Cara Mengatasi Serangan Jingling (Auto Visitor) Pada Blog

Daftar Isi [Tampilkan]
Cara Mencegah dan Memblokir Serangan Dari Situs Bot Jingling (Auto Visitor)


Dewasa ini Jingling atau auto visitor menjadi momok yang begitu menakutkan bagi sebagian Blogger. Pasalnya Jingling secara instan akan membuat visitor membludak dan naik dengan  sangat pesat bahkan jumlahnya dapat mencapai berkali-kali lipat dari semula.

Lonjakan visitor yang meningkat pesat dengan tiba-tiba ternyata berbahaya dan dapat mengakibatkan situs menjadi down dan tidak dapat diakses.

Istilah Jingling sendiri, sebenarnya bukanlah merupakan suatu hal yang baru lho. Jingling pertama kali digunakan di China tepatnya sekitar tahun 2008 dengan nama Software Traffic Spirit.

Situs bot auto visitor pertama kali di dunia dipopulerkan oleh situs Spiritsoft.cn (China) dan Ipts.com (Inggris). Dimana kedua situs tersebut menjadi titik awal berkembangnya situs ingling lainnya.

Lalu di Indonesia sendiri situs Jingling yang cukup populer dan sering digunakan adalah Auto-tewas.blogspot.com dan Jinganjing.blogspot.com.



Dua situs tersebut kini marak digunakan oleh para Blogger yang iseng bahkan iri dan dengki diantara para Blogger lainnya.

Visitor yang dihasilkan dari Jingling memang sangat berlimpah namun tidak akan memberikan banyak manfaat pada blog.

Karena memang pada dasarnya visitor hasil Jingling hanyalah sebuah bot atau robot yang sengaja diprogram untuk merayapi halaman tertentu pada blog. Selain itu jumlah visitor dapat diatur sesuai dengan keinginan para pengguna situs auto visitor (jingling) tersebut.

Baca Juga: Cara Membuat Credit Link Permanen di Blog

Bahkan tidak mustahil jika traffic dari Jingling tiap harinya dapat mencapai ratusan ribu. Hal itu disebabkan karena cara penggunaannya relatif mudah yaitu kita tinggal memasukkan url target lalu menentukan berapa jumlah visistor bot yang akan dikirim dan start.

Maka secara otomatis sistem akan bekerja dengan mengirimkan ribuan bahkan ratusan ribu pasukan bot untuk mencrawl sebuah situs.

Apabila situs telah terdeteksi menggunakan Jingling dengan traffic lalu lintas yang sangat tidak wajar. Maka mesin pencari (search engine) akan mengidentifikasi bahwa situs tersebut merupakan sebuah situs spam dan berbahaya.

Mesin pencari akan melakukan protek dengan melakukan deindex terhadap semua konten yang disinyalir merupakan spam.

Efeknya blog atau situs kita akan mengalami kondisi dimana artikel yang semula di index menjadi deindex dalam hasil pencarian atau serp. Alhasil visitor real pun juga akan hilang dari statistik blog kita karena konten kita tidak ditemukan di mesin pencari.


Manfaatnya Jingling? Apa Ya???

Begini ya memang pada awalnya kehadiran software Jingling dianggap banyak memberikan manfaat oleh sebagian Blogger.

Tapi itu DULU sekitar tahun 2008 dan sebelum mesin pencari seperti Google menjadi cerdas seperti sekarang ini yang tentunya kerap mengupdate algoritma setiap tahunnya.

Dulu visitor hasil dari Jingling dapat digunakan untuk memanipulasi angka pada Alexa Rank sebuah situs sehingga membuat situs akan cepat populer.

Sebenarnya cara kerjanya sangat sederhana, jadi semakin banyak visitor bot yang dikirim ke situs tentu rangking Alexa Rank yang diperoleh akan semakin ramping.

Baca Juga: Cara Mengatasi Kolom Komentar Blog Hilang Pada Tampilan Mobile

Sistem perangkingan Alexa Rank hanya berdasarkan pada kepopuleran situs yang didapat dari banyaknya jumlah visitor yang mengarah pada situs tersebut.

Sehingga indikatornya hanya berdasarkan pada banyaknya jumlah visitor bukan pada backlink atau indikator lainnya.

Jadi apabila situs mempunyai banyak jumlah visitor maka situs tersebut rangkingnya akan semakin baik pula berdasarkan Alexa Rank.

Alexa Rank dulu menjadi patokan utama untuk menilai seberapa berkualitasnya sebuah website atau blog. Mungkin jika sekarang Alexa Rank dapat disamakan dengan sistem rangking DA dan PA milik MOZ.

Bedanya sistem perangkingan dari MOZ adalah terletak pada angka DA dan PA yang apabila semakin tinggi maka nilai situs akan semakin baik dan populer. Namun tidak dengan Alexa Rank yang penilaiannya justru diukur pada angka yang semakin ramping ke bawah.

Jadi apabila sebuah situs mempunyai rangking Alexa Rank yang kecil dan ramping maka situs tersebut termasuk dalam kategori populer.

Selain itu, kini situs Jingling tidak akan memberikan manfaat lebih pada sebuah situs. Apalagi di era algoritma Google BERT yang semakin canggih.

Algoritma itu mampu membedakan antara visitor real dengan bot.  Sehingga penggunaan tools yang bertujuan untuk memanipulasi visitor tentunya sangat tidak disukai oleh algoritma Google BERT.

Jika tetap nekad, maka bersiaplah situs kita terkena pelnaty Google yang dapat mengakibatkan hilangnya artikel dari pencarian SERP.

Cara Mencegah dan Mengatasi Agar Blog Tidak Terkena Jingling

1. Stop Share Link Sembarangan ke Grup Blogger

Sebenarnya tidak hanya terbatas pada grup Blogger, tetapi resiko Jingling terbesar kebanyakan berawal dari share url blog ke grup Blogger.

Karena sebenarnya para Blogger sendiri lah yang kerap berulah dengan melakukan Jingling ke situs-situs Blogger lain yang sengaja mempublikasikan url situsnya ke grup.

Alasannya mungkin hanya karena iri dan dengki karena situs mereka kalah saing di SERP sehingga mereka para (Blogger Losser) nekad melakukan segala cara untuk menghancurkan situs Blogger lainnya.

Disamping itu hanya seorang Blogger dan Webber yang mengerti seluk beluk tools Jingling dan penggunaannya.

2. Jangan Mudah Berbagi Link Ke Orang Yang Tidak Dikenal

Banyak sekali kasus Jingling terjadi karena berawal dari share link kepada orang yang tidak dikenal. Modus mereka biasanya menanyakan link blog kita lewat private message medsos seperti Facebook dan seolah-olah mereka dengan antusias mereka ingin tau mengenai situs kita.

Baca Juga: Cara Edit Template Blogger Lewat Smartphone

Jika ada orang yang tidak dikenal mengirimkan pesan pribadi lalu dengan tiba-tiba orang tersebut bertanya tentang link situs kita, maka sebaiknya kita harap berhati-hati dan waspada. Bisa saja mereka hanya iseng pada blog atau situs yang kita kelola.

Sebaiknya introgasi dan tanyakan alasan logis kepada orang tersebut kenapa mendadak ingin mengetahui link blog kita. Jika memang jawabannya tidak logis silahkan blokir saja orang tersebut.

3. Pasang Script Anti Jingling

Untuk mengantisipasi serangan Jingling dari para Blogger iseng yang begitu masif. Sebaiknya kita memasang script anti Jingling untuk memblokir lalu lintas yang disebabkan oleh situs Jingling. Script ini akan otomatis menolak kunjungan dari visitor non organik.

Caranya:
Pertama kalian masuk ke dasboard Blogger

Pergi ke menu Setelan > Prefensi Penelusuran > Robot Txt Khusus > Edit > Pilih Opsi Ya

Kemudian setelah masuk pada form edit robot txt. Kalian salin kode dibawah dan tempelkan pada form edit robot txt tadi.

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:
User-agent: Googlebot
Allow: /
Disallow: /search
User-agent: *
Disallow:
Sitemap: https://www.droidide.com/feeds/posts/default?orderby=updated



Catatan: Silahkan ganti url yang bertanda (https://www.droidide.com) dengan url blog kalian lalu kemudian Simpan perubahan tersebut.

4. Ubah Izin Pembaca Blog

Mengubah izin pembaca pada blog adalah cara terampuh agar visitor bot yang disebabkan oleh Jingling tidak dapat masuk lagi ke blog kita.

Caranya:
Pertama kalian masuk ke dasboard Blogger

Pergi ke menu Setelan > Dasar > Izin > Pembaca Blog > Pembaca Khusus Ini > Simpan Perubahan



Catatan:
Merubah izin pembaca blog menjadi pribadi akan mempengaruhi visitor blog kita. Karena hanya orang yang diberikan izin yang dapat masuk ke blog kita. Untuk itu sebaiknya rubah kembali ke Publik jika memang visitor Jingling telah terhenti.

Nah artikel diatas mengulas tentang cara mengatasi dan mencegah agar blog tidak terkena Jingling (Auto Visitor). Semoga bermanfaat. Share juga informasi ini pada yang lain. Terimakasih.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel