Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghapus Kolom Komentar Disqus Bawaan Template di Blog Dengan Mudah

Cara Menghapus Kolom Komentar Disqus Bawaan di Blog Dengan Mudah


Droidide.com - Saat ini Disqus menjadi primadona baru para blogger sebagai tempat untuk membuat  kolom komentar pada sebuah blog atau website.

Disqus menawarkan tampilan baru pada kolom komentar dengan desain yang simple serta elegan sehingga banyak  blogger yang tertarik  untuk memasang kolom komentar Disqus pada blog atau wesite mereka masing-masing.

Baca Juga:
 Cara Menghilangkan Kode ?m=1 atau ?m=0 Pada URL Blogger

Beberapa fitur menarik yang ada pada disqus seperti mengaktifkan dan menonaktifkan komentar tidak dikenal, dapat login dari berbagai jenis akun populer, anti komentar spam, edit komentar pengunjung, discovery box, dsb.

Lebih dari itu Disqus dapat diintegrasikan atau hubungkan dengan berbagai jenis platform blog misalnya seperti blogger, wordprees, jomla, drupal  hingga web portal berita seperti CNN.


Berbagai kelebihan dan  fitur menarik yang ditawarkan tersebut tentu akan sangat berguna sekali bagi sebagian para blogger untuk memudahkan kinerja dalam mengelola komentar pengunjung blog.



Namun dibalik kelebihannya, tentunya tetap ada kekurangan dari Disqus hingga memaksa saya menghapus dan enggan memasangnya lagi pada blog atau situs pribadi saya.

Selain itu beberapa teman blogger saat ini juga sudah mulai meninggalkan sistem komentar Disqus yang dianggap menyulitkan interaksi antara author dan pengunjung.

Baca Juga: 
Cara Membuat Tombol Berlangganan (Subscribe) Keren di Blogger

Alasan Saya Menghapus Komentar Disqus di Blog?


Alasan yang pertama, menurut saya penambahan form komentar Disqus pada blog hanya akan memperlambat loading blog atau menurunkan page speed saat akses halaman.

Beberapa sobat blogger juga membenarkan hal ini terkait penurunan speed blog mereka saat menggunakan layanan Disqus.

Jika dibiarkan begitu saja, tentu hal tersebut dapat berpengaruh buruk terhadap performa blog dalam mesin pencarian.

Bahkan dapat berakibat pada penurunan rangking dan pengunjung terhadap blog.


Alasan yang kedua, Disqus keamanan sistemnya ternyata cukup lemah jika dilihat dari bagian strukturnya. Terdapat banyak kesalahan terutama pada situs yang menggunakan dirrect https. Umumnya saat diakses menimbulkan halaman blank pada komentar blog.

Dua alasan yang telah disebutkan diatas sudah cukup bagi saya untuk menghapus dan menghilangkan kolom komentar disqus pada blog. Saya menganggap itu sebagai salah satu kekurangan disqus yang bisa berdampak buruk pada performa blog dalam jangka panjang.

Baca Juga: Tips Cepat Mengatasi Penayangan Iklan Dibatasi Oleh AdSense

Cara Menghilangkan Kolom Komentar Disqus


1. Login ke dashboard Blogger terlebih dahulu kemudian pilih tab menu bagian tema/theme.

2. Selanjutnya, pilih pada bagian menu edit html sehingga nanti akan diarahkan pada halaman pengeditan template.

3. Kemudian kalian cari kode seperti berikut.
<b:includable id='main'> <script type='text/javascript'> var disqus_shortname = &#39;NamaBlogSobat&#39;; var disqus_blogger_current_url = &quot;<data:blog.canonicalUrl/>&quot;; if (!disqus_blogger_current_url.length) { disqus_blogger_current_url = &quot;<data:blog.url/>&quot;; } var disqus_blogger_homepage_url = &quot;<data:blog.homepageUrl/>&quot;; var disqus_blogger_canonical_homepage_url = &quot;<data:blog.canonicalHomepageUrl/>&quot;; </script> <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'> <style type='text/css'> #comments {display:none;} </style> <script type='text/javascript'> (function() { var bloggerjs = document.createElement(&#39;script&#39;); bloggerjs.type = &#39;text/javascript&#39;; bloggerjs.async = true; bloggerjs.src = &#39;//&#39; + disqus_shortname + &#39;.disqus.com/blogger_item.js&#39;; (document.getElementsByTagName(&#39;head&#39;)[0] || document.getElementsByTagName(&#39;body&#39;)[0]).appendChild(bloggerjs); })(); </script> </b:if> <style type='text/css'> .post-comment-link { visibility: hidden; } </style> <script type='text/javascript'> (function() { var bloggerjs = document.createElement(&#39;script&#39;); bloggerjs.type = &#39;text/javascript&#39;; bloggerjs.async = true; bloggerjs.src = &#39;//&#39; + disqus_shortname + &#39;.disqus.com/blogger_index.js&#39;; (document.getElementsByTagName(&#39;head&#39;)[0] || document.getElementsByTagName(&#39;body&#39;)[0]).appendChild(bloggerjs); })(); </script>
Lalu Hapus kode yang tertera diatas. Untuk mempercepat prosesnya tekan ctrl+f lalu cari kode <b: includable id='main'> sampai </b: includable> kemudian hapus kode tersebut.

4. Setelah kode berhasil terhapus maka selanjutnya silakan simpan tema atau template blog.

5. Selanjutnya pergi ke dashboard bagian menu tata letak kemudian cari widget disqus dan hapus widget tersebut. Sekarang coba lihat ke blog kalian dan selamat komentar disqus telah hilang.
Demikian artikel mengenai cara menghapus komentar Disqus pada blog dengan mudah. Apabila ada yang kurang jelas silahkan bertanya di komentar ya! Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian. Sekian dan terimakasih.