Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Kolom Komentar Blogger Yang Hilang

Cara Mudah Mengatasi Kolom Komentar Blogger Hilang Pada Tampilan Mobile/Hp


Cara Menampilkan Kolom Komentar Yang Hilang

“Bagaimana cara memunculkan kembali form komentar Blogger yang hilang saat di akses melalui ponsel ?”

Salah satu pertanyaan yang muncul di benak saya beberapa hari yang lalu dan akhirnya kini terjawab sudah.

Pertanyaan yang masih berkaitan dengan permasalahan form atau kolom komentar bawaan yang tidak mau muncul alias hilang di Blogger terutama saat diakses melalui ponsel.

Tetapi anehnya kolom komentar yang hilang tersebut dapat muncul kembali apabila saya mengaksesnya lewat dekstop atau PC. Dari sini saya sedikit di bingungkan oleh permasalahan ini, sebenarnya apa yang salah dan letak salahnya itu ada dimana.

Baca Juga: Cara Memasang Lazy Load Iklan Adsense di Blogger

Saya sudah melakukan pengecekan baik di pengaturan posting dan setting Blogger semuanya telah diatur sesuai dengan aturan dan tidak ada kesalahan pada bagian pengaturan tersebut.

Saya mencari informasi melalui pencarian Google dan menerapkan cara-cara yang disarankan namun hasilnya nihil alias tidak membuahkan hasil sehingga form komentar pada versi mobile tetap tidak mau tayang atau tampil.

Usaha saya untuk menampilkan form komentar blog yang hilang tidak berhenti sampai disitu saja. Dengan perasaan jengkel, saya mencoba menanyakan permasalahan ini pada salah satu grup facebook Blogger Indonesia.

Beberapa menit kemudian setelah pertanyaan saya unggah, ternyata tidak butuh berapa lama, salah satu member Blogger di grup tersebut memberikan tanggapan atas pertanyaan yang saya ajukan.


Setelah ditelisik lebih dalam, ternyata masalahnya hanya terletak pada template yang saya gunakan. Jadi pada intinya template tersebut telah memblokir form komentar pada blog yang seharusnya dapat ditampilkan.

Sementara itu untuk menampilkan form komentar tersebut dibutuhkan sebuah kode script tambahan yang harus disisipkan pada template kita.

Cara Menampilkan Form Komentar Blogspot Yang Hilang


Berikut langkah-langkahnya untuk menampilkan form komentar yang hilang di Blogger.

1. Login ke akun Blogger.com terlebih dahulu.

2. Masuk pada bagian Tema kemudian Edit Html.

3. Tekan ctrl+f cari kode </style>

4. Selanjutnya tempatkan kode berikut tepat diatas kode </style> tersebut.

.blogger-iframe-colorize{display: block !important;}
5. Simpan dan akhirnya proses selesai.

Nah mungkin jika sobat Blogger mengalami permasalahan yang sama seperti kolom komentar bawaan Blogger yang hilang begitu saja terutama saat diakses melalui ponsel, sobat bisa mengikuti langkah-langkah mudah diatas ya, semoga cara tersebut cocok diterapkan pada blog sobat.

Baca Juga: Cara Membuat Kotak Berlangganan (Subscribe Box) Keren di Blogger

Artikel diatas membahas tentang solusi atau cara memunculkan kolom komentar bawaan yang hilang pada Blogger sobat. Sekian dan terimakasih.