Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Gagal Upload File Ke Google Drive di Ponsel Android

Cara Mengatasi  Gagal Upload File Ke Google Drive di Ponsel Android


Baca Juga: Selamatkan Jerapah Brain Out, Berikut Jawaban Lokasi!

Kita tahu bahwa Google Drive merupakan layanan penyimpanan online (cloud) yang disediakan oleh Google secara gratis dan cuma-cuma untuk semua pengguna yang telah menggunakan produknya.

Syarat untuk mendapatkan fasilitas penyimpanan online G-drive ini sebenarnya cukup mudah dan tidak sulit.

Bahkan setiap pengguna ponsel Android pasti akan selalu mendapatkan fasilitas penyimpanan online Google Drive ini.

Anda hanya perlu membuat akun Google lalu kemudian tinggal anda hubungkan ke layanan Google Drive yang telah disediakan.

Baca Juga: 
Cara Mengatasi Gboard Telah Berhenti Untuk Semua Tipe Android Terlengkap

7 Aplikasi Penghasil Saldo OVO 2021 Tercepat dan Terbukti Membayar!

Cara Logout Dari Telegram Web Mudah

Cara Sembunyikan Aplikasi di HP Realme Android Terbaru

Selain itu anda tidak perlu mendaftar ulang ke Google Drive karena layanan ini akan secara otomatis akan sinkron dengan akun Google anda.

Google Drive akan memberikan ruang space penyimpanan online yang cukup besar yakni sebesar 15 GB pada anda sehingga anda dapat memanfaatkannya untuk menyimpan berbagai file-file penting dengan beragam format yang dapat anda simpan dalam Google Drive.


Meski terlihat sempurna namun ada sedikit kelemahan yang terdapat pada penyimpanan Google Drive. Tetapi sebenarnya kurang etis juga jika menganggap hal ini merupakan sebuah kelemahan karena hal yang dianggap sebagai kekurangan itu tidak berhubungan langsung dengan sistem  Google Drive itu sendiri.

Baca Juga: Cara Melihat ID OVO Untuk Semua Jenis Transaksi Lengkap

Ini hanyalah sebuah pengaturan bawaan aplikasi mobile G-drive yang mana untuk menjalankan proses upload sebuah ponsel harus terlebih dahulu tersambung dengan jaringan nirkabel wifi agar dapat berjalan dengan lancar.

Kelemahan ini akan terlihat  nyata saat anda sedang melakukan upload file melalui ponsel Android. Biasanya ketika anda hendak mengupload file di Google Drive dengan jaringan data seluler maka yang terjadi file tersebut akan ditunda untuk sementara dan baru akan bisa berjalan ketika ada jaringan nirkabel wifi yang tersambung pada ponsel anda.

Mungkin anda bertanya-tanya kenapa bisa begitu?

Pada intinya Google drive secara default hanya mengizinkan upload data dan file menggunakan jaringan wifi sehingga ketika anda mencoba mengupload sebuah file ke Google Drive dengan jaringan seluler atau data biasanya harus mengalami kendala berupa penundaan terlebih dahulu sampai ponsel menemukan jaringan wifi yang terhubung baru proses upload akan berjalan seperti sediakala.

Sebenarnya bisa saja kita melakukan upload ke G-drive meski menggunakan jaringan seluler.  Tetapi cara ini juga dinilai kurang efisien karena bersifat manual bukan otomatis.

Untuk itu saya akan memberikan sebuah cara tentang bagaimana agar upload file dokumen ke Google Drive melalui Android bisa lanjay meskipun tanpa menggunakan jaringan wifi atau hanya dengan menggunakan jaringan seluler yang saat ini anda gunakan.Berikut ini langkah-langkahnya:


Cara Mengatasi Gagal Upload File ke Google Drive Melalui Android

Klik gambar untuk memperbesar


1. Buka aplikasi Google Drive pada smartphone Android anda.

2. Selanjutnya klik Opsi yang terletak pada bagian sebelah pojok kiri atas.

3. Berikutnya pilih Setelan.

4. Kemudian gulir ke bawah dan nonaktifkan Penggunaan Data.

5. Setelah itu silahkan anda mencoba kembali mengupload file ke Google Drive melalui ponsel Android anda. Kini anda tidak akan lagi menemui permasalahan seperti penundaan sementara saat upload file atau menunggu tersedianya jaringan wifi di sekitar anda.

Bagaimana? gampang dan mudah bukan terkait cara mengatasi permasalahan gagal upload file atau dokumen di Google Drive melalui ponsel Android anda.

Baca Juga: 7+ Cara Memperbaiki Remote TV yang Rusak dan Tidak Merespon

Semoga artikel singkat dan padat ini dapat anda mengerti dan pahami dengan mudah. Apabila ada pertanyaan terkait konten yang disediakan blog ini, silahkan untuk menghubungi saya selaku admin blog via kontak email yang tersedia. Sekian dan terimakasih.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Gagal Upload File Ke Google Drive di Ponsel Android"