Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengganti Header Blogger dengan Logo atau Gambar Termudah

Cara Mengganti Header Blogger dengan Logo atau Gambar Termudah




Cara Mengganti Judul Blog Header Dengan Logo atau Gambar



Droidide.com - Header adalah elemen penting pada sebuah blog karena menjadi titik awal pengunjung untuk memahami isi dan tujuan blog tersebut. Secara umum, header berfungsi sebagai identitas visual dari sebuah blog yang merepresentasikan merek atau personal branding yang dibangun oleh pemilik blog.

Pentingnya header yang menarik dan konsisten dengan tema blog tidak bisa diabaikan. Header yang menarik dapat meningkatkan minat dan ketertarikan pengunjung untuk membaca isi blog. Selain itu, header yang konsisten dengan tema blog dapat membangun citra positif dan meningkatkan brand awareness.

Ketika memilih header, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti memilih gambar atau grafis yang sesuai dengan tema blog, memilih font yang sesuai dan mudah dibaca, serta memilih warna yang konsisten dengan tema blog. Selain itu, tambahan elemen kreatif seperti logo atau tagline juga dapat meningkatkan daya tarik dan citra positif blog.

Sedangkan logo pada dasarnya merupakan sebuah lambang otentik yang di dalamnya memuat penggambaran makna dari sebuah nilai filosofi-filosofi tertentu.

Logo sering kita temukan pada sebuah perusahaan, pelayanan jasa bahkan lembaga organisasi dan instansi. Logo dalam bidang perusahaan bertugas  untuk menggambarkan dan menjelaskan terkait jasa atau produk yang ditawarkan.

Selain itu, setiap logo tentu mempunyai arti atau ciri khas masing-masing begitu juga dengan nilai filosofi yang dikandungnya.

Semakin banyak makna filosofi yang dituangkan pada sebuah logo tentu akan mempengaruhi nilai harga jual logo yang menjadi semakin mahal. Untuk itu perlu pertimbangan khusus sebelum membuat sebuah logo. Sebagian besar desainer biasanya kerap mengeksplorasi filosofi warna ke dalam sebuah project logo yang akan digarapnya.

Perlu kalian ketahui, permainan warna dalam dunia desain logo merupakan hal yang lumrah  dilakukan demi mendapatkan logo yang berkelas tanpa perlu meninggalkan sisi otentik dan keunikan pada sebuah logo.

Selain itu logo yang baik seharusnya memiliki bentuk yang sederhana tetapi sarat akan makna di dalamnya. Logo dengan tampilan sederhana jutru dianggap lebih baik karena dinilai lebih mudah masuk ke dalam ingatan orang lain.

Jika tidak percaya coba Anda ingat logo milik perusahaan Nike. Memang logo tersebut terlihat sangat sederhana hanya sebuah tanda centang. Namun meskipun begitu, kesan berkelas tetap dapat dimunculkan dengan baik tanpa meninggalkan sisi otentiknya. Begitulah salah satu kekuatan magis dari sebuah logo yang dapat menyihir semua orang yang melihatnya.

Baca JugaCara Optimasi Deskripsi Penelusuran Blog Biar Makin Mantap dan Maksimal

Logo tidak hanya berlaku pada wilayah dunia perusahaan, lembaga organisasi maupun instansi. Tetapi logo juga kerap digunakan untuk membangun site branding sebuah situs seperti web atau blog oleh mereka para pelaku internet marketing.

Dalam dunia Blogging sendiri pengenalan logo kepada pembaca tentu memiliki peran penting sebagai pijakan awal untuk membuat blog lebih populer daripada sebelumnya.

Pemilihan logo yang baik tentu akan membawa dampak yang baik pula pada reputasi sebuah situs. Hal tersebut juga berlaku sebaliknya.

Situs web atau blog yang dilengkapi logo tentu akan memberikan kesan dan pesan yang dapat ditangkap oleh para pembaca setia. Adanya logo juga akan memberikan kesan tampilan yang lebih professional dan dinamis daripada situs yang tidak berlogo.

Para Blogger pemula kebanyakan enggan memasang logo pada bagian header blog mereka dengan alasan yang beranekaragam mulai dari soal rumit hingga paling banyak dari alasan mereka adalah tidak mengetahui cara memasangnya. Sehingga mungkin saja mereka dengan terpaksa hanya menampilkan header blognya dengan identintas  nama blog masing-masing yang biasanya hanya berbentuk berupa teks yang sederhana saja.

Namun kini, setelah Anda mengetahui tentang betapa pentingnya memasang sebuah logo pada sebuah situs. Maka sekarang juga Anda telah mantap dalam memutuskan untuk memasang logo blog sebagai bahan branding di masa mendatang.

Sebenarnya cara ini hanya diperuntukkan kepada Blogger pemula yang mungkin saja masih belum tahu-menahu terkait cara memasang logo pada Blogger.
Simak langkah-langkah sebagai berikut.


Cara Mengganti Header Blog Dengan Logo

Mengganti header pada tema bawaan Blogger dapat memberikan sentuhan personal pada blog Anda dan membuatnya terlihat lebih menarik. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengganti header pada tema bawaan Blogger:

1. Langkah Pertama

  • Pastikan Anda telah menyiapkan logo dengan ukuran yang pas dan menarik. Untuk membuat logo blog yang menarik, Anda dapat menggunakan beberapa aplikasi editing foto seperti Photoshop, Corel, Canva atau Paint untuk hasil terbaik.
  • Jika tidak bisa menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut maka Anda dapat menyewa jasa desain logo untuk memudahkan pekerjaan Anda dalam membuat logo. Melalui jasa desain Anda akan diberikan beberapa konsep-konsep logo yang menarik dan hasil logo juga telah diatur agar dapat menyesuaikan ukuran header blog Anda.

2. Langkah Kedua

Jika logo Anda telah siap maka selanjutnya silakan pergi ke dashbord blogger lalu pergi ke menu tata letak dan klik Edit Header. Untuk lebih jelasnya silakan perhatikan gambar berikut.


Setelah itu klik pilih file (choose file) lalu silakan cari logo yang akan Anda gunakan. Jangan lupa juga untuk mengatur penempatan logo. Pilih "Tempatkan keterangan setelah gambar".


Setelah cukup yakin dengan logo yang terpasang maka Anda bisa klik simpan.



Selain langkah-langkah tersebut, berikut adalah beberapa tips dan trik untuk membuat header yang menarik dan sesuai dengan tema blog:

  1. Sesuaikan header dengan tema blog Anda. Pilih gambar atau grafis yang sesuai dengan topik dan tujuan blog Anda.
  2. Gunakan font yang mudah dibaca dan sesuai dengan gaya dan tema blog Anda.
  3. Pilih warna yang konsisten dengan tema blog Anda.
  4. Buat header yang bersih dan sederhana agar mudah dipahami oleh pengunjung.
  5. Tambahkan elemen kreatif seperti logo atau tagline untuk meningkatkan citra positif blog Anda.
Dalam kesimpulannya, mengganti header pada tema bawaan Blogger dapat memberikan sentuhan personal pada blog Anda dan membuatnya terlihat lebih menarik. Dengan langkah-langkah yang mudah dan tips dan trik yang tepat, Anda dapat membuat header yang menarik dan sesuai dengan tema blog Anda. Oleh karena itu, jangan ragu untuk mencoba dan eksperimen dengan berbagai header yang berbeda untuk mendapatkan hasil terbaik.
Nah bagaimana cara memasang logo pada header blogger cukup mudah bukan? Apabila ada pertanyaan terkait postingan  ini, silakan kontak saya melalui form yang telah disediakan.


Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua, jika berkenan bantu share artikel ini ya :). Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Cara Mengganti Header Blogger dengan Logo atau Gambar Termudah"