4 Cara Mengatasi Port Charger Usb C Rusak di Nokia 6.1 Plus Android

Kupas tuntas permasalahan port usb c Nokia 6.1 plus rusak. Nokia 6.1 Plus Tidak Bisa Charge. Konektor Nokia 6.1 Plus Bermasalah. h Hp Nokia Tidak Bisa Mengisi Baterai.
Daftar Isi [Tampilkan]
Bagaimana Cara Cepat Memperbaiki Port USB Type C Oblak dan Kendor Pada Ponsel Nokia 6.1 Plus Dengan Mudah




Pada kesempatan kali ini, saya akan mengupas tuntas permasalahan oblak pada ponsel Nokia 6.1 Plus. Permasalahan tersebut dapat menjadi mimpi buruk bagi semua user ponsel tersebut.  Sebagian besar dari kalian mungkin masih bingung apa yang dimaksud dengan oblak.

Istilah oblak sendiri dipopulerkan oleh user Nokia 6.1 Plus yang mengalami permasalahan port usb-C yang kendor, longgar dan goyang disaat melakukan proses pengisian daya (charging). Gejala oblak pada ponsel secara langsung akan mempengaruhi kinerja pengisian baterai seperti putus daya secara tiba-tiba.

Bahkan beberapa user mengatakan bahwa mereka harus menempatkan ponselnya pada posisi-posisi tertentu demi lancarnya pengisian daya. Ketika ponsel bergeser sedikit saja dari posisi yang telah ditentukan maka proses charging juga akan berhenti. Kalian bisa membayangkan betapa ribetnya  saat berada pada kondisi tersebut.

Entah apa yang dipikirkan pemegang lisensi (NOKIA HMD GLOBAL) yang menurut saya  kurang memperhatikan dalam mendesain lubang  port yang sengaja dibuat longgar. Padahal pembuatan desain yang longgar justru dapat menjadi penyebab utama terjadinya penyakit oblak pada ponsel ini.

Saya sendiri membeli ponsel Nokia 6.1 Plus ini juga dalam keadaan oblak atau longgar tapi waktu itu saya juga belum mengetahui ternyata permasalahan ponsel ini terletak pada port c nya. Saya pikir wajar saja kelonggaran seperti yang terpenting adalah bisa melakukan charge sesuka hati itu saja sudah senang.

Baca Juga: Cara Mengetahui Estimasi Pengisian Baterai Gadget Dengan Akurat

Gejala mulai datang sekitar pemakaian bulan ke 5, ketika saya melakukan pengisian daya baterai sering kali terputus ditengah jalan. Akibatnya persentase baterai ponsel seringkali tidak terisi secara maksimal. Tentu hal ini sangat mengganggu pemakaian setiap harinya.

Menginjak pemakaian bulan ke 8 oblak semakin menjadi saja, bahkan saya harus menempatkan ponsel pada posisi berdiri disandarkan pada dinding hanya untuk melakukan pengisian daya.

Tujuannya adalah untuk memberikan tekanan pada port c agar bisa mengisi daya. Kalau saya tidak melakukan cara tersebut maka ponsel tidak akan bisa melakukan pengisian daya.

Pada fase oblak yang parah tersebut, saya frustasi melihat kondisi ponsel seperti ini hingga saya memutuskan untuk membawanya ke tempat service resmi Nokia yaitu Unicom Care Kediri. Setelah menunggu sekitar 2 hari ponsel telah selesai diperbaiki dan akhirnya dapat melakukan pengisian daya dengan leluasa.

Tetapi meskipun telah diganti dengan port usb c yang baru, ternyata tidak sesuai dengan ekspektasi karena usb c masih menunjukkan  sedikit kelonggaran. Saya berpikir jika hal ini dibiarkan mungkin oblak akan segera menghampiri ponsel kembali.

Akhirnya buat mencegah oblak saya memutuskan untuk menempelkan isolasi bening pada bagian male usb c nya dengan tujuan untuk mengisi kelonggaran sehingga usb c akan menancap dengan kuat dan presisi.

Nah secara umum gejala oblak pada Nokia 6.1 Plus akan berdampak pada pengisian daya baterai yang terganggu. Ponsel Nokia 6.1 Plus yang mengalami oblak umumnya akan mengalami kesulitan saat melakukan pengisian daya baterai atau charger.

Penyebabnya ialah adanya kerusakan komponen pada port USB C. Bahkan terkadang kita harus menempatkan ponsel pada posisi tertentu hanya untuk mengisi daya baterai ditambah dengan tiba-tiba arus yang masuk terputus begitu saja. Hal ini mengakibatkan baterai tidak dapat terisi secara maksimal.

Apakah kondisi oblak Nokia 6.1 Plus dapat diatasi?

Menurut saya kondisi oblak tersebut bisa saja diatasi tetapi dengan catatan kondisi oblak tidak terlalu parah, karena jika gejala sudah parah segala cara, tips dan trik akan sia-sia dikarenakan kerusakan telah merambat pada port bagian dalam sehingga mau tidak mau port usb c harus dilakukan pergantian ulang dengan port yang baru.

Perlu diketahui seksama bahwa cara-cara yang disajikan pada artikel ini merupakan cara umum untuk mengatasi permasalahan oblak tahap gejala awal. Agar lebih jelas silahkan analisa kondisi ponsel kalian masing-masing ya, baru lakukanlah penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi oblak ponsel tersebut.

Apabila memang sudah parah kondisinya, sebaiknya segera hubungi customer service terdekat atau service center resmi Unicom Care untuk dilakukan pergantian unit port yang baru.

Baca Juga: Cara Merawat Speaker Smartphone Agar Tetap Jernih Seperti Baru

Beberapa solusi yang ditawarkan oleh berbagai user Nokia 6.1 Plus yang mengalami gejala oblak atau kendor port USB C.

1. Lapisi USB C (Male) Dengan Isolasi/Isolatip

Gunakan isolasi dan isolatip sebagai bahan pelapis usb c agar bertambah ketebalan usb tersebut. Tujuannya adalah untuk mengisi sisa ruang pada port usb c yang desainnya longgar sehingga didapatkan kerapatan usb dan port c yang kuat. Sejauh ini cara ini cukup efektif untuk mencegah dan mengatasi oblak pada ponsel Nokia 6.1 Plus. Saya sendiri juga memakai cara yang pertama ini untuk meminimalisir oblak pada ponsel agar tidak semakin parah.

2. Pakai Charger Magnetik

Charger Magnetik berperan penting yakni dapat melindungi port usb c dari oblak dan kendor. Charger Magnetik secara tidak langsung akan membuat pembatas antara kabel usb c dan port usb c sehingga meminimalisir copot pasang usb c yang jika dibiarkan lama kelamaan akan menambah kelonggaran pada port c tersebut.

3.  Ganti Kabel USB C

Kamu bisa mencoba cara lain dengan mengganti kabel usb type c merek lain. Terkadang merek kabel usb type c tertentu mempunyai desain lebih kuat dan presisi daripada kabel bawaan. Kabel merek lain dapat menancap dengan sempurna pada ponsel Nokia 6.1 Plus.

4. Ganti Port USB C

Langkah terakhir yang harus kamu tempuh jika memang kerusakan sudah pada tahap yang parah misalnya ponsel tidak bisa diisi daya sama sekali. Kerusakan yang akut pada port c dapat semakin parah apabila dibiarkan begitu saja bahkan dapat merambat ke permasalahan komponen lainnya.

Baca Juga: Bahaya Menghubungkan Smartphone Android Ke Speaker Aktif

Maka dari itu, apabila dirasa kerusakan ada pada port c nya, saya sarankan untuk segera membawa ke service center resmi Nokia terdekat UNICOM CARE agar cepat ditangani dan dilakukan penggantian port c usb ponsel Nokia 6.1 Plus kalian. Bagi kalian yang masih memiliki garansi ponsel resmi, penggantian tidak akan dipungut biaya sedikitpun.

Artikel diatas merupakan cara umum untuk mengatasi oblak pada Nokia 6.1 Plus dengan mudah. Semoga artikel ini bisa sedikit membantu meringankan kondisi oblak pada ponsel sobat. Semoga bermanfaat dan terimakasih. Salam oblak lur

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel