yang dilakukan oleh para ahli menunjukkan bahwa musik dapat mempengaruhi emosi seseorang (moody) sebelum memulai aktivitas. Saat ini musik dinilai lebih dari estetika belaka tapi juga telah menjadi bagian dari gaya hidup sebagian orang.

Kita dapat mendengarkan musik dimana saja misalnya memutar musik melalui ponsel yang dihubungkan secara langsung ke speaker aktif dengan tujuan agar suara musik yang dihasilkan lebih keras, gahar dan berkualitas.

Mengingat jika kita hanya mendengarkan musik lewat hp tentu kualitas suara yang dihasilkan tidak sebaik jika kita mendengarkan lewat speaker aktif. Kualitas speaker ponsel yang didesain kecil dan sederhana tentu bagi sebagian orang tidak cukup memuaskan di pendengaran mereka.

Maka dari itu tak jarang dari kita gemar mencolokkan smartphone ke speaker aktif untuk meningkatkan kualitas suara agar lebih menggelegar. Namun ternyata kebiasaan menyambungkan ponsel pada speaker aktif melalui kabel jack audio seperti itu ternyata berbahaya dan berefek buruk bagi sistem ponsel itu sendiri.

Alasannya karena adanya ketidakcocokan daya penghantar antara ponsel dengan speaker aktif. Daya speaker aktif jauh lebih besar dan melebihi daya yang ada pada ponsel android kita.

Sehingga apabila dipaksakan akan menimbulkan permasalahan yang cukup serius dan kompleks pada ponsel seperti korsleting dan kebocoran arus listrik.

Baca Juga : Cara Aman Menghubungkan Smartphone Android Ke Speaker Aktif Tanpa Takut Ic Audio Rusak

Beberapa masalah serius yang terjadi ketika jika nekad mencolokkan ponsel android ke speaker aktif secara langsung antara lain.

Ponsel Mengalami Bootloop

Rupanya kasus kegagalan sistem android tidak hanya dialami oleh mereka yang hobi melakukan oprek pada ponselnya. Tetapi bootloop juga ditemui pada ponsel yang sering dikoneksikan ke speaker aktif secara langsung melalui kabel jack audio. Tanda ponsel bootloop juga sama yakni hanya menampilkan logo android secara berulang-ulang.
Jika kalian mencolokkan ponsel ke speaker aktif lalu kemudian tiba-tiba ponsel mati begitu saja dan hanya menampilkan logo. Ada kemungkinan ponsel kalian mengalami masalah bootloop tersebut.

IC Audio Rusak

Seperti yang kita ketahui bahwa IC Audio bertugas untuk mengelola keluar masuknya suara dan dering pada perangkat ponsel termasuk suara saat kita bertelepon pada perangkat lain. Jika memang ada kerusakan pada IC audio ponsel tentu akan menyebabkan segala sesuatu yang berhubungan dengan suara akan mati secara total. Hal tersebut tentu secara langsung akan mempengaruhi kinerja dan fungsi ponsel tersebut.

Salah satu kebiasaan yang menyebabkan IC audio ponsel cepat rusak dan tidak bertahan lama adalah sering mencolokkan ponsel ke sepeaker aktif yang sambungkan lewat kabel jack audio. Maka untuk mencegahnya ada baiknya kalian menghentikan kebiasaan buruk tersebut agar ponsel kalian dapat bertahan lama alias awet.

Mati Total Alias Matot

Kemungkinan terburuk yang akan kita dapatkan jika sering menancapkan ponsel ke speaker aktif secara langsung adalah ponsel kita akan mengalami mati total atau matot. Perbedaan daya arus yang masuk antara ponsel dan speaker aktif menyebabkan daya kejut yang tidak terkontrol pada ponsel sehingga menyebabkan kerusakan pada sistem yang cukup serius.

Bahkan pada beberapa kasus ponsel yang mati karena disebabkan oleh masalah disambungkan ke speaker aktif tidak dapat diperbaiki sama sekali oleh teknisi ahli. Menurut teknisi kerusakan yang diakibatkan kelebihan arus daya yang masuk menyebabkan korsleting kelistrikan secara menyeluruh pada perangkat ponsel.

Baca Juga : Cara Merawat Speaker Ponsel Android Agar Awet dan Tetap Jernih Seperti Baru

Nah setelah kalian tau tentang “Bahaya Menghubungkan Ponsel Dengan Speaker Aktif Secara Langsung (Jack Audio)” sebaiknya mulai saat ini ada baiknya kalian menghentikan kebiasaan buruk tersebut yang dapat berakibat fatal pada ponsel.
Sekian dan terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel