Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Tombol Chat WhatsApp Langsung di Blogger

Cara Mudah Membuat dan Memasang Tombol WhatsApp Button di Blogger


Cara Buat Tombol Whatsapp Melayang di Blog


Apa itu WhatsApp Button ?


WhatsApp button atau tombol whatsapp merupakan tombol yang berfungsi untuk memudahkan  komunikasi antara pemilik blog dan pengunjung blog via aplikasi whatsapp.

Umumnya tombol whatsapp yang dipasang pada blog biasanya digunakan sebagai pengganti jalur komunikasi via email.

Meskipun saat ini whatsapp dan email menjadi alat komunikasi utama antara pemilik dan pengunjung blog tetapi bagi sebagian orang menganggap whatsapp lebih simpel dan fleksibel serta lebih mudah digunakan untuk  berkomunikasi antar perorangan maupun kelompok .

Baca Juga: Cara Menghapus File Sampah WhatsApp

Tombol whatsapp yang dipasang pada blog biasanya bersifat redirect langsung menuju ke arah kontak nomor yang telah disisipkan pada tombol tersebut.

Dengan begitu siapa saja yang ingin kontak dengan admin blog dapat langsung menekan icon tombol whatsapp tersebut dan kemudian secara otomatis kita akan diarahkan langsung menuju aplikasi whatsapp untuk melakukan chatting dengan admin.

Manfaat utama yang didapat ketika memasang tombol whatsapp pada blog adalah mempermudah aksebilitas komunikasi antara pemilik blog (admin) dengan pengunjung blog (visitor) sehingga dengan diharapkan dapat terjalinnya hubungan yang baik juga.

Apalagi jika blog tersebut merupakan blog yang mengurusi perihal jual beli online (toko online) tentu keberadaan tombol navigasi whatsapp sangatlah berguna untuk mempercepat jalinan komunikasi antara penjual (seller) dan pembeli (buyer) sebelum terjadinya transaksi jual beli di blog tersebut.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Kode ?m=1 atau ?m=0 Pada URL Blogger

Ohya sebelumnya cara memasang tombol whatsapp yang akan dibahas di artikel ini juga berlaku sama pada pembuatan tombol lainnya seperti messenger button, snapchat button, line button, email button, telegram button, sms button, viber button, vkontakte button dan call button.

Disini kita nantinya akan menggunakan jasa gratis pembuatan tombol navigasi whatsapp pada blog. Kita akan memanfaatkan jasa dari situs getbutton.io dimana situs tersebut merupakan alat untuk mendapatkan kode script yang nantinya akan kita pasang pada blog yang diinginkan.

Melalui situs tersebut kita akan mendapatkan kode script otomatis untuk ditempelkan pada blog yang diinginkan sehingga kita tidak perlu melakukan teknik coding yang begitu rumit. Langsung saja tutorial lengkap cara membuat tombol whatsapp sebagai berikut.

Baca Juga: Cara Daftar Akun FeedBurner Terbaru

Tutorial Lengkap Cara Membuat Tombol Widget WhatsApp di Blog


1. Silahkan kunjungi situs getbutton.io

2. Kemudian  klik pada bagian “get your button” dan akan menampilkan menu seperti di bawah ini.

3. Selanjutnya klik icon whatsapp kemudian masukkan nomor aktif ke dalam form yang tersedia. Perhatikan nomor harus di awali dengan kode negara Indonesia (+62). Contoh +6283846231766



Khusus hal ini merupakan pilihan optional, kamu dapat merubah penempatan tombol di kanan atau kiri. Kemudian kamu juga dapat merubah tulisan “message us” sesuai dengan keinginanmu. Disini saya merubah tulisan “message us” menjadi “chat now”. Silahkan disesuaikan dengan kreasi kalian.

4. Langkah selanjutnya masukkan Email lalu klik get button kode lalu dapatkan kode script whatsapp untuk dipasang pada blog kalian masing-masing.

Tampilan kode script WhatsApp seperti berikut ini.


Cara Memasang Tombol WhatsApp di Blogger

1. Pergi ke dashboard blogger kemudian masuk ke bagian Tata letak

2. Kemudian Pilih  tambahkan gadget > HTML/Javascript

3. Masukkan kode script tadi pada form konten yang disediakan.

4. Klik simpan dan selesai.

Sekarang kalian bisa mengecek langsung pada situs atau blog kalian masing-masing untuk memastikan tombol widget WhatsApp muncul di blog.



Baca Juga: Cara Membuat Tombol Berlangganan (Subscribe) di Blogger

Jika tombol WhatsApp  telah muncul seperti diatas berarti kalian telah sukses mengikuti langkah-langkah di atas dengan benar.

Dan apabila tombol WhatsApp tersebut di klik akan langsung mengarah pada nomor tujuan seperti berikut.



Sekian artikel tentang tutorial cara membuat dan memasang tombol WhatsApp di blogger. Semoga dapat bermanfaat untuk sobat semua. Terimakasih.